Harga Tiket, Rute dan Lokasi Taman Bunga Amarilis Patuk

taman bunga amarilis

Taman Bunga Amarilis Patuk

Pemandangan menakjubkan kembali terlihat di sepanjang jalan Jogja – Wonosari sebelum memasuki jembatan Kali Pentung. Keindahan Taman bunga amarilis Patuk Gunungkidul kembali bermekaran sehingga menarik perhatian warga sekitar dan luar daerah. Tak sedikit pengunjung yang berswafoto dengan berlatar belakang hamparan warna oranye dari kelopak bunga amarilis yang mekar secara serentak di awal musim penghujan ini.

Dua tahun yang lalu tepatnya di 2015, taman bunga ini sempat rusak terinjak-injak oleh pengunjung. Namun, kini hampir 500 tanaman amarilis yang tumbuh di lahan seluas 2.350 meter ini sudah kembali mekar secara bersamaan. Bunga yang merupakan golongan Hippeastrum Amaryllidaceae ini umumnya mekar hanya satu tahun sekali yakni pada saat memasuki musim penghujan, sekitar akhir bulan November dan awal bulan Desember.

Lokasi Menuju Taman Bunga Amarilis Patuk

Taman bunga amarilis Patuk ini berada di Desa Beji, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Jogjakarta. Dari pusat kota Jogja, jaraknya kurang lebih sekitar 27 km ke arah selatan. Sedangkan dari Polsek Patuk, taman bunga ini berjarak sekitar 1 km ke arah selatan. Lokasinya mudah ditemukan karena saat ini ada beberapa lokasi taman amarilis yakni empat taman di depan Monumen Durian Ngasemayu, dekat gapura Gunungmanuk (watu kandang) dan dua lokasi taman bunga di halaman belakang pekarangan rumah Pak Sukadi.

Rute Menuju Taman Bunga Amarilis Patuk

Untuk menuju ke taman bunga amarilis Patuk, dari Kota Jogja Anda bisa mengambil arah menuju ke Jalan Wonosari. Kemudian ikuti Jalan Wonosari hingga melewati bukit bintang. Setelah sampai di Kantor Kecamatan Patuk, terus melaju ke arah timur kira-kira sejauh 1,3 km. Taman bunga amarilis bisa Anda temukan sebelum jembatan Salam, Patuk.

Harga Tiket Masuk ke Taman Bunga Amarilis Patuk

Harga tiket masuk ke taman bunga amarilis Patuk sangatlah terjangkau karena pengelola hanya menerapkan tarif masuk seikhlasnya saja. Pengunjung juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp. 3.000 untuk mobil dan motor. Sedangkan fasilitas lainnya masih terbatas karena taman bunga ini masih baru dibuka untuk umum. Bagi Anda yang berkunjung ke taman bunga ini diharapkan turut serta menjaga keindahan taman bunga dan jangan memetik maupun menginjak-injak tanaman agar pengunjung lainnya juga bisa menikmati keindahan taman bunga ini.