Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Rute Curug Ciherang Bogor 2019

Diposting pada
curug ciherang
Curug Ciherang

Kota Bogor memang salah satu kota yang ramai, baik ramai oleh penduduk sekitar dan penduduk pendatang. Hal ini disebabkan kota Bogor memiliki banyak objek wisata, baik alam maupun yang buatan. Objek wisata tersebut banyak menarik perhatian para masyarakat dalam kota maupun luar kota. Objek wisata yang ada di Bogor tersebar dalam beberapa wilayah kecamatan dan desa. Salah satu daerah yang memiliki tempat wisata alam adalah Kecamatan Sukamakmur. Sukamakmur memiliki objek wisata alam yaitu curug ciherang.

Curug indah ini memiliki pemandangan yang tidak kalahnya dengan air terjun lain yang ada di Bogor. Curug ini mampu mendatangkan banyak wisatawan setiap bulannya dengan jumlah yang cukup besar. Dibawah ini akan menjelaskan beberapa uraian tentang keindahan salah satu curug indah di Jawa Barat ini.

Lokasi Curug Ciherang

Curug ciherang terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kota Bogor, Jawa Barat. Curug indah ini berjarak sekita 43 kilometer saja dari pusat kota Bogor. Dari pusat kota Bogor menuju air terjun ciherang membutuhkan waktu kurang lebih selama 2 jam perjalanan. Selama perjalanan anda akan menjumpai berbagai pemandangan alam yang indah. Mulai dari pedesaan kota Bogor yang asri, persawahan yang hijau, dan kebun milik penduduk sekitar.

Tak jarang disela sela perjalanan anda juga akan melihat pemandangan salah satu icon kota Bogor yaitu gunung Gede dan Pangrango. Jika anda datang pada pagi hari atau melewati jalan pada malam hari biasanya jalan akan tertutup kabut dan embun yang berjatuhan. Hawa kota Bogor yang dingin membuat orang orang ingin berkunjung ke kota hujan ini.

Keindahan Curug Ciherang yang Tidak Tertandingi

Semua objek wisata alam yang ada di kota Bogor memiliki daya tarik tersendiri salah satunya adalah curug ciherang. Curug indah ini memiliki ketinggian kurang lebih 3 meter. Curug indah ini memiliki debit air terun yang sangat deras yang membentuk sebuah kolam dibawahnya. Air dari curug ini juga sangatlah dingin yang terasa sampai menembus tulang. Anda bisa bermain air di pinggir kolam air terjun ciherang. Area pinggir kolam dan air terjun ciherang didominasi oleh bebatuan yang memiliki ukuran bermacam macam.

sensasi segarnya air terjun curug ciherang
Menikmati Sensasi Segarnya Air Terjun

Bagi anda yang ingin bermain air, disarankan untuk berhati hati karena batu yang anda pijak sangatlah licin dan berlumut. Curug cantik ini dikelilingi oleh pohon pohon yang rindang. Bisa dibilang curug ciherang letaknya berada disebuah hutan. Tak jarang ada beberapa monyet dan burung yang minum air di curug indah ini. Terlepas dari semua keindahannya, curug ini juga memiliki cerita mistis yang kental.

keindahan curug ciherang
Pesona Keindahan Curug Ciherang

Konon kabarnya jika anda membasuh muka dengan air dari kembaran dari curug cipamingkis ini, anda akan segera mendapatkan jodoh. Cerita mitos ini terkenal di warga sekitar kota Bogor. Maka tak heran para muda mudi banyak yang mengunjungi curug ini. Namun tidak anyak juga orang yang mempercayainya, para pengunjung juga ada yang datang ke curug ini dengan bermaksut hanya untuk berwisata saja. Air terjun ciherang juga memiliki spot lain yaitu rumah pohon. Rumah pohon di curug ini juga dilengkapi oleh jembatan kayu.

rumah pohon ciherang
Rumah Pohon Ciherang

Spot rumah pohon dan jembatan kayu akhir akhir ini menjadi viral karena keindahannya. Banyak para pengunjung yang mengunjung spot ini untuk sekedar berfoto atau berselfi bersama teman atau pasangan. Dari rumah pohon dan jembatan kayu ini anda juga dimanjakan pemandangan air terjun ciherang dan vegetasi di sekitarnya dari atas. Rumah pohon dan jembatan kayu ini sangat cocok dikunjungi oleh anda yang menyukai fotografi karena sangat instagramable.

spot foto rumah pohon ciherang
Spot Foto Rumah Pohon Ciherang

Rute Untuk Menuju Curug Ciherang

Ada banyak rute perjalanan untuk menuju curug indah ini, anda bisa memilih rute sesuai dengan keinginan anda.

Rute Curug Ciherang dari Jakarta

Jika anda datang dari daerah Jakarta atau Depok, anda bisa melewati jalur dari daerah cibinong, lalu melewati carefour dan menemukan flyover. Ambil jalur naik ke flyover lalu ke JL.Ry Mayor Oking Jayaatmadja. Jika anda sudah sampai di daerah Citeurep, lalu dilanjutkan ke Cipanas kemudian Jonggol, anda hanya perlu mengikuti papan petunjuk arah untuk sampai di salah satu destinasi wisata ini.

Rute Curug Ciherang dari Bandung

Jika dari arah Bandung anda bisa melewati Jl.Raya,Cibogo-Ciranjang, kemudian melewati Jl.Cinangsi-Cibogo lalu melewati SPBU Cinangsi. Setelah meewati SPBU Cinangsi, anda hanya perlu mengikuti petunjuk arah untuk mencapai daerah Jonggol.

Harga Tiket Masuk Curug Ciherang

Untuk bisa masuk dan menikmati keindahan dari curug ciherang, anda harus merogoh kocek sebesar 20.000 rupiah per orang untuk membayar tiket masuk. Dengan harga tiket masuk tersebut anda bisa melihat pemandangan air terjun yang sangat indah dengan berbagai fasilitas menarik. Tidak hanya itu, jika anda membawa kendaraan pribadi juga anda akan dikenakan biaya parkir. Untuk biaya parkir sepeda motor sebesar 5000 rupiah saja dan untuk mobil sebesar 10.000 rupiah. Dengan membayar biaya parkir yang sedemikian rupa kendaraan pribadi anda dapat dipastikan aman dan terjaga.

Fasiltas yang Ada di Curug Ciherang

Selain bisa menikmati pemandangannya yang indah, anda juga bisa menikmati fasiltas penunjang. Sama seperti objek wisata yang lainnya, curug ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Anda bisa menikmati beberapa fasilitas seperti toilet umum yang bersih, area parkir yang luas, mushola, gazebo dan taman mini. Jika anda mengunjungi curug ini, anda tidak perlu repot repot untuk membawa bekal makanan.

Pasalnya di area wisata ini sudah banyak berdiri warung makanan dan minuman dengan harga yang murah. Untuk anda yang tidak ingin bermain air anda bisa duduk dan bersantai di gazebo yang sudah disediakan, tapi ingat anda juga harus menyewa gazebo tersebut. Jika anda tidak ingin menyewa gazebo anda bisa membawa tikar dari rumah untuk digelar di area taman kecil yang ada di dekat lokasi air terjun ciherang.

kolam renang di curug ciherang
Fasilitas Baru: Kolam Renang Keren

Ada juga fasilitas baru loh di wisata ini, yaitu berupa kolam renang dengan desain yang bagus dilengkapi spot kapal. Berenang di kolam sangat asyik, apalagi Anda bisa sambil menyaksikan langsung panorama alam sekitar yang indah, seperti: pemandangan perbukitan, gunung, dan persawahan. Untuk masuk dapat menikmati serunya berenang di kolam ini, maka ada paket biaya masuknya sob, yaitu seharga Rp 35.000 (sudah termasuk tiket masuk wisata + berenang di kolam).

bersantai di kolam renang curug ciherang
Bersantai di Kolam Renang

Jam Operasional dan Akses Menuju Curug Ciherang

Air terjun ini buka pada pukul 07.00 sampai denggan 18.00 WIB. Curug indah ini juga buka setiap hari, jadi bagi anda yang ingin mengunjunginya pada hari kerja juga bisa. Untuk menuju lokasi wisata anda harus berjalan kira kira 15 menit dari area parkir. Anda juga harus menyusuri jalan yang sempit dan dipenuhi bebatuan serta sungai sungai kecil. Selama perjalanan anda akan disuguhkan pemadangan hutan yang ditumbuhi vegetasi yang bermacam macam.

Penginapan yang Ada di Dekat Curug Ciherang

Bagi anda yang berminat untuk menginap, anda bisa menyewa beberapa penginapan yang letaknya dekat dengan curug indah ini. Ada beberapa homestay, hotel, villa serta bungalow yang bisa anda pilih untuk menghabiskan waktu bermalam anda. Untuk biaya penginapan, anda hanya perlu menyediakan kocek sebesar 100 sampai 1 juta rupiah saja per malamnya.

Mengunjungi curug ciherang adalah salah satu cara yang ideal untuk menghabiskan waktu liburan anda bersama keluarga. Mengunjungi objek wisata ini disarankan pada waktu musim kemarau karena debit air curug yang tidak terlalu deras dan tanah yang tidak terlalu becek.

Baca Juga: Curug Cipamingkis Sukamakmur bogor

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.