Kejadian di Balik Pembangunan Masjid Tiban Malang

Diberi nama Masjid Tiban karena konon kabarnya dibangun oleh makhluk kasat mata atau jin dalam waktu semalam tanpa sepengetahuan penduduk sekitar. Namun setelah ditelisik lebih jauh, sebenarnya oyek wisata Malang yang satu ini merupakan pondok pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah atau Bi Ba’a Fadlrah yang mempunyai arti Laut Madu. Pondok pesantren ini dibangun secara keseluruhan oleh santri yang jumlahnya mencapai 250 orang ditambah dengan warga sekitar. Jadi tidak benar bahwa Masjid Tiban ini dibangun oleh jin.

Akses Menuju Tempat Lokasi

Masjid Tiban ini berada di desa Sananrejo, jln. Wakhid Hasyim gg. Anggur No. 10, kec. Turen Kab. Malang Jawa timur. Untuk akses jalannya sendiri cukup panjang dari pusat kota Malang. Tapi tidak perlu khawatir karena jalan yang dilalui sudah beraspal dan mulus. Anda dapat mulai perjalanannya dari pusat kota Malang menuju ke arah Turen, jika menemui pertigaan, Anda tinggal mengikuti petunjuk arah atau plang yang menuju ke Masjid Tiban, disitu Anda hanya perlu lurus mengikuti jalan, dan akan sampai di lokasi wisata religi tersebut.

Harga Tiket Masuk

Biaya yang diperlukan untuk memasuki wisata Malang berbau religi ini adalah gratis atau tidak dipungut biaaya sama sekali. Pengujung haya perlu membayar biaya parkir motor sebesar Rp 2.000,- dan parkir mobil sebesar Rp 5.000,-. Hanya dengan mambayar parkir, pengunjung sudah dapat menikmati semua keindahan yang dimiliki Masjid Tiban.

masjid tiban malang, masjid tiban

Masjid Tiban Malang, Foto : IG @ratu_anandita

Fasilitas yang Tersedia

Masjid ini menyedakan kolam renang yang dilengkapi dengan perahu kecil khusus untuk pengunjung anak-anak. Dikompleks wisata Malang Masjid Tiban ini juga terdapat beberapa jenis hewan seperti, monyet, kelinci, ayam, kijang, dan burung. Selain itu juga terdapat toilet, kamar mandi, serta pedagang dan kios yang siap mengenyangkan perut para pengunjungnya.

Itulah ulasan mengenai Masjid Tiban yang merupakan destinasi wisata Malang berbau religi. Jika Anda sedang berlibur ke Malang dan melewati Masjid Tiban ini, tidak ada salah untuk mampir walapun hanya sekedar untuk beristirahat dan beribadah.