Lokasi dan Harga Tiket Masuk Agrowisata Pango Pango Tana Toraja

Diposting pada
agrowisata pango pango
Agrowisata Pango Pango Tana Toraja

Destinasi kali ini yang sangat memukau adalah Agrowisata Pango Pango Tana Toraja. Di kawasan ini kamu tidak hanya bisa menikmati panorama perkebunan kopi, tetapi juga merasakan sensasi berada di negeri di atas awan ala Tana Toraja. Pango Pango sebagian besar juga berupa hutan yang berada di atas puncak gunung. Sehingga, menjadi panorama yang sangat memanjakan mata.

Agrowisata Pango Pango ini berada di ketinggian 1600-1700 Mdpl, jadi jangan ditanya gimana hawa di sana. Sudah pasti sangat sejuk sob, sensasi dinginnya benar-benar terasa. Yang pasti menjadi destinasi wisata yang asyik banget. Wisata ini mengusung konsep wisata alam dan agrowisata. Cocok buat kamu yang hobi berpetualang atau termasuk para pecinta alam.

Agrowisata Pango Pango ini berjarak sekitar 7 km saja dari pusat Kota Makale – Tana Toraja. Dulunya kawasan puncak ini menjadi tempat untuk meneropong pergerakan musuh bagi para Penjajah (Tentara Jepang). Kini berubah menjadi objek wisata yang sangat memukau, dan orang-orang menyebutnya sebagai wisata negeri di atas awan. Karena kawasan ini sering kali diselimuti kabut putih yang pekat.

Untuk menggapai puncak Agrowisata Pango Pango ini, kamu harus melewati berbagai kawasan, mulai dari kawasan persawahan, perbukitan, sungai dan hutan. Tidak perlu khawatir akan kondisi alam di sana, sebab kondisinya sangat asri dan nyaman. Banyak pepohonan yang rindang menghiasi kawasan ini. Terutama pohon pinus yang besar-besar dan tinggi menjulang. Kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai tempat untuk berteduh, caranya bisa dengan memasangkan hammock yang sudah kamu bawa ke sana. Adanya pohon-pohon pinus ini bermanfaat sebagai tempat berlindung dari panasnya terik matahari, apalagi ketika siang hari.

Dari atas puncak Pango Pango, kamu dapat menyaksikan panorama Kota Makale yang berjajar rapi. Selain itu, dari ketinggian kamu dapat menyaksikan panorama Sunrise ketika pagi dan Sunset saat sore hari. Moment inilah yang biasanya menjadi buruan bagi para petualang yang menggemari fotografi.

pesona keindahan agrowisata pango pango
Pesona Keindahan Agrowisata Pango Pango

Disebut Agrowisata Pango Pango dikarenakan bila ada pengunjung yang datang, maka bisa mengetahui banyak hal seputar pembibitan, penanaman, hingga pemetikan buah-buahan. Produk unggulan Pango Pango sendiri adalah Kopi, sebagaimana yang populer hingga di seluruh pelosok negeri dengan nama Kopi Tana Toraja. Selain kopi, Agrowisata ini juga menghasilkan banyak sayuran, buah coklat, tamarillo, enau, dan lain sebagainya.

Untuk memanjakan para pengunjung, pengelola setempat menyediakan aneka fasilitas seperti area parkir kendaraan, gazebo sebagai tempat bersantai ataupun beristirahat, spot ayunan, gardu pandang, dan lain sebagainya.

gardu pandang agrowisata pango pango
Spot Foto Gardu Pandang
ayunan di agrowisata pango pango
Spot Ayunan yang Asyik

Lokasi Agrowisata Pango Pango Tana Toraja

Buat kamu yang ingin berpetualang mengunjungi Agrowisata Pango Pango, maka lokasi yang bisa kamu tuju adalah Pango Pango, Tana Toraja, Kota Makale, Sulawesi Selatan.

Harga Tiket Masuk Agrowisata Pango Pango Tana Toraja

Sedangkan harga tiket masuk Agrowisata Pango Pangi ini cukup terjangkau, hanya Rp 10.000/orang. Buat kamu yang ingin membawa barang hasil petik di kebun, maka kamu harus membayarnya sob, dengan harga yang ditentukan per kilogramnya.

Baca Juga: Taman Batu Karst Balocci Pangkep Sulawesi Selatan

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.