Rute, Lokasi dan Harga Tiket Masuk Gunung Batu Jonggol

Diposting pada
gunung batu jonggol
Gunung Batu Jonggol

Bogor memang gudangnya wisata puncak. Ketika musim libur tiba, Bogor selalu menjadi tujuan bagi warga Bogor maupun dari luar kota, seperti Jakarta, Bandung, Purwokerto, Semarang, dan lain sebagainya. Ada salah satu objek wisata yang populer banget, cocok sebagai destinasi petualangan bagi para pecinta alam, yaitu Gunung Batu Jonggol. Gunung Batu ini cocok buat kalangan anak muda, karena membutuhkan trekking perjalanan yang agak menguras tenaga.

Gunung Batu Jonggol menyuguhkan panorama alam khas pegunungan yang sangat indah dan mempesona. Lokasi puncak Gunung Batu ini ketinggiannya 875 Mdpl, dan jarak dari awal pendakian sekitar 200 meter. Meskipun gunung ini tak setinggi gunung-gunung lainnya seperti : Gunung Semeru, Gunung Rinjani, Gunung Ijen, dan lain-lain, tetapi panorama pesona keindahan alam tak kalah bagusnya sob.

panorama puncak gunung batu jonggol
Panorama Puncak Gunung Batu Jonggol

Jalur pendakiannya cukup ekstrim, tentunya pendaki harus selalu fokus dan berhati-hati. Karena akan selalu menemui jalanan yang terjal dan berbatu, juga melewati kawasan jurang. Maka sebelum melakukan pendakian gunung ini, para pendaki harus mempersiapkan diri sebaik mungkin, terutama kondisi fisik harus benar-benar fit, agar bisa sampai puncak dengan mudah.

jalur pendakian gunung batu jonggol
Jalur Pendakian Gunung Batu Jonggol

Suasana di Gunung Batu Jonggol sangat nyaman sekali. Jauh dari suasana keramaian kota, serta banyak pemandangan alam yang menawan menjadikan kawasan ini sebagai tempat yang pas banget untuk merileksasikan diri. Setiap perjalananmu menuju ke lokasi selalu ditemani pemandangan alam di sekitar yang begitu indah dan memanjakan mata. Banyak pohon-pohon hijau yang rindang dan asri, selain itu juga hembusan angin yang menerpa begitu menyegarkan, tentunya semakin menambah semangat ketika perjalanan.

Lokasi Gunung Batu Jonggol

Buat kamu yang ingin berpetualang menuju ke puncak Gunung Batu Jonggol, maka sebelum berangkat kamu harus tahu lokasinya sob. Nah, secara Administratif, lokasi Gunung Batu ini terletak di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat.

Rute Menuju Gunung Batu Jonggol

Adapun rute perjalan yang bisa dilewati dari arah Jakarta, kemudian menuju ke arah Cibubur. Lanjut melewati Taman Mekarsari Cileungsi. Setelah itu melewati kawasan Perumahan Citra Indah. Lalu melewati Pertigaan Jonggol Cariu hingga sampai Gunung Batu Jonggol. Peta Google bisa menjadi alternatif panduan perjalanan, dan juga jangan malu-malu bertanya pada warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Gunung Batu Jonggol

Adapun harga tiket masuk Gunung Batu Jonggol murah banget sob, hanya Rp 10.000/orang. Yang agak mahal adalah harga parkir kendaraan. Untuk Sepeda Motor harga parkirnya sebesar Rp 15.000, untuk Mobil sebesar Rp 30.000, dan untuk Mini Bus sebesar Rp 50.000.

Jangan lupa membawa segala perlengkapan yang dibutuhkan, mulai dari jaket, jas hujan (buat jaga-jaga), dan juga makanan & minuman. Tetap menjaga kebersihan lingkungan ya, jangan sampai malah membuang sampah sembarangan di sana.

Baca Juga: Jonggol Garden Bogor

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.