Wisata Sejarah Museum Benteng Vredeburg

Diposting pada
museum benteng vredeburg
Museum Benteng Vredeburg

Peninggalan sejarah yang wajib Anda ketahui dan pelajari salah satunya adalah Museum Benteng Vredeburg. Desninasi wisata Jogja ini sangat terkenal dikalangan wisatawan atau pendidik untuk mendapatkan pengetahuan tentang sejarah Indonesia. Museum Benteng Vredeburg merupakan peninggalan sejarah pada masa penjajahan kolonial Belanda dengan luas museum tersebut sekitar 2.100 meter persegi. Dahulu benteng ini difungsikan sebagai tempat pertahanan Belanda dan tempat mengawasi pergerakan masyarakat serta keraton Yogyakarta.

Museum Benteng Vredeburg ditetapkan sebagai pusat pengembangan budaya nusantara pada tahun 1980 atas izin Sultan Hamungkubuwono IX. Tempat wisata Jogja bersejaran ini didesign dengan sangat cantik dan dirawat dengan baik oleh pengelola untuk menarik wisatawan berkunjung dan belajar sejarah penting peninggalan masa penjajahan. Banyak sekali manfaat yang didapatkan jika berkunjung di Museum Benteng Vredeburg, salah satunya yaitu pengetahuan mengenai sejarah Anda akan semakin bertambah.

Sejarah Singkat Museum Benteng Vredeburg

Pada tanggal 23 November 1992, Benteng Vredeburg resmi menjadi Museum khusus perjuangan Nasional dengan nama Museum Benteng Vredeburg melalui surat keputusan Mendikbud RI Prof. Dr. Fuad Hasan nomor 0475/O/1992. Dengan adanya keputusan menteri tersebut, maka Museum Benteng Vredeburg menjadi salah satu destinasi wisata bersejarah yang dibuka untuk kalangan umum.

Diorama Museum Benteng Vredeburg

Di dalam Benteng tersebut memiliki empat ruangan diorama yang sangat bersih dan terjaga keasliannya. Pada tiap diorama terdapat gambaran perjuangan bangsa Indonesia dari sebelum kemerdekaan sampai sesudah kemerdekaan. Salah satu diorama menggambarkan peristiwa perang Diponegoro (1825-1830) sampai masa penjajahan (1942-1945). Pada bagian selanjutanya menampilkan Sejarah Proklamasi Kemerdekaan RI sampai Agresi Militer Belanda I. Kemudian diorama ketiga menggambarkan adegan sejak Perjanjia Renville sampai Kedaulatan RIS tahun 1949. Diorama terakhir menampilkan sejarah terbentuknya NKRI sampai tahun 1974.

Fasilitas

Ada beberapa fasilitas yang melengkapi tempat wisata Jogja yang sangat bersejarah tersebut. Adapun fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung yaitu ruang tamu, mushola, kamar mandi, perpustakaan, pemandu, hostpot gratis, ruang pertunjukan, audio visual dan ruang belajar kelompok serta ruang seminar, diskusi, pelatihan dan pertemuan. Dengan terdapatnya fasilitas tersebut membuat pengunjung menjadi nyaman dan tenang saat berada di dalam museum untuk mempelajari sejarah yang terkandung di dalamnya.

Harga Tiket Masuk

Rincian rincian tiket masuk ketika anda ingin mengunjungi tempat ini adalah sebagai berikut :
Wisatawan domestik yaitu orang dewasa 3.000 yang sebelumnya dikenakan tiket 2.000.
Tiket masuk untuk wisatawan masih anak-anak menjadi 2.000 dari sebelumnya 1.000
Sedangkan khusus untuk wisatawan asing/mancanegara tidak dilakukan penaikan harga tiket masuk dan tetap sebesar 10.000.

Beberapa penjelasan mengenai wisata Jogja Museum Benteng Vredeburg di atas dapat Anda gunakan sebagai referensi tempat wisata yang bermanfaat dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun kerabat dekat. Selamat berlibur!

Baca Juga: Museum Budaya Ullen Sentalu

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.