Candi Barong, Candi Hindu di Yogyakarta

Diposting pada
candi barong
Candi Barong

Indonesia memang kaya sekali akan penginggalan bersejarahnya termasuk peninggalan Candi. Baik candi Budha maupun candi Hindu. Salah satu candi Hindu yang termasuk wisata Jogja ini bisa anda kunjungi. Candi tersebut adalah Candi Barong. Yang tidak ketinggalan dari ciri khas candi adalah arsitektur atau bentuk bangunannya. Candi ini memiliki nama asli Candi Sari Suragedug. Namun lebih dikenal sebagai Candi Barong karena adanya hiasan kala berbentuk menyerupai Barong.

Dulunya Candi Barong berfungsi sebagai tempat untuk menyembah Dewa Wisnua dan istrinya bernama Dewi Sri atau sering dikenal sebagai Dewi Kemakmuran Pertanian. Biasanya candi Hindu dibangun untuk menyembah dewa Siwa, namun Candi Barong dibngun untuk menyembah Dewa Wisnu. Orang-orang percaya jika mereka menyembah Dewa Wisnu agar tanah lebih subur. Candi ini dibuat kira-kira pada abad ke 9 atau 10.

Struktur Bangunan Candi

  • Wisata Jogja Candi Barong ini memiliki bangunan yang terdiri dari 3 tingkatan.
  • Tingkat pertama teras,yaitu halaman terluar candi yang dikelilingi garis batu.
  • Tingkat kedua teras berfungsi sebagai dasar beranda terbuka besar dan memiliki lndasan octagonal.
  • Tingkat ketiga terdiri dari dua candi dan termasuk kawasan suci serta daerah tertinggi candi.
  • Adapun Kala Makara yang terdapat di Candi Barong berbentuk kepala singa dengan rahang bawah. Kala
  • Makara di Candi Barong tidak seperti di candi lainnya.

Lalu ada juga relief yang menggambarkan Ghana bersayap Shanka. Ghana Bersayap Shanka merupakan simbolis dari Dewa Wisnu. Patung dari Dewa Wisnu dan Dewi Sri bisa ditemukan di kuil. Namun patung tersebut sudah disimpan oleh Balai Konservasi Arekolog.

Lokasi Candi Barong

Lokasi candi ini berda di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika anda berangkat dari kota Yogyakarta, anda perlu melewati jalan Yogya-Solo atau bisa mengambil rute Prambanan. Anda bisa berbelok ke kanan di persimpangan menuju Candi Prambanan. Setelah itu tinggal ikuti saja petunjuk yang ada.

Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk masuk ke kawasan Candi Barong ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun atau anda bisa masuk ke Candi Barong ini secara gratis. Namun akan segera di kelola oleh pemerintah setempat dan aan ditetapkan biaya retribusi.

Dan Candi Barong beroperasi setiap hari dari pukul 06.00-17.00 WIB. Sangat cocok jika anda berkunjung ke candi ini saat sore hari. Sembari menikmati udara perbukitan dan senja yang indah.

Berikut tadi mengeni wisata Jogja di Candi Barong. Salah satu candi Hindu yang berada di Yogyakarta yang cukup popular dan sangat cocok bagi anda para traveler yang sedang mencari destinasi tempat wisata di Jogja.

Baca Juga: Candi Prambanan Jogja

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.