Harga Tiket, Lokasi dan Rute Menuju Rumah Hobbit Kepuharjo Cangkringan Sleman

rumah hobbit kepuharjo

Rumah Hobbit Kepuharjo

Kalau di Jawa Barat ada rumah hobbit di Farmhouse, Lembang Bandung, Jogjakarta punya Rumah Hobbit Kepuharjo di Cangkriman, Sleman. Rumah hobbit di kawasan utara Jogja ini merupakan rumah hobbit yang kedua setelah rumah hobbit yang ada di Mangunan, Bantul. Dibuka secara resmi pada tanggal 18 Juni 2017 yang lalu, rumah hobbit ini langsung menjadi tren spot foto terbaru di Jogjakarta.

Rumah hobbit ini hadir melengkapi deretan tempat wisata di kawasan lereng Merapi seperti Goa Jepang, Kaliadem, Museum Gunung Merapi, Lava Tour Merapi, Kaliurang dan lainnya. Sebagai obyek wisata terbaru, rumah hobbit ini langsung menjadi lokasi serbuan para kawula muda untuk berfoto maupun sekadar berjalan-jalan mengitari kawasan wisata yang memiliki desain layaknya negeri dongeng ini.

Obyek wisata Jogja ini memang cukup instagramable, jadi tak heran kalau rumah hobbit di Cangkringan ini cukup populer di Instagram. Dengan panjang sekitar 4 hingga 6 meter dan tinggi mencapai 2 meter rumah hobbit ini tampak unik karena menempel pada tepian tebing tanah. Anda bisa berfoto di depan rumah berdesain minimalis atau di halaman yang berhiaskan sumur buatan, kursi dari kayu atau di taman bunga yang ditumbuhi rerumputan.

Lokasi Rumah Hobbit di Kepuharjo

Rumah hobbit ini tepatnya berada di Dusun Jambu, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Jogjakarta. Kalau Anda mengetahui lokasi obyek wisata The Lost World Castle dan Stonehenge, Rumah Hobbit Kepuharjo berada tak jauh di sebelah utara obyek wisata tersebut karena berada di desa yang sama. Anda bisa mencapai lokasi obyek wisata ini sekitar 45 menit perjalanan dari pusat kota Jogja.

Rute Menuju ke Rumah Hobbit di Kepuharjo

Dari pusat Kota Jogja, rumah hobbit ini berjarak sekitar 25 km ke arah utara. Anda bisa mencapai ke lokasi dengan mengendarai kendaraan pribadi dan mengambil jalur Jalan Kaliurang menuju Kaliadem. Apabila sudah mencapai lampu merah selatan Pasar Pakem, ambil arah timur/lurus melewati Jalan Cangkringan. Ikuti petunjuk jalan yang menuju ke arah Kaliadem hingga melewati tempat tanda pembayaran retribusi (TPR).

Harga Tiket Masuk Rumah Hobbit di Kepuharjo

Di sepanjang jalan menuju Rumah Hobbit Kepuharjo sudah banyak terpampang papan petunjuk jalan menuju ke lokasi, jadi Anda bisa mencapai ke lokasi wisata ini dengan mudah. Sesampainya di lokasi, Anda akan dipungut biaya parkir sebesar Rp. 2.000 (untuk motor) dan Rp. 5.000 (untuk mobil). Sebelumnya, di TPR Anda juga harus membayar retribusi sebesar Rp. 8.000 untuk 2 orang dan 1 sepeda motor. Sedangkan untuk memasuki obyek wisata rumah hobbit Anda cukup membayar Rp. 10.000 per orang.