Alamat, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Sawarna Banten

Diposting pada
pantai sawarna
Pantai Sawarna Banten

Pantai Sawarna pantai terindah di Banten? mari kita ulas. Banten merupakan sebuah propinsi di Indonesia yang memiliki banyak sekali tempat wisata. Hingga tahun 2018 ini sudah tercatat lebih dari 43 objek wisata yang menjadi tempat berlibur favorit di Banten. Wisata-wisata tersebut diantaranya seperti Danau, Pegunungan, Telaga, Cagar Alam, Air Terjun, dan juga Pantai. Nah, jika berbicara mengenai pantai di Banteng, maka ada cukup banyak pantai terindah yang diminati banyak wisatawan, salah satunya ialah Pantai Sawarna.

Meski ada Pantai Anyer yang populer sejak lama, namun Pantai Sawarna tak kalah indahnya sob. Panti ini cukup fenomenal, bisa dilihat pada liburan tahun baru kemarin, banyak sekali wisatawan yang datang, tidak hanya dari Banten saja, banyak juga yang datang dari Jakarta, Jawa Barat, dan juga Jawa Tengah. Kepopulerannya semakin menjadi setelah foto-foto panorama keindahannya banyak yang beredar di sosial media, sehingga menjadi ketertarikan bagi para pengguna aktif medsos untuk mengunjunginya.

Ramainya pengujung yang mendatangi Pantai Sawarna ketika liburan menjadika pihak pengelola semakin melengkapi potensi bisnis di sekitarnya. Terasuk juga tempat penginapan yang cukup penting bagi para pengunjug yang ingin bermalam di sana. Apalagi bengunjung yang datang dari tempat yang jauh, maka bisa dipastikan mereka membutuhkan tempat penginapan. Sehingga dengan dibangunnya penginapan-penginapan di sekitar pantai ini, tentu semakin menambah pemasukan, sangat menjanjikan sekali bukan?

Banyak dari pihak pengembang yang tertarik untuk membangun beragam jenis penginapan, mulai dari Villa, Cottage, dan juga Hotel. Ditambah lagi dengan usaha oleh agen travel dan tour yang menawarkan paket wisata di sana. Sehingga tak heran bila pantai ini semakin maju dan dikenal banyak orang, bahkan bisa jadi akan menjadi seperti Bali yang kini sebagai tujuan wisatawan mancanegara.

Bila kamu mencari kata kunci “Pantai Sawarna” di Google kemudian tidak menemukan lokasinya, maka jangan heran ataupun kaget, soalnya ini bukan nama pantai yang sebenarnya. Sawarna diambil dari nama Desa setempat, yaitu Desa Sawarna. Adapun Pantai Sawarna sendiri merupakan hamparan pesisir pantai yang menuju ke Pantai Pulo Manuk hingga smapai Pantai Karang Taraje. Jadi, Pantai Sawarna ini terdiri dari beragam Pantai di Desa Sawarna, yaitu meliputi Pantai Tanjung Layar, Pantai Ciantir, Pantai Legon Pari, Pantai Pulau Manuk, dan Pantai Goa Langir. Selain itu, di kawasan ini juga ada objek wisata menarik, yaitu Goa Lalay atau Goa Kelelawar.

Sejarah tentang Desa Sawarna tak luput dari Jean Louis Van Gogh yang merupakan sepupu dari penulis legendaris dunia Vincent Van Gogh. Dialah yang membuka perkebunan kelapa seluas 54 hektar di kawasan Pantai Tanung Layar dan Pantai Ciantir. Dia mempekerjakan warga pribumi di daerah sekitar, sehingga kini menghasilkan perbedaan logat bahasa dalam percakapan sehari-hari, dalam bahasa Sunda “Sorana” berarti “Suaranya” yang kemudian dijadikan sebagai nama tempat dengan sebutan Sawarna. Ternyata ada juga yang mengatakan bahwa kata “Sawarna” ini diambil dari kata “Swarna” yaitu oleh ketua Desa setempat pada tahun 90-an. Selain itu juga ada yang mengatakan bahwa “Sawarna” diabil dari bahasa Sundah yang berarti “Satu Warna”, dimaksudkan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut masih satu warna atau satu golongan, yaitu masyarakat Sunda.

Sebagian besar penduduk di Desa Sawarna ini adalah bekerja di perkebunan. Seiring berjalannya waktu, kini Desa Sawarna menjadi sebuah Desa Wisata yang menjadi destinasi bagi wisatawan. Hal ini bisa dilihat dengan begitu banyaknya rumah-rumah milik penduduk yang disewakan untuk para pendatang yang berkunjung ke sana. Tidak hanya itu saja, banyak juga penduduk yang menggeluti profesi sebagai Guide bawi wisatawan yang ingin tahu lebih detail dengan keliling ke setiap kawasan wisata di sana.

Beragam Objek Wisata di Pantai Sawarna

Kawasan wisat Sawarna ini luasnya sekitar 2.500 hektar dengan hamparan pantai sepanjang 65 km. Adapun Desa Sawarna ini berada di ketinggian sekitar 10 Mdpl, dengan kondisi alam yang masih sangat alami. Suasananya tenang, pemandangan alam begitu indah dan memanjakan mata. Yang pasti kenyamanan menjadi hal utama bagi pengunjung yang ingin berlibur di sana. Berbagai objek wisata yang bisa kamu jumpai di kawasan Sawarna ini antara lain sebagai berikut :

1. Pantai Tanjung Layar

pantai tanjung layar
Pantai Tanjung Layar

2. Pantai Ciantir

pantai ciantir
Pantai Ciantir

3. Pantai Karang Teraje

pantai karang teraje
Pantai Karang Teraje

4. Pantai Lagon Pari

pantai lagon pari
Pantai Lagon Pari

5. Pantai Karang Bereum

pantai karang bereum
Pantai Karang Bereum

6. Pantai Goa Langir

pantai goa langir
Pantai Goa Langir

7. Pantai Pulo Manuk

pantai pulo manuk
Pantai Pulo Manuk

8. Bukit Cariang

bukit cariang
Bukit Cariang

Alamat Pantai Sawarna Banten

Lokasi Pantai Sawarna ini terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten.

Rute Menuju Pantai Sawarna Banten

Pesona pantai ini tidak diragukan lagi keindahannya, benar-benar eksotis dan mempesona. Maka tak heran bila banyak yang berbondong-bondong mendatanginya. Bila dari Jakarta, maka menuju ke lokasi dengan melewati Serang Timur, kemdian Pandeglang, kemudian melewati Malimping, lanjut menuju Bayah, selanjutnya sampai ke kawasan Sawarna.

Harga Tiket Masuk Pantai Sawarna Banten

Adapun harga tiket masuk Pantai Sawarna sangat murah kok, cuma Rp 5.000/orang. Dengan harga tersebut kamu sudah bisa menikmati indahnya panorama alam di sana.

Baca Juga: Daftar Pantai Paling Diminati di Anyer Banten

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.