air terjun sampang
Air Terjun Sampang

Surga Tersembunyi di Tempat Wisata Jogja Air Terjun Sampang

Diposting pada

Jika diibaratkan, Kota Yogjakarta adalah salah satu daerah yang menyimpan berbagai wisata alam yang elok bagaikan keindahan surga dunia. Wisata Jogja yang merupakan surga tersembunyi di tengah alam dan memiliki kecantikan yang sangat mengagumkan adalah destinasi wisata Air Terjun Sampang. Wisata Air Terjun Sampang cukup membuat para wisatawan berberdecak kagum dengan keunikan tempat wisata tersebut. Karena disana Anda dapat merasakan sensasi berbeda yang dimiliki Air Terjun Sampang yang tidak terdapat pada air terjun lain.

Lokasi yang unik membuat wisata Jogja ini terlihat sangat eksotis dan mengagumkan jika Anda berkunjung langsung ke tempat wisata Air Terjun Sampang. Hal tersebut dikarenakan kondisi air terjun yang diapit oleh tebing yang cukup sempit dan mempunyai ketinggian sekitar 8 meter yang mengakibatkan aliran air terjunnya tidak begitu deras dengan debit yang cukup kecil. Akan tetapi Air Terjun Sampang jika dilihat dari bawah, maka akan terlihat susunan bebatuan yang menjepit air terjun layaknya air terjun Grand Canyon yang ada di Arizona.

Sejarah Nama Lokasi Wisata

Destinasi wisata Air Terjun Sampang biasa juga disebut dengan Luweng Sampang. Hal tersebut disebabkan karena jika dilihat dari atas, maka bentuk air terjun tersebut seperti lubang atau atau seperti sumur yang dalam bahasa daerah berarti luweng. Sedangkan Sampang berasal dari nama Desa dimana tempat air terjun tersebut berada. Sehingga wisata tersebut dinamanakan demikian. Selain cerita tersebut konon kabarnya, menurut masyarakat sekitar Air Terjun Sampang, lokasi tersebut menjadi salah satu tempat pertapaan oleh Sunan Kalijaga.

Letak Lokasi Wisata

Wisata Jogja berupa Air Terjun Sampang berada di Desa Sampang Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta. Destinasi ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan dengan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan jarah tempuh 30 km dari kota Jogjakarta. Akses jalan menuju tempat wisata sudah bagus jika dilewati oleh kendaraan roda empat ataupun roda dua. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk sampai ke lokasi Air Terjun Sampang.

Keunikan destinasi Air Terjun Sampang

Sebuah wisata alam tentunya mempunyai suatu ciri khas yang dapat membuat para wisatawan untuk berkunjung. Ada beberapa keunikan yang dimiliki oleh wisata Air Terjun Sampang yang disediakan oleh alam. Keunikan tersebut berupa letak air terjun yang diapit oleh dua tebing tinggi dengan ketinggian sekitar 8 meter. Tebing-tebing yang mengapit Air Terjun Sampang mempunyai corak dengan garis-garis unik yang membentuknya dan terlihat sangat indah dan eksotis.

Ketika Anda memiliki banyak masalah dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari, maka salah satu cara untuk mengobatinya yaitu dengan berekreasi ke tempat wisata yang mempunyai pemandangan alam menakjubkan seperti Air Terjun Sampang. Wisata Jogja tersebut sangat cocok untuk Anda apabila ingin melepaskan penat setelah sekian lama bekerja. Sehingga dengan berwiasata, pikiran dan badan akan menjadi segar kembali untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Air Terjun Randusari