Keindahan Obyek Wisata Bersejarah di Taman Sari Yogyakarta

Diposting pada
taman sari yogyakarta
Taman Sari Yogyakarta

Di kota Yogyakarta memang banyak terdapat situs situs bersejarah yang dapat anda kunjungi salah satunya adalah taman sari. Salah satu destinasi wisata Jogja ini adalah bekas peninggalan kerajaan keraton Yogyakarta pada masa dahulu. Obyek wisata yang terletak di Jalan Taman, kota Yogyakarta ini sangat cocok untuk anda yang suka dengan sejarah dan ingin mengetahui sejarah keraton Yogyakarta sejak jaman dahulu. Seperti halnya destinasi wisata lain, taman sari Yogyakarta juga memiliki beberapa keunggulan untuk menarik para pengunjung, antara lain.

Sebagai obyek wisata yang memiliki nilai sejarah

Wilayah taman sari dulunya adalah tempat untuk rekreasi keluarga kerajaan dan dijadikan sebagai benteng pertahanan. Taman sari dibangun pada saat pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I. Salah satu wisata Jogja ini dulunya memiliki luas sebesar 57 hektar yang terdiri dari 57 bangunan. Namun sekarang, wilayah taman sari hanya tinggal sebagian saja karena separo bagiannya telah dibangun pemukiman oleh warga sekitar.

Anda dapat menjumpai beberapa peninggalan sejarah yang berupa kolam pemandian para anggota keluarga keraton pada saat itu, jembatan gantung, taman, lorong bawah tanah, dan lain sebagainya. Berwisata ke taman sari yogyakarta memiliki banyak manfaat, salah satunya menambah pengetahuan anda tentang sejarah.

Sangat instagramable

Ada beberapa tipe orang yang datang ke taman sari, yang pertama adalah hanya untuk melihat lihat dan yang kedua adalah hanya untuk sekedar berfoto di spot yang ada. Obyek wisata taman sari memang sangat instagramable karena memiliki bangunan bangunan tua yang sangat epik jika difoto. Tempat yang paling ramai pengunjung biasanya berada di lorong bawah tanah.

Banyak pengunjung yang rela mengantri untuk bisa berfoto disana. Tetapi perlu diingat, anda juga harus tetap menjaga kelestarian peninggalan sejarah ini, boleh berfoto untuk mengabadikannya namun harus tetap dijaga kelestariannya.

Memiliki harga tiket masuk yang murah meriah

Untuk menikmati salah satu destinasi wisata Jogja ini anda sebagai warga lokal hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 3000 rupiah saja. Sedangkan wisatawan asing hanya perlu membayar 7000 rupiah saja. Cukup terjangkau tentunya bagi semua kalangan. Bagi anda yang ingin mengetahui sejarah keraton yogyakarta secara lengkap anda bisa menggunakan jasa pemandu wisata.

Pemandu wisata di taman sari dapat anda dijumpai di depan gerbang pintu masuk obyek wisata ini. Anda cukup membayar tarif 25.000 rupiah saja untuk menyewa pemandu wisata. Anda bisa mengunjungi obyek wisata ini mulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00. Lokasi taman sari yogyakarta juga sangat mudah ditemukan karena berada didekat keraton Yogyakarta.

Salah satu obyek wisata Jogja ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburan anda bersama keluarga. Taman sari yogyakarta selain memiliki unsur wisata, tempat ini juga memiliki nilai sejarah yang dapat menambah pengetahuan dan edukasi anda.

Baca Juga: Situs Warungboto Jogja

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.