Fenomena Langka di Gumuk Pasir Parangkusumo

Diposting pada
gumuk pasir parangkusumo
Gumuk Pasir Parangkusumo

Apakah Anda pernah mendengar bahwa ada padang pasir yang bertempat di Jogjakarta ? mungkin masih sedikit yang tau mengenai objek wisata Jogja yang satu ini karena memang belum banyak orang yang berkunjung ke tempat wisata tersebut. Tempat wisata ini bernama Gumuk Pasir Parangkusumo. Konon kabarnya, gundukan pasir seperti ini didunia hanya ada dua saja. Salah satunya di Jogja dan satunya lagi berada di Meksiko. Adanya gurun pasir versi mini ini sebenarnya tak lepas dari keberadaan gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang berada disebelah utara Jogjakarta.

Selain itu juga, dikarenakan eksistensi dari Pantai Parangtritis, kali Progo, dan kali Opak yang juga turut menyumbang terbentuknya gundukan pasir ini. Jika Anda datang ke tempat wisata ini, Anda akan disuguhkan dengan karya seni yang indah yang dibuat oleh alam secara alami.

Akses Menuju ke Lokasi

Objek wisata Jogja ini letaknya disepanjang muara sungai Opak hingga Parangtritis, cara yang paling mudah yaitu Anda mulai berangkat dari kota Jogjakarta, carilah jalan menuju ke arah selatan untuk melewati jalan Parangtritis, memang jalan untuk menuju tempat wisata ini searah dengan jalan untuk menuju Parangtritis. Jika sudah di jalan Parangtritis Anda tinggal berjalan lurus terus mengikuti jalan sampai kemudian menemukan Pantai Parangtritis, lalu liat plang untuk menuju Gumuk Pasir Parangkusumo.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat memasuki destinasi wisata Jogja ini, Anda harus membayar harga tiket masuk yang terbilang sangat murah, yaitu sebesar Rp 3.000,- saja. Harga tiket masuk ke Gumuk Pasir Parangkusumo belum termasuk biaya parkir kendaraan Anda. Jika Anda ingin mencoba bermain selancar diatas pasir atau sand boarding, Anda harus membayar biaya sewa peralatan sebesar Rp 200.000,- untuk satu orang. Tiap orang diberi batas waktu untuk bermain sand boarding selama 2 jam.

Fasilitas yang Tersedia

Di objek wisata yang satu ini, fasilitas yang disediakan terbilang cukup lengkap. Disini Anda dapat menemukan tempat parkir yang luas, toko oleh oleh dan souvenir jika Anda ingin membawa oleh oleh dari tempat ini, mushola untuk beribadah, klinik kesehatan, toilet jika ingin buang air kecil/besar dan beberapa penginapan yang letaknya dekat dari lokasi. Selain itu, di sana juga terdapat museum yang disediakan bagi pengunjung yang ingin mengetahui proses terjadinya gumuk pasir parangkusumo ini.

Sedikit tips jika ingin mengunjungi objek wisata Jogja Gumuk Pasir Parangkusumo ini. Jika Anda datang ketika siang hari diharapkan membawa topi untuk melindungi bagian kepala dari panasnya sinar matahari. Karena suhu disana ketika siang cukup panas dan sinar matahari yang menyengat seperti berada di gurun pasir sungguhan.

Jangan lupa untuk membawa sunblock juga yang berguna melindungi kulit agar tak terbakar dan untuk menghindari terjadinya kanker kulit karena sinar matahari. Dan yang terakhir bawalah kacamata agar tak ada debu yang masuk kemata. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terimakasih.

Baca Juga: Resort Kaliurang Jogja

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.