Melihat Keindahan Puncak Tertinggi yaitu Puncak Suroloyo

Diposting pada
puncak tertinggi suroloyo
Puncak Tertinggi Suroloyo

Puncak suroloyo merupakan puncak tertinggi didaerah pegunungan Manoreh. Puncak ini terletak di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Puncak ini selalu ramai pengunjung, karena para pengunjung dapat melihat pemandangan yang indah dari atas puncak ini. Mengunjungi salah satu obyek wisata jogja ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburan anda, hal ini dikarenakan puncak suroloyo memiliki beberapa kelebihan dan keunggulan yang berbeda dengan obyek wisata lain.

Dapat melihat pemandangan yang menakjubkan

Dari atas puncak ini, anda dapat melihat pemandangan keindahan alam yang menakjubkan. Anda dapat melihat keindahan dan kegagahan gunung merapi, merbabu, sindoro dan sumbing dari atas puncak ini. Jika datang di pagi hari sebelum waktu subuh, anda juga dapat menikmati keindahan matahari terbit diatas ketinggian puncak suruloyo.

Untuk mencapai salah satu obyek wisata jogja ini anda perlu melewai ratusan anak tangga. Hal ini disebabkan karena puncak suroloyo memiliki ketinggiam 1000 meter diatas permukaan laut. Jika mengunjungi destinasi wisata ini, anda disarankan mengenakan pakaian yang hangat dan tebal. Karena hawa di puncak suroloyo sangat dingin karena berada di ketinggian tertentu.

Memiliki cerita sejarah

Tak diragukan lagi, kota Yogyakarta memang memiliki banyak sejarah salah satunya puncak suroloyo. Obyek wisata jogja ini memiliki sejarah yang berkaitan dengan kerajaan mataram islam. Menurut cerita masyarakat setempat, pada zaman dahulu Sultan Agung Hanyokrokusumo mendapatkan suatu wangsit untuk berjalan menuju keraton Kotagede.

Lalu pada disela sela perjalanan, ia beristirahat disebuah bukit dan tertidur lelap disana. Pada saat tertidur ia menenrima wangsit agar membangun sebuah tempat bertapa di bukit tersebut. Maka dari itu di puncak suroloyo ada sebuah tempat seperti pondok yang dipercaya dibangun oleh Sultan Agung Hanyokrokusumo pada jaman dahulu.

Memiliki harga tiket yang murah dan fasilitas yang memadai

Untuk bisa menikmati pemandangan alam diatas awan, puncak suroloyo memiliki harga tiket masuk sebesar 2000 rupiah saja per orang. Tentunya harga ini sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan. Puncak suroloyo juga sudah menyediakan anak tangga untuk memudahkan pengunjung mencapai puncak. Sebaiknya anda berhati hati jika sedang menaiki tangga karena sangat licin dan berliku.

Dipuncak suroloyo juga sudah disediakan toilet umum dan beberapa warung penjual makanan dan minuman. Untuk mencapai obyek wisata ini anda perlu menempuh perjalanan selama 60 menit dengan jarak 30 kilometer dari kota Jogja. Anda juga bisa menyewa ojek dengan ongkos pulang pergi sebesar 50.000 rupiah saja. Jika anda ingin mengunjungi puncak suroloyo sebaiknya pada hari yang cerah dan tidak berkabut.

Salah satu obyek wisata jogja ini sangat cocok untuk anda yang suka ketinggian dan mendaki. Dan juga anda bebas mengunjungi puncak suroloyo kapan saja, karena dibuka selama 24 jam.

Baca Juga: Puncak Widosari Kulon Progo

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.