telaga sarangan plaosan
Telaga Sarangan Plaosan Magetan

Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan Plaosan Magetan 2019

Diposting pada

Nama Telaga Sarangan sudah sangat populer di semua kalangan masyarakat. Telaga yang cukup luas ini setiap tahunnya tidak pernah sepi pengunjung, dan bahkan menjadi maskot wisata bagi mereka yang berkunjung ke Magetan. Letaknya yang ada di lereng Gunung Lawu membuat suasana di Telaga Sarangan cukup nyaman untuk dijadikan wisata keluarga. Udaranya sejuk dan pemandangannya indah.

Telaga Sarangan Plaosan yang memiliki kedalaman hingga 28 meter ini berada di lokasi yang cukup luas, yakni dengan luas tanah sekitar 30 hektar. Telaga ini juga dikelilingi oleh pegunungan yang seolah menjadi benteng raksasa yang melindungi telaga di tengahnya. Bukan hanya itu, tempat eksotis ini pun memiliki cerita mitos yang cukup menarik.

Diceritakan bahwa terdapat pasangan suami-istri yang menghuni hutan, yang bernama Ki Pasir dan Nyi Pasir. Ketika Ki Pasir mencari makan ke dalam hutan, dia menemukan sebuah telur raksasa dan berniat menjadikan telur tersebut sebagai makanan. Namun, usai memakan telur tersebut mereka gatal-gatal di sekujur tubuh, lalu pasangan tersebut menjadi naga raksasa. Naga tersebut berguling di tanah untuk meredakan rasa gatal, tapi karena ukuran yang besar, tingkah tersebut pun menghasilkan cekungan yang dalam, lalu menjadi Telaga Sarangan.

Lokasi Telaga Sarangan Plaosan

Anda yang tertarik berkunjung ke Telaga Sarangan, bisa langsung pergi ke Kecamatan Plaosan, di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Dari pusat kota Magetan, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 16 km ke Plaosan. Bila tidak ada halangan, cukup dengan waktu 30 menit Anda sudah bisa sampai di lokasi. Silahkan berfoto, naik perahu atau membeli souvenir di wilayah sekitar telaga. Anda juga bisa sekalian berkeliling naik kuda sambil menikmati pemandangan.

Rute Telaga Sarangan Plaosan

Rute ke Telaga Sarangan tidak terlalu sulit karena Anda hanya perlu menempuh jarak 16 km dari Magetan, Jawa Timur. Sebagai tempat wisata yang sudah terkenal sejak dulu, plang dan papan penunjuk jalan sudah tersedia di jalan-jalan besar. Anda juga bisa melihat map di smartphone karena sudah terdaftar dengan cukup akurat. Google Map bisa menjadi acuan untuk trekking ke lokasi.

Harga Tiket Telaga Sarangan Plaosan

Untuk tiket masuk ke Telaga Sarangan pun sangat terjangkau, hanya Rp. 10000. Sedangkan untuk memarkir kendaraan, Anda akan dikenakan tarif Rp. 2.500 untuk sepeda motor, Rp. 5.000 untuk mobil dan Rp. 10.000 untuk bus atau kendaraan besar lainnya termasuk truk. Apabila Anda berniat naik kuda, taris yang wajib dibayar adalah Rp. 50.000, begitu pula jika Anda ingin menaiki speed boat.

Baca Juga: Mojosemi Forest Park Magetan