jembatan gantung situ gunung
Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi

Diposting pada

Mau tahu di mana lokasi Jembatan Gantung Situ Gunung yang viral di sosial media belakangan ini? Terdapat sebuah jembatan baru yang kawasan Situ Gunung dan juga Curug Sawer, dimana jembatan ini merupakan salah satu jembatan terpanjang di Jawa Barat. Sekarang telah resmi dibuka untuk umum, dan menjadi perbincangan menarik di sosial media. Maka tak heran bila banyak pengunjung yang mendatangi spot baru ini.

Bahkan terlalu ramainya, pengunjung setiap harinya mencapai sekitar 700 orang. Apalagi bila pada hari libur, maka bisa dipastikan kawasan wisata ini padat pengunjung sob. Bila kamu penasaran, coba deh kepoin jembatan gantung di Sukabumi ini.

Jembatan Gantung Situ Gunung ini dibangun di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Jadi, lokasinya cukup mudah ditemukan. Sebagaimana yang telah digadang-gadang sebelumnya, kini jembatan ini menjadi daya tarik yang besar bagi masyarakat untuk mengunjunginya. Sebab, jembatannya didesain sangat bagus, serta memiliki pemandangan alam yang sangat indah di sekitarnya. Maka tak heran bila jembatan ini menjadi spot foto yang sangat favorit bagi para penggiat selfie, terutama bagi kalangan muda-mudi masa kini.

Jembata Gantung Situ Gunung ini panjangnya mencapai 250 meter, sedangkan tingginya mencapai 150 meter dan lebar sekitar 2 meter. Bagi yang melewati jembatan gantung ini pasti akan merasakan sensasi yang luar biasa, sebab dari ketinggian kamu dapat menyaksikan kondisi bawah yang jauh. Tentu ini sangat menegangkan. Apalagi ketika dilewati jembatannya menjadi goyang-goyang. Oleh karena itu, buat kamu yang takut ketinggian, sebaiknya jangan mencoba naik jembatan gantung ini deh, hehe. Naik jembatan panjang ini cocok buat kamu yang hobi mencoba permainan yang menantang, sebab dapat memicu adrenalinmu sob.

Dari atas Jembatan Gantung Situ Gunung ini kamu dapat melihat pemndangan alam yang cukup memukau. Aliran sungai di bawah nampak dengan jelas, begitu juga di sekitar terlihat banyak pepohonan yang rindang. Maka pemandangan ini akan menyegarkan pandanganmu sob. Cocok buat kamu yang setiap harinya kerja di kantoran dan melihat layar laptop, maka untuk menyegarkan pandangan sekali-kali mengunjungi tempat yang banyak pepohonan hijau, seperti di jembatan ini.

panorama jembatan gantung situ gunung
Panorama Jembatan Gantung Situ Gunung Dari Ketinggian

Jembatan Gantung Situ Gunung ini maksimal mampu menahan beban sebesar 55 ton, atau sekitar 150 orang. Tetapi pihak pengelola membatasi pengunjung maksimal 60 orang saja yang naik di jembatan gantung ini, demi kenyamanan dan keamanan bersama. Sebenarnya jembatan gantung ini bisa dilewati kendaraan roda dua, namun saat ini hanya diperbolehkan bagi pejalan kaki saja. Adapun pembangunan jembatan ini sejak bulan medi 2017 lalu, dengan menghabiskan biaya sebanyak 4 miliar rupiah.

Lokasi Jembatan Gantung Situ Gunung

Lokasi jembatan gantung ini dari pintu masuk TNGGP Resort berjarak sekitar 700 meter. Lokasi tepatnya terletak di Desa Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat.

Harga Tiket Masuk Jembatan Gantung Situ Gunung

Bagi pengunjung yang melintasi jembatan ini ataupun ingin berswafoto di atas jembatan gantung ini, maka nantinya akan dikenai biaya masuk seharga Rp 27.500. Jembatan ini merupakan salah satu akses menuju ke Curug Sawer yang jaraknya hanya sekitar 10 menit perjalanan.

Dikarenakan masih sangat baru, maka jembatan gantung ini belum diberi nama pastinya. Rencananya ada beberapa pilihan nama, diantaranya seperti Mbah Jalun, Situ Gunung, dan Damar Cinta. Damar Cinta sendiri diambil dari nama pohon yang hidup di sekitar jembatan ini. Sedangkan nama Situ Gunung diambil dari nama tempatnya.

Baca Juga: Geopark Ciletuh Sukabumi