Mengenang Sejarah Perjuangan di Monumen Jogja Kembali

Diposting pada
monumen jogja kembali
Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali, anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar salah satu tempat wisata Jogja ini. Ya, Monumen ini adalah monumen untuk mengenang bagaimana perjuangan merebut kembali Jogjakarta. Perlu anda ketahui bahwa monumen ini terletak pada satu garis lurus antara merapi, pantai parangtritis dan Keraton Jogjakarta. Area monumen yang cukup luas dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Anda akan merasakan bagaimana perjuangan bangsa Indonesia memperebutkan kembali kota Jogjakarta dari Kekuasaan Belanda.

Tentang Monumen Jogja Kembali

Pada Monumen Jogja Kembali, anda bisa melihat diorama dan koleksi yang menceritakan perjuangan bangsa Indonesia kala itu. Monumen Jogja Kembali sendiri diresmikan pada tanggal 6 Juli 1989 oleh Presiden kala itu yakni Bapak Soeharto. Salah satu tempat wisata Jogja ini berbentuk menyerupai gunung. Dalam pewayangan, gunungan mengandung arti kebahagiaan dan kesucian. Monumen ini dibangun juga sebagai penghargaan kepada para pejuang yang telah berjuang memperebutkan kota Jogjakarta.

Fasilitas Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali terdiri dari 3 lantai. Lantai pertama terdapat museum, auditorium, perpustakaan dan kafetaria. Sedangkan pada lantai kedua berisi 10 diorama yang menceritakan perjuangan para pejuang dalam memperebutkan kota Jogjakarta kala itu. Kemudian di sisi-sisi tangga terdapat 40 relief. Relief-relief tersebut menggambarkan sejarah tentang orang-orang Indonesia yang berjuang kala itu.

Lalu pada bagian luar gedung atau bangunan, ada kurang lebih sekitar 400 nama-nama pahlawan Indonesia yang tertulis pada bagian dinding. Selain itu Monumen Jogja Kembali juga dilengkapi dengan area bermain anak-anak yang nyaman, kamar mandi dan toilet yang bersih, telpon umum dan tempat parkir yang luas.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Monumen Jogja Kembali beroperasi pada hari Selasa-Minggu pada pukul 08.00 – 16.30 WIB. Sedangkan harga tiket masuk Monumen Jogja Kembali adalah sebesar Rp. 10.000, namun anda membawa rombongan diatas 30 orang akan mendapat potongan 10%. Dan mendapatkan potongan 50% untuk rombongan panti asuhan dan murid TK.

Lokasi Monumen Jogja Kembali

Apabila anda berangkat dari Tugu Kota Jogjakarta, hanya perlu berjalan lurus dari perempatan ke peremptan arah ringroad utara. Nah, jika anda sudah sampai pada perempatan ringroad utara kemudian anda belok ke arah kiri. Lalu anda berbelok menuju arah sebaliknya lewat area pemotong arah. Monumen Jogja Kembali berada di 50 m dari perempatan ringroad dan berada di sisi utara.

Itu tadi sedikit penjelasan tentang destinasi wisata Jogja yaitu Monumen Jogja Kembali. Sangat cocok untuk anda yang berlibur dengan keluarga terutama anda yang sudah memiliki momongan. Mengajarkan kepada anak anda sebagai generasi penerus bangsa untuk menghargai sejarah yang ada di bangsa Indonesia. Monumen Jogja Kembali sangat merekomendasi sebagai salah satu tujuan liburan anda.

Baca Juga: Plengkung Nirbaya Jogja

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.