Rute dan Lokasi Air Terjun Tama’lulua Jeneponto Sulawesi Selatan

Diposting pada
air terjun tama'lulua
Air Terjun Tama’lulua Jeneponto Sulawesi Selatan

Tahukan kamu di Kabupaten Janeponto, Sulawesi Selatan ada objek wisata alam yang kini sedang hit banget sob, yaitu berupa air terjun yang sangat istimewa, keindahan alam yang disuguhkannya benar-benar luar biasa. Air terjun ini bernama Air Terjun Tama’lulua. Namanya cukup unik bukan? Pemandangan alam yang disajikan pun begitu mempesona. Wisata air terjun satu ini memang pas banget menjadi destinasi liburanmu sob, perjalanan menuju ke lokasi akan semakin istimewa bila sudah sampai di lokasi, karena kamu akan disambut dengan suguhan air terjun yang pesona keindahannya sangat menakjubkan.

Modern ini kemudahan mendapatkan informasi memang dirasakan semua orang. Cukup dengan membuka Internet, maka sudah bisa tahu segala hal yang diinginkan. Nah, dalam hal ini adalah lokasi wisata Air Terjun Tama’lulua ini sangat jauh dari jangauan, tetapi karena foto-fotonya yang sangat indah sudah diunggah di Internet melalui sosial media, maka dengan cepat informasi seputar lokasi menyebar luas bagi wisatawan, terutama para pecinta wisata alam. Buat kamu yang kepo dengan wisata alam air terjun yang satu ini, bisa dengan mudah mendapatkan informasinya via Google, Facebook, maupun Instagram.

Pemandangan alam di sekitar Air Terjun Tama’lulua sangat eksotis, pasalnya berada di kawasan perbukitan yang dipenuhi dengan hutan yang lebat, sehingga dari ketinggian nampak jelas pesona keindahannya yang begitu luar biasa, tentunya sangat memanjakan mata. Jalur trekking sebagian besar berupa tanjakan dan bebatuan, meski membutuhkan perjuangan yang lebih, namun rasa lelahmu seperti tergantikan bila sudah berhasil sampai menikmati alam ciptaan Tuhan yang luar biasa ini. Di sana kamu bisa memandangi alam yang masih sangat alami, hawanya sangat sejuk, serta terasa kental keasriannya. Ditambah lagi bila kamu mencoba membasahi diri dengan air yang mengalir di sana, tentu terasa sangat menyegarkan. Sensasinya tentu luar biasa banget sob.

Air Terjun Tama’lulua ini mengalir sangat deras, terlihat sangat menawan. Selain menikmati keindahan air terjun dan panorama alam sekitar, di sana juga terdapat Gua Bassolo yang tak jauh dari lokasi. Sekalian bisa kamu kunjungi untuk sekedar tahu keunikan dari Gua ini, lumayan sebagai tambahan buah alam yang bisa diabadikan dengan Kamera.

Sayangnya, wisata alam Air Terjun Tama’lulua yang keindahannya luar biasa ini kurang mendapat perhatian dari Pemerintah setempat. Sehingga membuat warga sekitar bergotong-royong untuk membangun berbagai fasilitas yang disediakan bagi para pengunjung. Maka, untuk bisa masuk wisata ini dikenai tiket masuk, sebagai dana tambahan untuk membenai fasilitas di sana.

Lokasi Air Terjun Tama’lulua

Buat kamu yang tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Tama’lulua ini, maka lokasinya terletak di Desa Ramba Kecamatan Rumbia, Kabupaten. Jenepoonto, Sulawesi Selatan. Jarak tempuh dari Kota Janeponto sekitar 30 Km, kamu bisa memilih menggunaan kendaran roda dua maupun roda empat. Air terjun ini mengalir dari atas tebing yang sangat tinggi, kondisinya masih alami banget karena belum banyak yang datang ke sana.

Rute Menuju Air Terjun Tama’lulua

Rute yang kamu lewati tidak begitu mudah, mulai dari Kota Makassar langsung menuju ke Kota Janeponto yang memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Dari Makassar menuju ke Gowa, kemudian melewati kawasan Takalar, setelah itu baru sampai kawasan Janeponto. Dari Janeponto ini kamu akan menemukan Patung Besar, lalu silahkan ambil arah ke kiri dan melewati Jalan Kelara. Dari Jalan Kelara sampai Desa Rumbia sekitar 30 menit. Desa Rumbia ini yang menjadi pemberhentian perjalananmu sob, selanjutnya tinggal trekking dengan jalan kaki sampai ke lokasi.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tama’lulua

Harga tiket masuk Air Terjun Tama’lulua murah banget loh, cuma Rp 2.000/orang. Parkir kendaraan di rumah-rumah warga sekitar. Di sana juga tersedia para penjual makanan, jadi sebelum masuk area wisata Air Terjun, sebaiknya mampir dulu membeli bekal makanan dan minuman untuk dikonsumsi di lokasi.

Baca Juga: Pantai Tope Jawa Takalar Sulawesi Selatan

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.