Candi Pawon si Candi Mungil nan Eksotis

Diposting pada
candi pawon
Candi Pawon

Jika anda berkunjung ke Candi Borobudur, sepertinya anda tidak boleh melewatkan candi satu ini, yaitu Candi Pawon. Meski letaknya bukan lagi di Yogyakarta, namun masih bisa menjadi destinasi wisata apabila anda sedang explore wisata Jogja. Candi yang satu ini memang hanya berupa komplek kecil. Candi Pawon sering juga disebut sebagai Candi Brajalanan. Candi ini terletak di 1750 meter jaraknya dari Candi Borobudur dan 1150 meter jaraknya dari Candi Mendut.

Candi Pawon diperindah dengan relief dan pahatan-pahatan bergambar kalpataru dengan manusia berkepala burung. Situs sejarah ini juga diperindah dengan stupa yang bebentuk limas. Motif pahatan Candi Pawon disebut sebut hampir sama dengan Candi Borobudur dan Candi Mendut. Arti nama Candi Pawon sendiri ada bebagai tafsiran. Ada yang menyebutkan Pawon artinya adalah dapur, ada juga yang menyebutkan pawon berarti perabuan.

Wisata Sejarah dan Budaya

Yang menjadi keunikan dari salah satu tempat dekat wisata Jogja ini adalah adanya lubang angin yang menjadi perbincangan. Ada beberapa kemungkinan tentang fungsi dari Candi Pawon ini. Ada yang berasumsi fungsi candi ini dulunya sebagai tempat kremasi raja, pembakaran peralatan sisa ritual keagamaan, dan sebagai tempat peristirahatan para peziarah.

Photo Hunting

Yap! Anda bisa mengambil foto di Candi Mungil ini. Karena candi ini juga dikelilingi rerumputan hijau yang pastinya menjadi salah satu hal pendukung dari indahnya hasil jepretan. Anda juga bisa beselfie sepuasnya tanpa harus merasa malu, karena Candi Pawon ini masih terbilang sepi pengunjung.

Bersepeda

Di komplek Candi Borobudur, Mendut dan Pawon memang disediakan fasilitas berkeliling 3 candi terebut dengan menggunakan sepeda. Pasti memiliki sensasi tesendiri jika anda memakai fasilitas ini. Anda seperti peziarah jaman dahulu yang melakukan ritualnya dari Candi Mendut ke tujuan akhir Candi Borobudur.

Lokasi Candi Pawon

Lokasi Candi Pawon ini berada di Desa Borobudur, Kecamatan Brobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Akses menuju Candi Pawon terbilang cukup mudah karena sudah ada petunjuk untuk menuju ke Candi Mungil ini. Jika anda berangkat dari Yogyakarta, anda hanya perlu melewati jalan menuju Candi Borobudur. Lalu anda akan bertemu dengan jembatan kali Elo dan ada pertigaan, anda ambil arah kiri dan tinggal ikuti jalannya.

Harga Tiket dan Jam Buka

Untuk masuk ke Candi Pawon , anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 3000 saja. Dan ada biaya parkir jika anda menggunakan motor sebesar Rp. 2000, jika anda menggunakan mobil sebesar Rp. 3000 saja.
Candi Pawon beroperasi setiap hari dan buka mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WIB.

Ya, meski berada di Magelang. Candi Pawon tetap bisa menjadi destinasi wisata Jogja yang bisa anda kunjungi. Karena jarak tempuh yang dekat dari kota Yogyakarta, anda akan dengan mudah juga menuju kesana. Jadikan liburan anda menyenangkan dengan mengunjungi Candi Pawon.

Baca Juga: Candi Plaosan Jogja

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.