Menguak Kisah Romantis di Candi Plaosan

Diposting pada
candi plaosan
Candi Plaosan

Jika anda berkunjung ke Candi Pramabanan, sepertinya anda perlu juga mengunjungi Candi Plaosan. Tempat wisata Jogja ini konon ceritanya, memiliki kisah yang sangat romantis. Candi ini dibangun oleh seorang bernama Rakai Pikatan dari Dinasti Syailendra yang saat itu memeluk agama Hindu dan dipersembahkan untuk permaisurinya yang bernama Pramodyawardani yang berbeda agama yaitu memeluk agama Budha. Rasa cinta yang begitu dalam terhadap istrinya membuat Rakai Pikatan memutuskan untuk membuatkan tempat beribadah berupa Candi Plaosan yang merupakan Candi Budha. Bukti kekuatan cinta dan adanya toleransi yang sudah ditanamkan sejak dulu.

Candi ini dibagi menjadi 2 kawasan kompleks. Yakni kompleks Plaosan Lord an kompleks Plaosan Kidul. Dibangun pada pertengahan abad ke 9. Candi ini sering disebut candi kembar karena memiliki kesamaan antara Candi Plaosan Lor dan Kidul. Di sekitar candi ini juga diperindah dengan pemandangan yang sangat indah yaitu hmparan sawah dan rerumputan hijau. Relief-reliefyang terukir juga menambah kesan cantik pada candi ini.

Menikmati Sunset dan Sunrise

Bagi anda pecinta sunset dan sunrise, wisata Jogja satu ini memang cocok anda kunjungi. Dengan lingkungan candi yang mendukung. Hamparan sawah dan rerumputan terbentang indah. Membuat anda merasa damai dan tenang saat menikmati indahnya matahari. Jika sunset, anda bisa melihat siluet dari kedua candi tersebut.

Photo Hunting

Candi Plaosan terbilang masih sepi pengunjung, oleh karena itu sangat cocok untuk berburu foto. Anda bisa mengambil angle dari mana saja dengan pemandangan yang tentunya menakjubkan. Seringkali candi ini juga dipakai untuk foto prewedding. Banyak juga pasangan muda-mudi yang sekedar berselfie di candi ini.

Lokasi Candi Plaosan

Candi ini memang terletak di perbatasan antara Yogyakarta dengan Jawa Tengah. Tepatnya di Dusun Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Prambanan, Jawa Tengah. Namun kerap kali orang-orang menganggap Candi ini masuk masuk ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses menuju candi ini cukup mudah. Jika anda berangkat dari kota Yogyakarta, anda bisa melewati jalan Jogja-Solo sampai anda tiba pada kawasan Prambanan. Apabila anda sudah sampai di perempatan jalan menuju Prambanan, anda perlu berbelok kea rah utara sampai anda melihat siluet Candi Plaosan.

Harga Tiket dan Jam Buka

Untuk Candi ini sendiri buka setiap hari pada pukul 09.00 – 17.00 WIB. Dan untuk masuk ke kawasan komplek Candi Plaosan anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 3000 saja. Dengan harga tiket yang murah anda sudah bisa menikmati keindahan dan sejarah Candi Plaosan.

Salah satu wisata Jogja Candi Plaosan memang sangat tepat bagi anda yang bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja. Anda bisa memasukan Candi Plaosan ke daftar destinasi tempat wisata anda. Dan anda juga bisa mengajak keluarga, atauF dengan orang terkasih anda.

Baca Juga: Candi Pawon Jogja

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.