Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Rute Leuwi Jurig Garut, Grand Canyon Mini

leuwi jurig garut
Leuwi Jurig Garut

Jika dilihat dari segi Pariwisata, Garut memang tak setenar Bandung dan Bogor. Tetapi bukan berarti Garut tidak punya tempat wisata loh. Garut punya banyak wisata cakep, misalnya saja Pantai Sayang Heulang. Selain itu, ada juga Leuwi Jurug atau Grand Canyon mini yang merupakan surga tersembunyi. Nah, Leuwi Jurig ini patut untuk dikunjungi sob, meskipun akses jalan menuju ke lokasi agak susah, namun keindahan alam yang disuguhkan benar-benar langka dan istimewa.

Leuwi Jurig ini memiliki panorama yang sangat unik, dan sangat mempesona. Sayang banget wisata alam seperti ini terlewatkan begitu saja sob. Leuwi Jurig sendiri merupakan aliran sungai yang diapit dua tebing besar, nampak begitu memukau. Panoramanya mirip dengan Grand Canyon sungguhan loh, dan Luwi Jurig kini menjadi objek wisata kebanggaan warga Garut.

Leuwi Jurig ini airnya jernih dan terus mengalir, Bila kamu berkunjung ke sana, pasti tak sabar untuk segera nyebur untuk menikmati segarnya air sungai. Selain itu, tentu aktifitas yang tak terlewatkan adalah berswafoto. Rugi bila jauh-jauh ke sana tetapi lupa belum mengabadikan moment yang sangat istimewa tersebut. Ya, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bisa berpetualang hingga menemukan Leuwi Jurig yang panorama alamnya begitu luar biasa, sangat memanjakan mata tentunya.

Leuwi Jurig ini panjangnya mencapai 500 Meter, dan tidak terlalu dalam. Meskipun terbilang dangkal, namun kondisi airnya tetap jernih banget sob. Pengunjung yang ingin berenang juga boleh saja, aman-aman saja kok. Tetapi yang perlu diperhatikan yaitu banyaknya bebatuan di dasar dan setiap sisi Lewui Jurig. Sehingga bagi yang berenang harus selalu berhati-hati.

Leuwi Jurig ini cukup populer loh di sosial media. Sudah cukup banyak kok foto-foto pemandangannya yang beredar di sosial media. Foto-fotonya terihat sangat cakep, maka tak heran bikin netizen penasaran untuk mengunjunginya. Bahkan Pemerintah setempat berkeinginan untuk mengelola kawasan tersebut sob.

Kata “Leuwi Jurig” berasal dari bahasa Sunda yang berarti “Sungai Setan”. Meski namanya sangat menyeramkan, namun Leuwi Jurug panoramanya sangat mempesona tak seseram namanya, hehe. Dan wisatawan pun cukup banyak yang berkunjung ke sana. Pemandangan Leuwi Jurig memang bagus banget, maka pas sekali sebagai objek Fotografi.

Lokasi Leuwi Jurig Garut

Jarak wisata ini dari Pusat Kota Garut cukup jauh sob, serta akses jalan yang agak sulit. Meski begitu, tak sedikit wisatawan yang tertarik untuk berpetualang ke lokasi. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44165.

Rute Leuwi Jurig Garut

Akses jalan menuju ke lokasi lumayan susah, dari Garut langsung saja menuju ke Desa Bojong, atau bisa juga menuju ke Sasak Rumpit, lokasi Leuwi Jurig tak begitu jauh dari Sasak Rumpit. Kamu bisa memanfaatkan GPS kok.

Atau bila sampai di Kecamatan Bungbulang, tinggal arahkan saja perjalananmu menuju ke PLTMH Cirompang Bungbulang. Nah, lokasi Leuwi Jurig ini lokasinya tak jauh kok dari Jembatan pertama. Bila kamu merasa bingung, bisa bertanya pada warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Leuwi Jurig

Adapun harga tiket masuk Leuwi Jurig bagi pengunjung gratis kok. Pengunjung cukup membayar biaya parkir saja Rp 2.000.

Bila kamu berkunjung ke sana, tetap jaga kebersihan ya, jangan sampai membuang sampah sembarangan. Agar wisata Leuwi Jurig ini tetap indah, nyaman, dan terjaga kealamiannya.

Baca Juga: Curug Cipanyairan Garut

shares