Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Talaga Bodas Garut

Diposting pada
talaga bodas garut
Talaga Bodas Garut

Topografi Jawa Barat yang didominasi dengan pegunungan membuat banyaknya tempat wisata bertemakan alam dan terletak pada ketinggian yang cukup tinggi. Tak heran jika wilayah Jawa Barat terkenal akan udaranya yang sejuk dan dingin dibandingkan dengan daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Salah satu tempat wisata yang banyak diminati adalah Talaga Bodas. Tempat wisata yang terletak di Garut, Jawa Barat ini merupakan wisata yang terletak d kawah Gunung Talaga Bodas.

Meskipun masih memperlihatkan aktivitas vulkanik, namun tempat ini bisa dijadikan menjadi tempat wisata karena tidak terlalu berbahaya. Karena pegunungan, Talaga Bodas Garut berbatasan langsung dengan area hutan yang hijau dan segar. Sebagai pengaruh dari aktivitas vulkanik, terdapat kawah yang berisi air belerang dan sumber air panas. Sumber belerang tersebut kerap digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional. Bahkan, banyak pendatang dari luar kota yang berobat di tempat ini. Terdapat sumber air panas yang dijadikan pemandian air panas sehingga anda bisa berendam dan menikmati pemandangan di tempat ini.

Lokasi Talaga Bodas

Lokasi Talaga Bodas terletak di Jl. Telaga Bodas No. 5 Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tempat wisata ini terletak sekitar 93 km dari Pusat Kota Garut, medan jalannya cukup berliku-liku dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 24 menit. Karena letaknya berada di sebelah selatan Kota Garut, lokasi Talaga Bodas justru lebih dekat dengan pantai selatan yang berada di Jawa Barat.

Rute Menuju Talaga Bodas

Untuk dapat tiba di Talaga Bodas Garut, anda bisa menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Jika anda berasal dari Bandung, anda bisa menggunakan rute Bandung – Garut – Wanaraja atau Limbangan – Cibatu – Wanaraja. Jika anda berasal dari Tasikmalaya, anda bisa menggunakan rute menujur Karangnunggal kemudian ke arah barat. Jika anda memilih untuk menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan angkot jurusan Garut-Wanaraja.

Harga Tiket Masuk Talaga Bodas

Adapun harga masuk tiket Talaga Bodas untuk hari biasa adalah Rp 5.000,- perorang dan Rp 7.500,- untuk akhir pekan dan hari libur ditambah dengan biaya masuk dan parkir kendaraan yang berkisar di tarif Rp 2.000,- hingga Rp 10.000.

Baca Juga: Danau Dariza Resort Cipanas Garut

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.