Keunikan Destinasi Wisata Jogja Air Terjun Sri Gethuk

Diposting pada
air terjun sri gethuk
Air Terjun Sri Gethuk

Salah satu tempat wisata Jogja yang banyak digemari oleh para traveler adalah air terjun Sri Gethuk. Destinasi air terjun Sri Gethuk mempunyai panaroma cantik yang menggugah para wisatawan untuk mengunjungi ketika sedang berada di daerah Yogyakarta. Banyak yang berpendapat bahwa destinasi wahana air ini memiliki kemiripan dengan air terjun Grand Canyon yang ada di luar negeri. Karena disekeliling air terjun terdapat tebing terjal dengan aliran sungai yang selalu mengalir pada setiap musim.

Air terjun Sri Gethuk berada di kota Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul. Wisata Jogja ini merupakan tempat yang terfavorit untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Hal ini disebabkan pada zaman dahulu Gunung Kidul terkenal dengan kondisi alam yang sangat kering, tnah tandus, berbatu dan dengan hutannya yang gundul. Akan tetapi kondisi terdahulu sangat berbeda dengan saat ini yang sudah sangat bagus panorama alamnya. Karena masyarakat disekitar telah menanami daerah tersebut dengan pohon-pohon rindang.

Daya tarik wisata

Selain keindahan air terjun Sri Gethuk, Anda akan dipuaskan dengan pemandangan alam sangat cantik yang ada disekeliling lokasi wisata. Karena wisata air terjun Sri Gethuk berada di tengah-tengah tebing yang sangat tinggi yaitu sekitar 50 meter ketingginnya. Terdapat pula air sungai yang berwarna hijau yang dialiri oleh air terjun itu sendiri. Selain itu, aliran air terjun tidak pernah mengalami kekeringan dan terus mengalir setiap musimnya.

Akses Jalan Menuju Lokasi Wisata

Lokasi menuju air terjun Sri Gethuk dapat Anda akses menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum, sepeda motor maupun berjalan kaki. Akses jalan yang disediakan sudah sangat bagus untuk sampai ke lokasi wisata, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi. Jika Anda ingin berkunjung di lokasi wisata Jogja ini, Anda hanya perlu melewati rute yang cukup mudah. Jika dari kota Jogja, Anda masuk ke arh jalan Wonosari kemudian naik ke arah Pathuk Gunung Kidul. Setelah itu ambil arah kanan dengan tujuan Playen. Setelah sampai di Playen, kemudian ke kanan menuju kecamatan Palihan, kemudian Anda akan mendapati pertigaan lalu ambil arah kanan sampai menemukan petunuk jalan untuk lokasi air terjun Sri Gethuk.

Mitos Air Terjun Sri Gethuk

Ada cerita misteri di balik keindahan air terjun Sri Gethuk yang beredar di masyarakat. Konon katanya, tempat wisata tesebut merupakan tempat bertemunya para jin atau makhluk halus yang dipimpin oleh jin bernama Anggo Meduro. Pimpinan jin ini sangat menyukai musik jawa dan terutama alat musiknya yang berupa gamelan. Dan kabarnya, pernh ada seseorang yang mendengar musik gamelan dari arah air terjun, tetapi ketika didekati maka musik tersebut tidak terdengar lagi. Itulah misteri dibalik tempat wisata air terjun Sri Gethuk. Percaya atau tidaknya itu tergantung persepdi masing-masing orang.

Itulah beberapa keunikan yang dimiliki oleh destinasi wisata Jogja berupa air terjun Sri Gethuk yang membuat para wisatawan sangat antusian untuk berkunjung. Jika Anda tertarik dan penasaran dengan keunikannya, maka segeralah lakukan perjalanan wisata ke air terjun Sri Gethuk dengan segera.

Baca Juga: Embung Nglanggeran Jogja

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.