Berwisata Sejarah Di Museum Sandi

Diposting pada
sandi museum
Museum Sandi

Yogyakarta memang seringkali menjadi salah satu pilihan untuk dikunjungi saat musim liburan. Wisata Jogja yang sangat banyak mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan masih banyak lagi tempat wisata yang disuguhkan Kota Gudeg ini. Mungkin anda masih asing mendengar tempat wisata yang satu ini, yaitu Museum Sandi. Seringkali orang kurang tertarik dengan wisata museum, tetapi museum satu ini sangat bisa untuk dijadikan destinasi liburan keluarga anda maupun anda yang suka travelling.

Berlibur memang tidak harus ke pantai atau ke pegunungan, tetapi berlibur juga bisa sambil mempelajari sejarah. Dengan begitu sedikit banyak anda telah menghargai sejarah bangsa ini. Wisata Jogja satu ini wajib anda kunjungi karena ada banyak hal menarik yang bisa anda dapatkan.

Tentang Museum Sandi

Museum yang satu ini mungkin belum begitu dikenal oleh masyarakat. Karena museum ini baru diresmikan pada tahun 2008. Museum ini memiliki 2 lntai dan 9 ruangan yang menampilkan berbagai benda-benda bersejarah pada masa perang kemerdekaan. Bisa anda bayangkan, aura perjuangan para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan akan sangat terasa jika anda mengunjungi museum ini.

Daya Tarik Museum Sandi

Tempat wisata Jogja yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu :

  • Menceritakan kehidupan dari Bapak Persandian Negara Republik Indonesia yaitu bapak dr. Roebiono Kertapati.
  • Menampilkan banyak benda bersejarah seperti sepeda onthel para kurir, buku sandi, dan lain sebagainya.
  • Menampilkan diorama kegiatan para petugas sandi pada jaman perang kemerdekaan.
  • Ada berbagai mesin sandi yang digunakan oleh beberapa Negara, ada juga mesin sandi buatan putra-putri Indonesia.
  • Belajar mesin sandi dari masa lampau. Pada museum sandi disediakan juga computer untuk mencari informasi lebih lengkap tentang ilmu kriptografi.

Jadwal Buka dan Harga Tiket

Untuk destinasi wisata Jogja satu ini buka setiap hari dengan jadwal sebagai berikut.

Senin sd Kamis : 08.30-15.30 WIB
Jumat : 08.30-16.00 WIB
Sabtu dan Minggu : 09.00-12.00 WIB

Lalu yang mungkin membuat anda tercengang yaitu bahwa museum sandi tidak ditarik biaya sepeserpun. Bahkan jika anda mengunjungi museum ini menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor jika tidak ada biaya untuk parkir. Pasti membuat anda kaget kan. Itu dia mengapa museum ini menjadi rekomendasi tempat wisata di Jogja.

Lokasi Museum Sandi

Jika anda belum mengetahui lokasi museum sandi, letaknya ada di Jalan Faridan M Noto Nomor 21, Kotabaru, Daerah Istimewa Yogyakarta. Apabila anda masih belum tahu persis alamat tersebut, anda bisa menggunakan aplikasi maps pada smartphone.

Ada kebanggan tersendiri jika anda mengunjungi wisata Jogja satu ini, karena museum sandi menjadi satu-satunya museum kriptografi yang ada di Indonesia. Jadi bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata yang mengedukasi dan menambah wawasan anda. Segera masukan museum sandi pada list destinasi tempat wisata yang akan anda kunjungi di Yogyakarta.

Baca Juga: Museum Sejarah Benteng Vredeburg

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.