taman lansia bandung
Taman Lansia Bandung

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Taman Lansia Bandung

Diposting pada

Taman terbuka hijau memang menjadi agenda banyak pimpinan daerah untuk mengatasi darurat pemanasan global. Begitu pula di Bandung, Jawa Barat. Meskipun sejak lama memang telah memiliki cukup banyak fasilitas taman kota, namun walikota yang menjabat saat ini, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil merasa taman-taman tersebut perlu mendapatkan revitalisasi atau peremajaan agar lebih fungsional. Dengan latar belakang sebagai seorang arsitek sebelum terjun ke pemerintahan, Kang Emil kemudian memberikan perintah untuk membenahi taman-taman kota yang sudah ada.

Salah satunya adalah taman kota di samping Gedung Sate yang merupakan salah satu titik vital Kota Bandung. Taman ini kemudian difungsikan sebagai Taman Lansia atau Taman Lanjut Usia yang secara teknis diperuntukkan bagi kaum lanjut usia di Kota Bandung agar dapat menikmati waktu di tempat umum yang nyaman tersebut. Fasilitas pelengkap pun ditambahkan yang sukses mempercantik tampilan taman, yakni bangku-bangku serta danau buatan di mana berfungsi ganda sebagai manajemen pengairan bila turun hujan deras yang berpotensi menyebabkan banjir.

Untuk menjaga kebersihan dan keindahan taman, ditetapkan juga peraturan untuk tidak berjualan di dalam lokasi taman dan disediakan banyak tempat sampah di berbagai sudut untuk membiasakan warga membuang sampah pada tempatnya. Namun sayang, karena masih ada beberapa oknum yang tidak mengindahkan peringatan tersebut dan bersikukuh untuk tetap berjulan di dalam lokasi taman dan acap kali terlibat adu argumentasi bahkan otot dengan anggota Satpol PP yang bertugas melakukan penertiban walaupun sebenarnya oknum pedagang itulah yang bersalah.

Banyak spot foto instagramable di areal Taman Lansia, serta jaringan wifi gratis yang menarik kawula muda untuk datang, bahkan lebih banyak dibandingkan lansia yang menjadi subyek utama dalam proses revitalitasi taman tersebut. Sehingga terjadi sedikit pergeseran makna dari wisata Bandung yang satu ini. Tetapi secara keseluruhan, Taman Lansia berhasil menjadi lokasi interaksi antar warga Bandung sesuai salah satu tujuan dari taman terbuka yang digiatkan oleh pemerintah pusat. Untuk masuk ke areal Taman Lansia, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk sama sekali.

Lokasi Taman Lansia Bandung

Lokasi Taman Lansia Bandung terletak di Jl. Cisangkuy, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Harga Tiket Masuk Taman Lansia Bandung

Harga tiket masuk Taman Lansia Bandung sangat murah kok, cuma 5 ribu saja untuk setiap pengunjung. Adapun jam buka mulai pukul 09.30 – 16.00 WIB.

Baca Juga: Museum Sri Baduga Bandung