Lokasi dan Rute Menuju Kawah Ilalang Bondowoso, Panorama Ilalang yang Sangat Mempesona

Diposting pada
kawah ilalang bondowoso
Kawah Ilalang Bondowoso

Mungkin Bondowoso tak segencar Batu dan Malang dalam hal pemberitaan seputar dunia pariwisata. Tetapi bukan berarti Bondowoso tak punya tempat menarik, justru Bondowoso memiliki kawasan yang berpotensi menjadi objek wisata alam yang sangat menarik, sebab kondisi alamnya masih sangat alami dan mengagumkan. Salah satu suguhan alam di Bondowoso yang sangat mempesona adalah Kawah Ilalang.

Kawah Ilalang Bondowoso ini sudah cukup banyak peminatnya. Sebab, foto-foto panoramanya yang indah sudah banyak yang beredar di sosial media. Lokasinya beada tak jauh dari Kawah Wurung yang juga cukup populer di kalangan para pecinta alam. Untuk menggapai kawasan Kawah Ilalang ini membutuhkan perjuangan yang lumayan, sebab akses jalannya masih kurang bagus. Banyak jalanan yang berbatu, berliku, dan menanjak.

Untuk mencapai Kawah Ilalang Bondowoso ini diperlukan persiapan yang matang, mulai dari kesehatan fisik, membawa obat-obatan, memeriksa kondisi kendaraan, dan lain sebagainya. Sebab perjalanan cukup banyak rintangan. Namun selama perjalanan, kamu dapat menyaksikan panorama alam sekitar yang sangat istimew, apalagi bila sudah sampai di kawasan Kawah Ilalang, pasti panorama alamnya tentu sangat luar biasa. Usahakan ketika berangkat ke sana, kondisi cuaca sedang bagus-bagusnya, sehingga pemandangan alam yang bisa kamu nikmati benar-benar bagus.

Di kawasan Kawah Ilalang Bondowoso ini nampak hamparan ilalang yang tumbuh subur. Berwarna hijau yang tentu sangat menyegarkan pandangan. Belum lagi suasana di sana sangat tenang, hembusan angin sepoi sering kali dirasakan. Suhu udaranya juga sangat sejuk, dan juga nampak perbukitan-perbukitan hijau yang sangat memanjakan mata. Pokoknya istimewa banget nih tempat!

Pemandangan alam Kawah Ilalang ini susah banget ditemui di perkotaan yang kebanyakan dipenuhi dengan hunian dan pemukiman penduduk. Belum lagi banyaknya kendaraan yang menimbulkan polusi udara, tentu membuat suasana menjadi penat. Sehingga, mengunjungi wisata alam seperti ini menjadi pilihan yang tepat banget untuk merefresh diri dan pikiran.

panorama kawah ilalang bondowoso
Panorama Kawah Ilalang Bondowoso

Dari hamparan bukit Megasari yang indah, terlihat dengan jelas panorama Gunung Ijen dan juga Gunung Raung. Ya, semua itu adalah lukisan alam yang dimiliki sang Pencipta. Sungguh menakjubkan!

Lokasi Kawah Ilalang Bondowoso

Lokasi kawah Ilalang ini tak jauh kok dari Kawah Wurung. Memang tak sepopuler Kawah Wurung, sehingga lokasinya agak susah ditemukan. Lokasinya terletak di Desa Curah Macan Kecamatan, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Rute Menuju Kawah Ilalang Bondowoso

Kawah Ilalang Bondowoso ini berada di kawasan Gunung Ranti. Rutenya bisa ditempuh dari Banyuwangi menuju ke Kawah Wurung. Melalui pos pendakian Kawah Ijen di Paltuding. Kemudian melewati kawasan Air Terjun Kalipahit, dilanjutkan dengan melewati Pos Keamanan PTPN. Nanti ada petunjuk jalan menuju Kawah Wurung. Ikuti saja jalan tersebut, dan perjalanan pertama memang melalui jalan cor semen, kemudian sebelum sampai di Desa yang dekat dekan Kawah Wurung, silahkan ambil arah ke kiri dan memasuki kawasan perkebunan kopi. Di sana sudah tidak ada petunjuk jalan, jadi kamu bisa bertanya pada warga sekitar. Jalanan menuju ke Kawah Ilalang berupa tanah, jadi kamu harus berhati-hati. Sebaiknya menuju ke sana ketika cuaca sedang bagus, sebab bila hujan jalanan menjadi becek dan agak susah. Kamu bisa menuju ke Kawah Ilalang ini dengan menggunakan kendaraan roda dua atau juga dengan berjalan kaki. Bila menggunakan kendaraan roa dua, nanti ada gubuk sebagai area parkir. Dimana ditarik biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk setiap motor.

Baca Juga: Kawah Wurung Bondowoso

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.