tugu jogja
Tugu Jogja

Wisata Bersejarah Tugu Jogja

Diposting pada

Bangunan Tugu Yogjakarta bertempatan di tengah perempatan jalan yaitu Jalan Jendral Soedirman, Jalan Diponegoro, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Mangkubumi. Wisata Jogja ini mempunyai nama lain yang dikenal sebagai Tugu Pal Putih atau Tugu Golong Giling. Tugu Jogja dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755, beliau merupakan pendiri keraton Jogjakarta yang memiliki nilai magis dan simbolis yang menghubungkan Keraton Jogja, Gunung Merapi dan Laut Selatan.

Tugu Jogja saat ini berbeda bentuk dan ukuran dari tugu Yogyakarta yang terdahulu. Hal ini disebabkan oleh terjadinya gempa bumi yang menimpa kota Jogjakarta pada tangal 10 Juni 1867. Sebelumnya wisata Jogja ini berbentuk silinder yang mengerucut ke atas dan dibagian dasarnya terdapat pagar yang melingkari tugu tersebut serta berbentuk bulat pada puncuknya. Awalnya tugu ini mempunyai ketinggian 25 meter dari permukaan tanah. Akan tetapi setelah gempa bumi melanda kota Jogjakarta, maka pihak Belanda melakukan renovasi yang mengubahnya menjadi seperti saat ini.

Cerita Sejarah dibalik Tugu Jogja

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Tugu Jogja dibangun oleh tokoh sejarah Sri Sultan Hameng Kubuwono I. Dibangunnya tugu bersejarah ini tentunya memiliki makna tesirat yang menjelaskan bahwa Tugu tersebut memiliki arti persatuan antara rakyat dan pemimpin serta persatuan untuk mengusir penjajah dari tanah air tercinta. Dengan makna tersebut, maka tugu ini dijuluki sebagai Manunggaling Kawula Gusti.

Keunikan Tugu Jogja

Sebagai salah satu icon sejarah kota Jogjakarta, tentunya Tugu Jogja mempunyai daya tarik unik bagi para wisatawan atau penduduk sekitarnya. Adapun keunikan yang dimiliki oleh Tugu tersebut yaitu keindahan arsitektur yang membeuat siapapun yang melihatnya menjadi kagum dengan kecantikan dan keindahan dari wisata Jogja itu. Selain keindahan arsitektur, pada tugu ini dipasang lampu berwarna-warni yang bila malam hari akan terlihat kerlap-kerlip cantik yang dipancarkan.

Sebagai Spot Foto

Bagi para wisatawan daerah Jogja ataupun yang berasal dari luar daerah dan mencari spot foto terbaik, maka pilihan tepat jika Anda berkunjung ke Tugu Yogyakarta. Siapa sih yang tidak ingin mengabadikan moment berkunjung ke tempat sejarah? Hal ini mungkin berlaku bagi Anda, karena memang sayang sekali datang ke tempat bersejarah tanpa mengambil foto. Oleh karena itu, banyak sekali para wisatawan yang ingin berfoto dengan icon Yogyakarta yang sangat terkenal ini.

Waktu Tepat Untuk Berkunjung di Tugu Jogja

Jika ingin menikmati keindahan Tugu Jogja dengan tenang dan sepi, maka sebaiknya Anda datang sekkitar pukul 05.00 sampai dengan 06.00. Hal ini dikarenakan di jam-jam tersebut area Tugu Jogja dan jalan disekitaran masih sangat sepi dan belum ramai kendaaran. Sehingga apabila ingin mengabadikan foto bersama icon Jogja ini, maka Anda bisa dengan leluasa dan bebas untuk mengambil gambar.

Jika Anda berkunjung di Kota Jogja, maka jangan sampai melewatkan icon khas wisata Jogja yaitu Tugu Yogjakarta yang sangat populer ini. Serta jangan lupa untuk mengabadikan foto bersama Tugu Jogja. Selamat berwisata!

Baca Juga: Monumen Jogja Kembali