Kebun Durian Solokuro

Harga, Rute dan Lokasi Kebun Durian Solokuro Lamongan

Diposting pada

Siapa sih tak suka makan buah durian? pasti kamu sangat menyukainya kan? ya, buah durian termasuk dalam kategori buah dengan harga yang mahal. Buah dengan ciri khas kulit berduri dan juga bau harumnya yang menyengat ini meski harganya mahal tetapi tak sedikit kok yang hobi makan durian.

Nah, tahukah kamu di Lamongan, tepatnya di kecamatan Solokuro kini dihebohkan dengan adanya kebun durian. Beritanya menjadi viral di sosial media. Uniknya di mana? ya, kita tahu bahwa buah durian hanya hidup di daerah yang bersuhu dingin. Sedangkan Lamongan terkenal sebagai daerah berdataran rendah yang bersuhu panas. Apalagi Solokuro yang lokasinya tak jauh dari kawasan pesisir pantai utara, pastinya bersuhu panas bukan?

Lamongan kini melambung namanya berkat viralnya berita seputar kebun durian. Sebelumnya Lamongan juga viral dengan wisata baru berupa Pohon Trinil. Foto-foto kebun durian di Lamongan banyak yang beredar, dan menjadikan pro kotra bagi sebagian besar netizen. Sebagian besar merasa takjub dengan keunikan ini, dan sebagian besar lainnya menganggap itu hanya berita hoax yang dibesar-besarkan.

Sehingga adanya kebun durian Solokuro ini menjadikan penasaran bagi masyarakat, terutama bagi warga Lamongan sendiri yang ingin melihat langsung dengan berbondong-bondong mendatanginya. Percaya atau tidak percaya, faktanya adalah benar adanya kebun durian di Lamongan yang beredar beritanya selama ini. Seorang bernama Zumiyah sebagai pemilik kebun durian ini.

Tahukah kamu di kebun durian milik Zumiyah ini terdapat durian yang berukuran jumbo, yaitu dengan berat 8 Kg. Pegunjung yang datang pun tertarik untuk mencobanya, dan mengaku bila durian di sana dagingnya tebal banget, rasanya pun sangat manis, tak kalah dengan durian impor. Bahkan Bapak Bupati Lamongan sendiri turut terjun langsung mengunjungi kebun durian Solokuri ini, dan beliau meyakini bila kebun ini sangat prospek sebagai Agrowisata.

Awal mula adanya kebun durian ini adalah Zumiyah yang hanya sekedar coba-coba menanam dan membudidayakan buah durian. Dan ternyata hasilnya luar biasa, buah durian yang ditanamnya menghasilkan buah yang banyak. Sebelumnya, Zumiyah sendiri sempat menanam buah sawo dan buah jeruk, tetapi gagal karena diserang hama. Lalu Zumiyah menanam durian sejak 5 tahun silam, dan kini telah menuai hasilnya yang diluar dugaan. Adapun bibit durian tersebut didatangkan dari Majalengka, Jawa Barat. Saat ini pohon durian di kebun Zumiyah sebanyak 50 pohon dengan beragam ukuran.

Harga Durian Solokuro Lamongan

Berapa harga durian Solokuro ini? Zumiyah mematok harga durian Rp 50.000 untuk setiap Kilo Gram-nya.

Lokasi Kebun Durian Solokuro Lamongan

Lokasi kebun durian ini terletak di Desa Sugihan, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Lokasinya tak jauh kok dari Kolam Renang Salfiva.

Rute Menuju Kebun Durian Solokuro Lamongan

Adapun rute kebun durian Solokuro, dari Pusat Kota Lamongan langsung saja menuju ke arah Pantura atau bisa juga mengarah ke WBL dengan melewati Jalan Raya Karanggeneng. Jika sudah sampai di Pasar Sungelebak, selanjutnya lurus saja menuju ke Desa Sawo. Kemudian lurus lagi hingga menemukan Pertigaan, setelah itu ambil arah ke kiri menuju ke arah Waduk Joho. Lanjut terus atau lurus sampai Perempatan Godog, lalu ambil arah ke kanan. Sesampainya di Perempatan Polsek Solokuro,  silahkan ambil arah ke kiri. Lokasinya berada di Desa Sugihan, kamu bisa bertanya warga sekitar tentang letak Desa Sugihan.

Baca Juga: Goa Maharani Lamongan