keraton yogyakarta
Keraton Yogyakarta

Wisata Sejarah di Keraton Yogyakarta

Diposting pada
keraton yogyakarta
Keraton Yogyakarta

Objek wisata Jogja Keraton Yogyakarta yang letaknya berada dalam sumbu imaginer antara Tugu, Pantai Parangtritis, dan Gunung Merapi, membuatnya menjadi suatu simbol kejayaan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat serta merupakan detak jantung kebudayaan yang ada di jawa. Maka dari itu, sebutan Kota Budaya bukanlah hal yang berlebihan jika disematkan pada Kota Jogja. Di kota ini terdapat kraton atau istana raja yang dijadikan pusat kebudayaan jawa.

Selain menjadi tempat tinggal raja beserta permaisuri dan keluarganya.Kraton juga menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh siapapun dengan syarat pengunjung yang datang harus menggunakan pakaian yang rapi dan bertindak secara sopan. Di kraton ini terdapat banyak hal yang dapat menarik wisatawan untuk datang, serti bangunan yang kental dengan nuansa Jawanya, pertunjukkan seni, berbagai macam benda koleksi raja beserta keluarga, sampai kehidupan para abdi dalem.

Akses Menuju Lokasi Wisata

Untuk mencapai lokasi wisata Jogja Keraton Yogyakarta sangatlah mudah karena jalanan sudah beraspal semua. Jika mulai perjalanan dari stasiun tugu adalah Anda keluar lewat pintu belakang, lalu belok kiri dengan jalan kaki ke timur sekitar 50 meter. Kemudian naik Trans Jogja dan turunlah di halte kantor pos besar, dilanjutkan dengan jalan kaki. Dari Terminal Jombor, naiklah bus engkle, lalu turun di Wirobrajan, naik lag ibis ASPADA jalur 12, turunlah di perempatan kantor pos, lalu dilanjutkan dengan jalan.

Harga Tiket Masuk

Objek wisata Jogja ini dibuka mulai jam 09.00 sampai jam 14.00 WIB, namun khusus hari Jumat dibuka sampai jam 11.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya sendiri dipatok sebesar Rp 5.000,- bagi wisatawan domestic dan untuk wisatawan asing dipatok dengan harga Rp 15.000,- di Kompleks Keraton Yogyakarta ini mempunyai dua loket pembayaran tiket masuk, pertama berada di Tepas Keprajuritan atau di depan alun alun Utara, dan yang kedua berada di Tepas Pariwisata atau di Regol Keben.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang disediakan di tempat ini mulai dari tempat parkir kendaraan yang mempunyai beberara titik lokasi seperti di sebelah timur alun alun utara maupun di parkiran Masjid Agung, lalu ada tempat ibadah berupa masjid yang dapat digunakan untk beribadah ataupun hanya sekedar melepas penat, ada juga penginapan yang jaraknya tidak jauh dari keratin, tempat makan untuk yang tidak membawa bekal dari rumah, dan ada juga toko oleh oleh dan cinderamata.

Objek wisata Jogja Keraton Yogyakarta ini dapat dimasukkan dalam list berlibur Anda di akhir pecan bersama keluarga tercinta. Disini Anda dapat mengetahui sejarah dari keraton Yogyakarta, dapat melihat pagelaran seni khas dari jawa, dapat melihat benda benda bersejarah lainnya seperti senjata para raja Jogja jaman dulu, kereta kencana, dan lain lain. Semoga informasi diatas dapat dijadikan referensi untuk liburan Anda.

Baca Juga: Wisata Bersejarah Tugu Jogja