Indahnya Pesona Wisata Candi Prambanan Jogjakarta

Diposting pada
candi prambanan
Candi Prambanan

Candi prambanan sudah terkenal dengan keindahannya dan merupakan salah satu situs purbakala ada di Indonesia dan telah diakui oleh UNESCO. Candi ini merupakan peninggalan kebudayaan hindhu yang dibuat pada abad 9 masehi. Keindahan pemandangan yang ada didalamnya tidak akan bisa didapatkan di tempat wisata Jogja lainnya.

Jika senja datang panorama yang bisa dilihat sangat mempesona dan cocok untuk diabadikan dalam bentuk foto. Candi ini terletak di bokoharjo kecamatan prambanan, kabupaten sleman Yogyakarta. Anda tidak usah khawatir dengan akses menuju prambanan karena banyak jasa angkutan umum dan penyewaan kendaraan pribadi yang banyak ditemui di jogja.

Keindahan bangunannya

Candi prambanan merupakan destinasi wisata yang mempunyai lahan yang sangat luas dan tidak hanya menyuguhkan keindahan candi saja, namun terdapat taman dan lahan hijau terdapat sekelompok rusa, tenk hiasan, dan ada tempat untuk membeli oleh-oleh.

Bangunan inti candi prambanan terdiri dari 3 candi yaitu candi siwa, brahma dan wisnu sesuai dengan trimurti dalam agama hindu. Candi yang tertinggi yaitu candi siwa, didalamnya ada tiga arca yang arsitektur bangunannya sangat bagus. Bangunan di candi ini terlihat sangat agung dan menyimpan banyak cerita di balik berdirinya.

Tidak hanya para wisatawan lokal saja yang datang mengunjungi wisata Jogja dengan segudang cerita ini. Para wisawatan asing yang berasal dari berbagai negara juga datang untuk melihat keindahan dan arsitekturnya. Kawasan candi prambanan memliki lahan yang luas berbentuk seperti.

Lahan itu mempunayi bentuk seperti lapangan yang berhadapan langsung dengan candi prambanan. Biasanya ada acara-acara hiburan mayarakat yang digelar disana tentunya dengan nusansa kebudayaan yang kental. Banyak wisawtan asing yang penasaran dengan petunjukan yang digelar dan mengabadikan gambarnya.

Akses masuk Candi Prambanan

Untuk bisa masuk area Candi prambanan Anda harus membayar tiket sebesar Rp 40.000 untuk wisatawan dalam negeri sedangkan turis asing Rp 66.000. Sedangkan untuk anak-anak Rp20.000.

Harga tiket candi mengalami kenaikan karena untuk perbaikan fasilitas dan pembangunan penjunjang lainnya seperti masjid, perbaikan bangunan dll. Namun jangan khawatir karena uang yang Anda bayarkan untuk masuk akan sepadan dengan indahnya pesona Candi Prambanan.

Ketika musim liburan tiba wilayah candi prambanan sangat ramai dengan pengunjung dan pihak yang mengurus candi ini juga menambah penjaga kemanan. Jika ingin berkunjung ke sana tidak perlu takut tersesat karena pihak pengurus menempelkan denah sekitaran kawasan candi.

Jam Operasional

Candi prambanan di buka pada pukul 06.00 sampai 17.00 WIB. Ada banyak event yang biasanya digelar di candi ini, jika Anda beruntung Anda bisa menonton pertunjukan roro jonggrang yang biasanya ditampilkan pada hari-hari kebesaran umat hindhu.

Ayo datanglah ke situs bersejarah ini. Liburan Anda akan terasa lengkap jika mengunjungi wisata Jogja terkenal ini. Wisatawan asing saja banyak yang datang untuk berkunjung ke candi megah ini, masa Anda tidak.

Baca Juga: The Lost World Castle Sleman

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.