Berwisata di Candi Tara Sebagai Candi Tertua di Yogyakarta

Diposting pada
candi tara
Candi Tara

Candi Tara sering juga disebut sebagai Candi Kalasan. Candi yang sangat cocok menjadi destinasi wisata Jogja ini adalah candi Budha tertua di Yogyakarta. Konon ceritanya , candi ini dibangun oleh Rakai Panangkaran yaitu Raja dari Dinasti Syailendra dipersembahkan kepada Dewi Tara. Candi Tara ini dibangun pada tahun 778 Masehi. Bisa anda bayangkan kan, bagaimana di jaman itu candi tesebut di bangun. Sedangkan semen pun mungkin belum ada.

Memang Indonesia kaya sekali akan peninggalan besejarahnya. Memang komplek candi ini tak seluas candi Borobudur ataupun Candi Prambanan, namun Candi ini memiliki karakteristik tersendiri. Dari bentuk candinya yang kecil nan megah bisa membuat pandangan anda terpana.

Arsitektur Candi Tara atau Candi Kalasan

Adapun bentuk arsitektur Candi Tara sangat unik dan mempesona. Jika berkunjung ke salah satu wisata Jogja ini, anda akan menemukan bangunan yang berbentuk bujursangkar. Candi ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu atap candi, tubuh dan kaki candi.

  • Bagian atap ada 2 tingkat. Tingkat pertama ada arca manusia Budha. Sedangkan di tingkat kedua ada arca Yani Budha. Dan bagian puncak atapnya berbentuk bujursangkar lengkap dengan hiasan stupa. Puncak atap tersebut menyerupai Puncak Semeru atau Mahameru.
  • Bagian tubuh candi bagian tengahnya menjorok keluar. Sedangkan bagian luarnya berbentuk relung yang berhiaskan patung dewa sembari tangannya membawa bunga teratai. Dan bagian tenggara akan ada sebuah bilik dengan singgasana berhiaskan motif singa berdiri diatas gajah.
  • Bagian kaki candi terdiri dari pondasi yang terbuat dari batu berbentuk bujur sangkar dan ada tangga yang berhiaskan makara di bagian ujung.

Pada Candi Tara atau Candi Kalasan juga terdapat banyak relief, yaitu berupa kuncup bunga, pohon dewata, dedaunan dan sulur-suluran. Dan memiliki stupa berjumlah 52 buah.
Lokasi Candi Tara

Candi Tara atau yang biasa disebut Candi Kalasan ini terletak di Dusun Kalibening, Desa Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jika anda berangka dari kota Jogja, anda hanya perlu melewati jalan Jogja Solo ke arah Prambanan. Kemudian sekitar 50 meter ke arah selatan anda akan sampai pada wisata Jogja tersebut.

Jam Buka dan Harga Tiket

Candi ini beroperasi setiap hari pada pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Anda bisa menikmati sore hari yang indah di Candi Tara ini. Untuk harga tiketnya sendiri hanya Rp 5000 saja, berlaku untuk wisatawan domestic maupun asing. Candi Tara atau Candi Kalasan adalah tempat wisata Jogja yang murah meriah tetapi memiliki nilai sejarah yang tinggi. Cocok sekali bagi anda photo hunter atau hanya ingin sekedar menikmati gaya arsitektur yang unik dan menawan. Mari eksplore Jogja.

Baca Juga: Candi Prambanan Jogja

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.