Indahnya Surga Tersembunyi di Pantai Ngungap

Diposting pada
pantai ngungap
Pantai Ngungap

Kota Yogyakarta memang istimewa. Selain memiliki keanekaragaman budaya dan kebiasaan yang khas, kota ini juga memiliki beragam obyek wisata salah satunya pantai ngungap. Salah satu destinasi wisata Jogja ini terletak di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ngungap dapat anda jadikan destinasi wisata untuk mengisi waktu luang anda bersama keluarga.

Dikelilingi tebing yang menjulang tinggi

Pantai ngungap tidak seperti pantai kebanyakan yang memiliki pasir dan ombak yang tenang. Pantai ini justru hanya bisa dilihat dari atas tebing yang tinggi. Kita dapat melihat pemandangan ombak yang tinggi dan para nelayan yang sedang mencari ikan dari atas tebing.

Jika anda datang diwaktu yang tepat, anda dapat melihat sunset dari pantai ini. Namun anda perlu berhati hati jika sedang menikmati pemandangan, bisa jadi anda terjatuh dari tebing dan mencelakai diri anda sendiri. Selain memiliki pantai yang indah, didekat pantai ini juga terdapat TPI yang menyediakan beragam jenis ikan dari hasil tangkapan nelayan. Anda bisa membelinya karena ikan yang dijual disini dijual fresh dan bersih.

Memiliki kisah yang mistis

Salah satu obyek wisata Jogja ini memang memiliki kisah dan cerita yang mistis. Ada sebuah pohon serta batu di pantai ngungak yang dipercaya tempat tersebut adalah tempat untuk para pemuja Ratu Pantai Selatan yaitu Nyi Loro Kidul. Tak heran pada bulan tertentu seperti bulan sura banyak orang orang yang memberi sesajen di pohon dan batu tersebut.

Para masyarakat juga mempercayai bahwa salah satu pohon dan batu tersebut juga kerap sebagai tempat singgah Nyi Loro Kidul beserta para ajudan ajudannya. Pasalnya ada beberapa masyarakat yang sering melihat kereta kencana dan suara kuda meringik di batu atau di pohon tersebut.

Tempat yang baik untuk para pemancing

Destinasi wisata Jogja ini juga dapat digunakan untuk memancing. Ombak yang terbilang cukup besar justru didalamnya tersimpan banyak ikan. Tak heran banyak orang orang yang datang kepantai ngungak untuk sekedar memancing. Anda juga bisa menyewa perahu yang disediakan oleh nelayan setempat untuk pergi ke tengah laut. Dan tentunya anda tidak pergi sendirian, anda ditemani oleh nelayan yang memiliki kapal tersebut.

Tidak memiliki tiket masuk

Anda tidak perlu merogoh kocek untuk dapat menikmati pantai ini. Anda hanya perlu mengisi kas warga seiklasnya sebagai bantuan kepada warga sekitar untuk mengembangkan pantai ngungak. Anda juga perlu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan karena dapat merusak ekosistem pantai ngungak yang masih alami dan jarang terekspos oleh pengunjung.

Beberapa penjelasan tentang salah satu obyek wisata Jogja diatas dapat anda jadikan referensi untuk mengisi liburan anda bersama keluarga. Pantai ini mudah dijangkau dan dekat dari Kabupaten Gunungkidul.

Baca Juga: Pantai Ngrumput Gunungkidul

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.