Harga Tiket, Rute dan Lokasi Lava Bantal Sleman

Posted on
lava bantal sleman
Lava Bantal Sleman

Ini dia salah satu wisata Jogja yang kece banget, namanya adalah Lava Bantal. Lava Bantal yang terletak di Sleman ini merupakan warisan Geologi atau Geo Heritage yang dikelola oleh pemerintah Sleman sebagai tempat wisata dan edukasi. Maka, tak heran jika banyak sekali mahasiswa-mahasiswa yang mengunjungi tempat ini. Bencana gunung Meletus sebenarnya tidak hanya memberikan kerugian saja bagi masyarakat, namun terkadang memberikan manfaat, misalnya bisa dijadikan wisata alam, salah satunya adalah Lava Bantal di Sleman.

Lava Bantal Sleman merupakan lava yang sudah membeku dan berbentuk seperti bantal, terbentuk dari lelehan lava Gunung Merapi yang kebetulan mengalir di Sungai Opak. Jika pada awalnya tempat wisata lava bantal ini hanya sebatas objek batuan di sungai saja, namun sekarang ini sudah banyak dilakukan upgrading lho! beberapa fasilitas sudah tersedia seperti pendopo, warung makan, gazebo, dan tubing dengan pemandu yang profesional.

Lokasi Lava Bantal Sleman

Lava Bantal Sleman terletak di Jl. Berbah – Prambanan, Berbah, Kalitirto, Kabupaten Sleman. Lokasinya memang masuk ke jalan yang cukup kecil, namun untuk ukuran satu mobil, bis, dan motor, masih bisa dilalui. Untuk tiba di lokasi ini, dari Pusat Kota Jogja dapat ditempuh dengan waktu sekitar 25 menit jika tidak macet, jarak nya cukup dekat hanya 14 km.

Rute Lava Bantal Sleman

Dari pusat kota Jogja, anda bisa menggunakan rute Jl. Raya Berbah, Jl. Wonosari, atau Jl. Laksda Adisucipto – Jl Raya Berbah. Setelah masuk ke Jl Raya Berbah, terus ke barat hingga ada Panti Asuhan Bhakti Luhur, kemudian ikuti jalan, belok kanan hingga menemukan SDN Sumber 1, kemudian masih lurus, setelah menemukan baliho Lava Bantal, anda tinggal mengikuti baliho tersebut, tempat wisata ini terletak di kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Lava Bantal Sleman

Untuk masuk ke tempat wisata ini, hanya akan dikenakan biaya parkir saja, untuk kendaraan roda dua dipatok Rp 2.000,-, untuk bis Rp 10.000,- dan untuk mobil Rp 5.000,- pada hari biasa. Biasanya tarif naik di akhir pekan maupun musim liburan. Jika anda kelaparan, anda bisa membeli makanan di warung makan. Harga makanan di warung-warung makan juga tidak terlalu mahal kok!

Gravatar Image
Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.