Keindahan Pantai Sadeng Sebagai Destinasi Alam Rekomendasi di Jogja

Diposting pada
pantai sadeng
Pantai Sadeng

Tak banyak orang yang mengetahui tentang pantai sadeng. Pantai yang merupakan salah satu obyek wisata jogja ini terletak di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Pantai sadeng memiliki ombak yang tenang dan berpasir putih. Pantai ini juga digunakan sebagai pemasok ikan, tak heran banyak orang yang datang kesini untuk sekedar berlibur atau membeli ikan segar. Pantai sadeng juga memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya obyek wisata yang harus anda kunjungi.

Memiliki pemandangan yang indah

Pantai di Indonesia memang semuanya indah. Tak terkecuali pantai sadeng. Pantai yang merupakan obyek wisata jogja ini memiliki ombak yang tenang, pasir putih, dan air laut berwarna biru muda. Tak heran banyak pengunjung yang datang ke pantai ini untuk melihat keindahannya.

Ombak di pantai ini cukup tenang yang memungkinkan pengunjung dapat berenang dipantai yang indah ini. Pada saat dalam perjalanan ke pantai sadeng, pengunjung juga dapat melihat lembah lembah dan ditumbuhi banyak tanaman palawija.

Memiliki sejarah yang unik

Masyarakat sekitar percaya, bahwa pantai sadeng merupakan muara sungai bengawan solo purba. Masyarakat percaya hal ini terjadi sekitar 4 juta tahun yang lalu. Hal ini dapat dibuktikan dalam beberapa bukti geologis seperti adanya lembah sepanjang 7 kilometer dan telaga suling.

Telaga suling merupakan sisa aliran dari sungai bengawan solo purba. Anda juga dapat menyaksikan bukit kapur yang menjulang tinggi. Bukit kapur ini juga dipercaya masyarakat sebagai peninggalan jaman bengawan sola purba.

Sebagai tempat pemasok ikan di Yogyakarta

Pantai yang merupakan salah satu dari obyek wisata jogja ini juga dimanfaatkan sebagai pelabuhan perikanan di Yogyakarta yang sering disebut dengan PPI. Malahan pelabuhan perikanan di pantai sadeng dinilai sebagai pelabuhan perikanan termaju di Yogyakarta.

Tak heran di pantai ini banyak nelayan yang berlalu lalang. Kehidupan di pantai ini seperti tidak ada habisnya, bisa dibuktikan dengan banyaknya perahu yang datang dan pergi yang tak kenal siang atau malam, rumah pondokan, serta para pelanggan yang membeli ikan.

Memiliki harga tiket masuk yang murah

Untuk menikmati pemandangan di pantai sadeng, anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 5000 rupiah saja. Tentunya sangat terjangkau bagi semua umur. Dipantai sadeng juga menyediakan beberapa fasilitas umum seperti toilet, gazebo untuk beristirahat, dan warung makan. Ada beberapa warung makan yang menyediakan menu seafood yang begitu lezat dan murah.

Akses yang ditempuh untuk sampai kepantai ini juga cukup mudah, hanya berjarak 46 km dari Wonosari dan 80 km dari pusat kota Yogyakarta. Pantai sadeng juga terdapat di google maps, jadi anda tidak perlu khawatir jika tersesat.

Pantai yang merupakan salah satu destinasi wisata Jogja ini sangat cocok dijadikan tempat untuk mengisi waktu liburan anda bersama keluarga. Karena selain murah dan terjangkau, pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan menakjubkan.

Baca Juga: Pantai Ngungap Jogja

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.