Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Kampung Anggrek Kediri

Diposting pada
kampung anggrek kediri
Kampung Anggrek Kediri

Selain Malang dan Kota Batu, Jawa Timur juga punya Kediri sebagai daerah yang memiliki objek wisata terbaik. Berbagai tempat wisata di Kediri yang bagus-bagus mampu menarik perhatian wisatawan, baik wisatawan lokasi Kediri maupun dari luar kota. Beberapa wisata yang cukup populer di Kediri diantaranya seperti Gunung Kelud, Monumen Simpang Lima, dan juga Kampung Indian Kediri. Selain itu, ada juga loh wisata terbaru di Kediri yang sangat diminati, yaitu Kampung Anggrek Kediri.

Wisata Kampung Anggrek ini berada di kawasan kaki Gunung Kelud dengan ketinggian mencapai 1731 Mdpl. Maka sudah pasti kondisinya nyama banget, hawanya sejuk serta banyak pepohonan rindang yang berasa di sekitar lokasi. Sehingga menambah asri suasana juga menjadi pemandangan yang memanjakan mata. Di wisata Kampung Anggrek ini kamu bisa menikmati keindahan aneka bunga Anggrek yang cantik, bagus banget untuk background foto selfie. Pengunjung yang datang ke sana pun tak lepas dari aktivitas hunting foto selfie karena tak sabar bila hanya melihat-lihat keindahannya saja.

Sebenarnya wisata Kampung Anggrek Kediri ini dibuka sejak tahun 2015 silam. Namun ngehits pada tahun 2017. Di wisata ini terdapat 70 jenis bunga Anggrek yang bagus-bagus, tentu sangat memikat hati bagi para penghobi Anggrek. Ada beberapa jenis Anggrek yang didatangkan langsung dari luar negeri, seperti Thailand dan Taiwan. 6 jenis Anggrek diantaranya seperti Oncidium, Anggrek Bulan, Vanda, Cattleya, dan Cymbiddium. Adapun pembudidayaannya dilakukan di laboratorium kultur jaringan. Jika melihat Kampung Anggrek sebesar ini, jadi teringat taman anggrek di Bandung yaitu Orchid Forest Cikole, yang merupakan salah satu taman Anggrek terbesar di Indonesia. Buat kamu para penghobi Anggrek yang mungkin pergi ke Bandung, bisa mampir ke wisata tersebut sob.

Kampung Anggrek Kediri memiliki green house yang berisi aneka tanaman Anggrek. Ini menjadi kawasan edukasi bagi para pengunjung, baik itu untuk kalangan pelajar maupun untuk umum. Terdapat 5 green house sebagai area untuk budidaya, mulai dari pengumpulan induk Anggrek, persilangan, hingga pembuahan. Di sana juga dilengkapi area taman kelinci, ada beragam jenis kelinci yang imut-imut, diantaranya seperti jenis Anggora, Himalaya, LOP, Lion, Belanda, Satin, dan lain sebagainya. Di sana juga ada patung ikonik yang sangat instagenik, yaitu berupa patung gorila raksasa yang terbuat dari jagung.

taman anggrek kediri
Panorama Taman Anggrek Kediri

Lokasi dan Rute Kampung Anggrek Kediri

Buat kamu yang butuh tempat liburan, Kampung Anggrek Kediri ini menjadi alternatif wisata yang asyik. Cocok buat buat para penghobi Anggrek maupun para penggiat foto selfie. Apalagi adanya patung gorila raksasa menjadikan wisata ini semakin diminati wisatawan. Adapun Lokasi Kampung Anggrek Kediri terletak di Dusun Sumber Putung, Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kediri, Jawa Timur. Lokasi wisata dari Pusat Kota Kediri berjarak sekitar 30 km. Akses jalan juga cukup mudah, karena bisa dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Adapun rute yang bisa ditempuh, ikuti saja rute jalan menuju ke arah Gunung Kelud, dan sesampainya di Desa Ngancar, entar ada pertigaan, dan kamu ambil saja arah ke kiri. Jaraknya sekitar 2 km sampai ke lokasi.

Harga Tiket Masuk Kampung Anggrek Kediri

Buat kamu yang ingin masuk kawasan wisata Kampung Anggrek Kediri, maka kamu harus membayar biaya masuk sebesar Rp 4.000 saja per orang. Di sana kamu juga bisa membeli bibit Anggrek seharga Rp 30.000, adapun Anggrek yang sudah berbunga harganya Rp 30.000 – Rp 100.000. Ada juga Anggrek yang masuk kategori langka, harganya bisa sampai Rp 200.000.

Oh iya, meskipun merupakan Kampung Anggrek yang berisi aneka tanaman Anggrek, tetapi di sana juga terdapat tanaman buah, misalnya seperti Nanas. Dan jadwal buka wisata ini buka mulai pukul 07.30 – 16.30 WIB. Jadi, buruan datang ke sana pagi-pagi ya, pasti kondisinya lebih asyik. Wisata ini juga semakin lengkap karena didukung dengan fasilitas yang mumpuni, diantaranya seperti : gazebo, WC, Musholla, dan lain sebagainya

Baca Juga: Kebun Bibit Kediri

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.