pantai menganti
Pantai Menganti Kebumen

Spot Foto, Lokasi, Rute dari Purwokerto, dan Harga Tiket Masuk Pantai Menganti Kebumen 2019

Diposting pada

Kebumen merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki segudang daftar tempat wisata terbaik, mulai dari wisata alam perbukitan hingga wisata pantai yang selalu menarik perhatian wisatawan. Salah satu pantai favorit di Kebumen yang selalu menjadi pilihan liburan bagi warga Kebumen adalah Pantai Menganti. Pantai yang terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah ini menawarkan pesona keindahan yang luar biasa. Jarak dari Kecamatan Gembong sekitar 40 km, lokasinya berada di bagian selatan pulau Jawa, atau termasuk dalam jajaran pantai selatan. Berdasarkan mitosnya, pantai ini menyimpan misteri yang dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Pantai Menganti Kebumen ini masuk dalam kategori pantai terindah di Jawa Tengah. Oleh karena itu, pantai tak pernah sepi pengunjung, apalagi pada saat liburan tiba, maka bisa dipastikan banyak sekali pengunjungnya. Sebenarnya pantai ini termasuk pantai yang jarang dikunjungi, namun setelah foto-foto keindahannya banyak yang diunggah di sosial media, maka banyak yang mengetahuinya dan tertarik untuk datang langsung untuk berlibur di sana. Terutama bagi warga Kebumen yang butuh tempat berlibur yang asyik dan masih dalm lingkup kawasan Kebumen sendiri. Sebab hal ini menjadi salah satu kebanggan tersendiri bagi warga Kebumen karena telah memiliki salah satu objek wisata yang sangat indah dan patut untuk dikunjungi. Adapun aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung di pantai ini adalah bersantai sembari menikmati indahnya panorama pantai, bermain air dengan berenang di pinggir pantai, bermain pasir, berburu foto selfie, dan masih banyak yang lainnya.

Pantai Menganti Kebumen tidak sekedar memiliki keindahan alam yang luar biasa. Tetapi juga menyimpan banyak mitos di kalangan penduduk sekitar. Berdasarkan cerita dari sesepuh Desa Karangduwur, bawah dulu di sana ada seorang panglima dari kerajaan yang melarikan diri ke kawasan laut selatan pulau Jawa. Panglima dan kekasihnya saling berjanji untuk bertemu di pantai selatan, dan panglima tersebut menanti sang kekasih di pantai ini dalam waktu yang lama hingga berhari-hari. Sedihnya, panglima sudah menanti lama namun sang kekasih tak kunjung datang. Oleh karena itulah pantai ini disebut dengan “Menganti” yang berarti “Menanti”. Selain itu, mitos lainnya adalah tidak boleh mengenakan pakaian yang berwarna hijau, sebab ada kaitannya dengan ratu pantai selatan atau Nyi Roro Kidul.

Meskipun cerita seputar asal-usul pantai Menganti Kebumen ini sedikit berbau mistis, namun tidak bisa dipungkiri bahwa pesona keindahannya benar-benar luar biasa. Di pantai ini kamu dapat menyaksikan birunya air laut yang terus bergerak bersama ombak-ombak,  berpadu dengan birunya langit menjadikan panorama yang nampak sempurna, ditambah lagi dengan hamparan bibir pantai yang luas dan berisi pasir putih yang lembut, maka semua itu bikin betah pengunjung untuk berlama-lama di sana untuk bermain dan menikmati keindahan. Tidak cukup sampai di situ saja, terdapat bukit-bukit yang ditumbuhi rerumputan menjadi dinding yang kokok mengitari kawasan pantai ini. Ini juga menjadi pemandangan tersendiri yang melengkapi keindahan Pantai Menganti. Kamu dapat naik di atas bukit tersebut, nah dari ketinggian kamu dapat menyaksikan secara sempurna semua panoraa pantai yang sangat menakjubkan. Berselfie  tentu menjadi aktivitas yang tak boleh ketinggalan untuk mengabadikan moment istimewa kamu di sana. Yang spesial lagi, dari atas bukit kamu bisa menuju ke Tanjung Karangbata, dari sana akan tersaji suguhan alam berupa laut Samudera Hindia yang sangat luas. Di sana juga tersedia tempat gubuk dan tempat duduk untuk menikmati keindahan tersebut. Dan memang kawasan ini hanya diperbolehkan dimasuki oleh para wisatawan saja.

gubuk di perbukitan pantai menganti
Gubuk di Perbukitan Pantai Menganti

Mengunjungi Pantai Menganti ini tidak terbatas waktu, baik itu saat musim hujan maupun musim kemarau. Ketika musim hujan, kamu bisa menemukan beberapa titik yang menyajikan air terjun dengan ketinggian mencapai 30 meter. Selain itu, perbukitan yang mengelilingi kawasan ini nampak sangat hijau, sebab ditumbuhi banyak tanaman yang hijau, sebab kondisi tanahnya yang basah dan subur. Pesona keindahan Pantai Menganti bisa kamu abadikan dalam bentuk fotografi, dan bisa kamu share di sosial media untuk menunjukkan bahwa Kebumen juga punya pantai yang sangat indah dan mengagumkan, tak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Bali, Jogja, dan daerah ternama lainnya. Keindahan pantai ini selalu menjadi tujuan favorit bagi para fotografer, sebab foto-foto yang dihasilkan sangatlah bagus. Apalagi pada saat yang bagus, seperti saat terlihat Sunrise dan Sunset yang selalu menjadi moment romantis.

Aneka Spot Foto Kekinian di Pantai Menganti

Pantai ini juga dilengkapi dengan beraneka spot foto kece dan kekinian yang sangat digemari para penggiat selfie. Sebagaimana wisata-wisata baru di berbagai daerah yang populer dengan fasilitas spot foto yang keren, seperti : Jembatan, Skybike (Sepeda Gantung), Balon Udara, dan lain sebagainya. Silahkan simak beberapa spot foto keren berikut ini.

♥ Jembatan Merah

Terdapart spot foto berupa jembatan kayu yang didesain bagus dengan warna cat merah dikombinasikan dengan warna biru di beberapa bagiannya, nampak sangat elegan. Dari atas jembatan tersebut, kamu dapat berselfie dan juga memandangi keindahan laut yang sangat menakjubkan.

spot foto jembatan merah di pantai menganti
Jembatan Merah

♥ Balon Udara

Ini merupakan spot foto berupa balon udara. Jadi, kamu bisa berselfie dengan menaikinya. Berada di samping tebing yang tinggi. Letaknya yang tinggi, juga bisa sebagai spot untuk melihat pemandangan pantai yang mempesona.

spot foto balon udara di pantai menganti
Balon Udara

♥ Skybike

Ini juga merupakan spot foto sekaligus permainan yang populer di berbagai daerah. Spot ini ada di Dago Dream Park Bandung, Coban Rais Batu, Ranggon Hills, dan lain sebagainya. Ini berada di kawasan bibir pantai, dan dari ketinggian kamu dapat menyaksikan keindahan pantai yang sangat menawan.

spot foto skybike di pantai menganti
Skybike

♥ Payung Pantai dan Kasur Angin

Ini dia spot yang nyaman untuk bersantai di tepi pantai. Menyandarkan diri pada kasur angin dan payung besar sebagai tempat berteduhnya, tentu asyik banget. Selain bisa bersantai menikmati panorama pantai yang eksotis, juga keren banget kok sebagai spot foto.

payung dan kasur angin di pantai menganti
Payung dan Kasur Angin

Itulah beberapa spot foto yang bisa kamu gunakan untuk berswafoto. Masih banyak pemandangan bagus lainya yang bisa menjadi pilihan untuk berburu foto. Kamu bisa jalan-jalan mengitari kawasan pantai ini, pasti menyenangkan sekali.

Meskipun foto-foto keindahan alam Pantai Menganti ini sangatlah mempesona, bukan berarti keindahannya hanya dalam bentuk fotografi saja. Pantai ini memiliki keindahan yang nyata, sehingga kini banyak wisatawan yang berlibur di pantai ini untuk menikmati keindahannya. Bila kamu termasuk warga Kebumen, coba deh kepoin pantai satu ini, pasti bikin kau ketagihan untuk selalu berlibur di sana sebab keindahannya sulit untuk dilupakan. Selain sebagai objek wisata yang sangat bagus, pantai ini juga digunakan warga sekitar sebagai tempat untuk mencari nafkah. Yaitu dengan berburu ikan bagi para nelayan. Sebab, di pantai ini banyak sekali ikan-ikan segar yang enak dimakan. Kandungan gizinya tentu sangat tinggi, dan bagus untuk kesehatan. Bila kamu tertarik, bisa mencoba membeli ikan dari hasil tangkapan nelayan, dan dibakar di sana, pasti mantap sekali bukan? Kamu tidak perlu khawatir untuk mencari ikan, sebab di kawasan sekitar sudah ada TPI (Tempat Penjalan Ikan) bagi para nelayan yang menjualnya kepada masyarakat sekitar. Kamu bisa turut serta dalam membeli ikan-ikan segar di sana.

Keindahan Pantai Menganti ini tak luput dari keindahan bukit-bukit yang menghiasinya. Banyak juga berupa tebing-tebing yang tinggi dan kokoh sebagai pelindung dari hempasan omak yang menerpa. Tebing ini disebut sebagai Tebing Bidadari oleh warga sekitar. Selain itu, panorama pantai juga semakin lengkap dengan adanya pohon-pohon kelapa yang berjajar rapi di kawasan bibir pantai. Selain menjadi pemandangan yang bagus, juga sebagai tempat berteduh bagi para pengunjung di siang hari yang kondisinya cukup panas akibat dari trik matahari. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, sebab hmbusan angin di pantai ini lumayan kencang dan sensasinya luar biasa. Sebagaimana pantai-pantai lainnya yang selalu disertai dengan hembusan angin yang membuat nyaman para pengunjung, meskipun di sisi lain cuaca pantai terkenal panas. Ombak di pantai ini juga terbilang tak menentu, tetapi terkadang ombaknya bagus dan pas untuk bermain surfing. Tak banyak yang berani mencoba permainan ekstrim ini, tetapi ada saja yang bermain berselancar. Tentunya bagi para profesional yang sudah ahli dalam permainan tersebut. Bagi yang belum pernah mencoba ataupun belum memiliki keahlian, tentu menganggap permainan tersebut sangatlah berbahaya.

surfing di pantai menganti
Surfing di Pantai

Pantai Menganti menjadi sala satu pantai yang istimewa, sehingga pengunjung yang datang pun tak hanya berasal dari Kebumen saja. Banyak juga yang datang dari luar Kota Kebumen untuk berlibur dan menikmati panorama pantai. Tak sedikit pula yang bermalam di sana, sebab sudah tersedia penginapan-penginapan yang berada di dekat pantai ini.

Lokasi Pantai Menganti Kebumen

Untu lokasinya, pantai cantik ini terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Berikut ini Peta Google yang dapat kamu lihat untuk mengetahui lokasi pantainya.

Harga Tiket Masuk Pantai Menganti Kebumen

Untuk bisa masuk di Pantai Mengati ini, tiket yang harus kamu bayar sangatlah terjangkau. Cukup dengan harga Rp 10.000 kamu sudah bisa berlibur sepuasnya di pantai cantik ini.

Rute Pantai Menganti dari Purwokerto

Dari Purwokerti melewati jalur yang menuju ke Pantai Ayah atau Pantai Logending. Nanti ada dua petunjuk arah, arah ke kanan menuju ke Pantai Ayah, sedangkan bila mengambil arah ke kiri menuju ke Pantai Menganti. Ikuti jalur menuju ke Pantai Menganti, dan kamu akan melewati jalan yang menanjak. Jarak dari sini cukup dekat, yaitu hanya sekitar 4 km saja, tetapi waktu yang dibutuhkan untuk sampai di gerbang Pantai Menganti menghabiskan waktu sekitar 20 sampai 30 menit, sebab akses jalan yang kurang bagus, dan kamu harus berhati-hati.

Bagaimana sobat explorewisata? apakah kamu tertarik untuk berlibur di salah satu Pantai Terindah yang ada di Kebumen ini? bila memang ingin berlibur ke sana, maka sebaiknya diagendakan dari sekarang. Persiapkan segala perlengkapan sebagai bekal, selain itu kamu juga bisa mengajak keluarga tercinta maupaun sahabat terbaik, supaya liburanmu semakin seru, asyik, dan menyenangkan. Selamat liburan yaa…

Baca Juga: Pantai Lagune Lembupurwo Kebumen