Wisata Candi di Candi Mendut

Diposting pada
candi mendut
Candi Mendut

Sudah tidak bisa di pungkiri lagi bahwa Indonesia memiliki kekayaan sejarah dan budaya. Banyaknya candi yang menjadi bukti peninggalan nenek moyang menjadi salah satu bukti. Jika anda sedang menjelajahi wisata Jogja, jangan lupa untuk mampir ke kota Magelang dan mengunjungi Candi Mendut. Letaknya persis di tepi jalan rya apabila anda akan bertandang ke Candi Borobudur.

Sama seperti candi pada umumnya, Candi Mendut memiliki banyak pahatan yang menggambakan bebeapa dongeng. Seperti contohnya Burung dan Kura-kura, Brahmana dan kepiting, Kura-kura dan Burung Manyar yang tentunya sarat akan makna. Ada juga beberapa arca berukuran cukup besar. Arca tersebut yaitu arca Dyani Budha Cakyamuni, arca Bodhisatva Vajrapani, dan arca Budha Avalokitesvara.

Wisata Sejarah, Budaya dan Religi

Candi Mendut memang tidak begitu besar atau termasuk kecil. Tempat ini dikunjungi peziarah dari luar negeri maupun dalam negeri pada jama dahulu. Dan menjadi salah satu tempat untuk mempelajari agama budha. Candi dengan ketinggian 3,7 meter ini juga sering menjadi tempat ritual saat perayaan hari raya Waisak. Apabila anda ingin tahu lebih banyak tentang Candi Mendut, anda bisa bertanya pada guide atau penduduk sekitar.

Mengunjungi Budhhist Monastery

Budhhist Monastery adalah tempat bagi calon biksu yang berasal darimana saja. Tempat ini berda tepat di depan area Candi Mendut. Jika anda mengunjungi tempat ini, anda akan merasakan kedamaian dan ketenangan. Dan jika berkunjung ke Budhha Monastery harus menjaga sikap dan kelakuan.

Mengikuti Ritual Chanting

Ritual Chanting adalah ritual yang meditasi biasanya dilakukan oleh bhiku dan calon bhiku. Namun anda bisa mengikuti ritual tersebut dengan perijinan tentunya. Biasanya ritual ini dilakukan pada pukul 19.00 sampai 20.00.

Lokasi dan Akses

Tempat yang bisa menjadi destinasi wisata Jogja ini terletak pada Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Aksesnya juga cukup mudah, anda cukup menyusuri jalan menuju candi Borobudur, dan candi mendut ada di sebelah kanan jalan. Tidak membutuhkan waktu lama jika anda berangkat dari Yogyakarta.

Harga Tiket dan Jam Buka

Tidak perlu merogoh kocek dalam dalam jika anda ingin mengunjungi Candi Mendut ini. Hanya perlu membayar Rp. 3.300 saja anda sudah bisa masuk kawasan Candi Mendut. Lokasi wisata ini beroperasi setiap hari kecuali pada saat hari raya Waisak, dan beropeasi pada pukul 07.00 sampai dengan 18.00 WIB.

Itulah tadi berbagai informasi tentang salah satu tempat wisata Jogja yang masih berada di kawasan Yogyakarta walaupun sudah berbeda kota yaitu Candi Mendut. Candi gagah dengan kumpulan dongeng yang menarik dan kesakralannya yang tidak diragukan lagi. Anda bisa mengunjunginya di waktu liburan yang anda miliki.

Baca Juga: Candi Plaosan Jogja

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.