Wisata Kampung Wijilan Rekomendasi Menarik Untuk Anda Kunjungi

Diposting pada
kampung wijilan
Wisata Kampung Wijilan

Gudeg merupakan salah satu jenis makanan khas asal Yogyakarta yang sangat populer sampai ke manca negara. Tempat wisata Jogja yang menyediakan gudeg dengan rasa enak dan lezat terdapat di Kampung Wijilan. Sehingg Kampung Wijilan dijuluki sebagai sentra atau pusatnya penjual gudeg. Hal ini dikarenakan sepanjang pinggir jalan Wijilan dipenuhi oleh warung-warung yang menyediakan jenis makanan gudeg untuk disantap oleh para pengunjung.

Bahan yang digunakan untuk membuat sayur gudeg sendiri yaitu terbuat dari bahan dasar berupa nangka muda yang dibumbui dengan rempah-rempah sehingga mempunyai rasa manis, pedas dan gurih yang tentunya sangat cocok jika dihidangkan dengan nasi hangat. Wisata Jogja ini merupakan wisata kuliner yang wajib Anda coba jika sedang berkunjung di Kota Yogyakarta. Karena tidak lengkap liburan Anda jika tidak mencicipi makanan khas Jogja yang satu ini.

Cerita dibalik Wisata Kampung Wijilan

Pada dasarnya Kampung Wijilan merupakan kawasan keraton Yogyakarta yang mempunyai sebutan yaitu sebagai jeron beteng. Kampung Wijilan diperuntukkan sebagai tempat tinggal abdi dalem keraton serta keluarganya. Dan para istri abdi dalem diwajibkan untuk bisa membuat gudeg dengan rasa enak karena gudeg adalah makanan khas Jogja yang harus dilestarikan. Selain itu, ada salah satu istri abdi dalem yang mempelopori dibukanya usaha gudeg pada tahun 1942 yang bernama Ibu Slamet. Hal ini yang membuat para tetangga mengikuti jejak Ibu Slamet untuk membuka warung Gudeg Jogja.

Harga Gudeg yang ditawarkan

Makanan kuliner Gudeg Jogja adalah salah satu menu khas kuliner wisata Jogja yang mempunyai harga cukup murah untuk dinikmati konsumen. Karena harga yang dibandrol mulai dari Rp 5.000 sampai dengan puluhan ribu rupiah. Harga tersebut bergantung dengan lauk apa yang akan Anda pilih. Karena jika Anda menyantap menu gudeg Jogja ini, lebih enak jika menggunakan berbagai macam lauk seperti telur, daging, tempe bacem, tahu bacem dan ayam bumbu opor serta sambel goreng krecek.

Keunikan Kampung Wijilan

Jika Anda berkunjung ke Jogja, maka menjadi kegiatan dan acara wajib untuk menyantap gudeg asli Jogja yang dijual di sekitaran Kampung Wijilan. Disepanjang jalan Wijilan Anda akan menemukan warung-warung yang menyediakan menu gudeg yang memiliki cita rasa yang sangat enak. Uniknya, di depan warung gudeg di pampang nama penjual gudeg dengan tulisan yang besar sehingga dapat di baca oleh calon konsumen. Dan nama yang digunakan untuk menamai warung tersebut berasal dari nama istri atau nama ibu-ibunya.

Wisata Jogja yang berupa tempat kuliner yang menjual makanan khas Jogja berupa gudeg adalah wisata Kampung Wijilan. Di daerah tersebut Anda dapat dengan mudah menemukan warung yang menjual menu gudeg dengan rasa yang lezat. Sehingga jangan sampai kelewatan untuk mengunjungi wisata kuliner tersebut.

Baca Juga: Bakso Klenger Ratusari Jogja

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.