Mengintip Peningalan di Museum Gunung Merapi

Diposting pada
museum gunung merapi
Museum Gunung Merapi

Gunung merapi merupakan gunung teraktif di Indonesia. Gunung yang terletak di kota Yogyakarta ini memiliki letusan berkala selama 4 tahun sekali. Letusan gunung merapi cenderung diawali oleh gempa besar dan mengeluarkan material material dari perut bumi. Bagi anda yang ingin mengetahui dan merasakan kejadian pada saat terjadi letusan gunung merapi, anda bisa mengunjungi salah satu wisata Jogja yaitu musium gunung merapi. Disana para pengunjung dapat mengetahui bagaimana proses gunung merapi meletus dan material material apa saja yang dikeluarkan.

Dapat menjumpai replika gunung merapi

Pada saat anda memasuki lobby utama museum, anda akan menemukan replika gunung merapi yang cukup besar. Anda dapat mendengar suara gemuruh erupsi yang kemudian mengeluarkan asap dan mengeluarkan lava ijar. Ada beberapa tombol disana yaitu tombol tahun 1969, 1994 dan 2006. Jika anda menekan salah satu tombol tersebut anda melihat proses meletusnya gunung merapi sesuai tahun yang anda tekan tombolnya. Anda juga dapat mendengarkan narasi proses terjadinya erupsi gunung merapi dengan 2 bahasa.

Memiliki beberapa ruang display yang menarik

Salah satu obyek wisata jogJa ini terdiri dari 2 lantai yang menyediakan beberapa ruang display. Ruang display terdapat di lantai satu menyediakan foto foto tentang erupsi gunung merapi beserta keterangannya, seperti desa yang terkena erupsi, lava pijar yang keluar, wedhus gembel, dan masih banyak lagi. Di ruang display lantai 1 juga terdapat alat peraga interaktif. Naik ke lantai 2 anda dapat mencoba alat peraga simulasi gempa dan tsunami.

Di ruang display lantai 2 anda juga dapat menyaksikan film ‘mahaguru merapi’. Film yang berdurasi 24 menit mengisahkan tentang dua perbedaan gunung merapi. Yaitu disatu sisi gunung merapi membawa keberkahan dan keberuntungan bagi masyarakat sekitar, namun disisi lain membawa bencana dan kerugian yang sangat besar bagi penduduk. Di lantai 2 juga anda dapat menjumpai lorong cincin api yang cocok digunakan sebagai tempat berfoto.

Anda dapat belajar tentang gunung merapi dan gunung berapi lainnya

Di museum gunung merapi yang merupakan salah satu obyek wisata Jogja ini anda akan menapat banyak informasi tentang gunung merapi dan gunung berapi lainnya. Informasi tersebut disajikan dalam foto foto yang menarik dan disertai keterangan yang lengkap. Di museum ini anda juga dapat melihat replika, gambar ilustrasi, hingga tayangan yang diputar di layar LCD. Untuk masuk ke obyek wisata ini anda dikenakan biaya tiket masuk sebesar 5000 rupiah per orang.

Salah satu obyek wisata jogJa ini terletak di Benteng, Sleman, Yogyakarta. Anda dapat mengunjungi museum ini pada puku 08.00 sampai 15.30. Musuem ini sangat cocok digunakan untuk mengisi waktu liburan anda bersama keluarga.

Baca Juga: The Lost World Castle Sleman

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.