Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Curug Cipamingkis Bogor

Diposting pada
curug cipamingkis
Curug Cipamingkis Bogor

Tidak diragukan lagi Bogor memang menjadi salah satu kota yang memiliki banyak obyek wisata alam maupun buatan. Obyek wisata alam dan buatan yang ada di kota Bogor mampu menarik perhatian masyarakat dalam kota maupun luar kota. Obyek wisata di Bogor tersebar di dalam beberapa wilayah kecamatan maupun desa yang ada di kota hujan ini. Salah satunya adalah di Jonggol yaitu curug cipamingkis.

Curug cipamingkis merupakan salah satu curug terkenal yang ada di kota Bogor. Curug ini memiliki keindahan alam yang mampu membuat siapa saja ingin datang mengunjunginya. Selain memiliki disuguhkan berbagai keindahan alam, jika anda mengunujungi curug ini juga akan mendapatkan beberapa manfaat dan kelebihan.

Lokasi Curug Cipamingkis

Curug indah ini terletak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Jarak curug cipamingkis dari pusat kota Bogor kira kira sejauh 50 kilometer saja. Yang akan memakan waktu sekitar 90 sampai 120 menit. Bila anda datang ke curug indah ini anda akan disuguhkan pemandangan yang indah. Memang pada awalnya anda harus melewati jalanan tol Jagorawi yang membosankan. Namun pada waktu anda sudah memasuki pedesaan mata anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang indah.

Anda akan menjumpai area pedesaan Wargajaya yang tersusun rapi. Tidak hanya itu anda juga akan melihat area persawahan luas yang menghijau. Jika anda datang di pagi hari, tak jarang anda juga akan melihat jalan pedesaan yang ditutupi oleh kabut tebat dan embun yang berjatuhan. Hawa sejuk yang cenderung dingin di curug ini juga mampu menarik perhatian para masyarakat untuk berkunjung.

Keindahan Curug Cipamingkis yang Mempesona

Obyek wisata curug cipamingkis merupakan destinasi wisata yang memiliki luas yang cukup besar yaitu sekitar 16,50 hektar. Tidak hanya itu curug indah ini juga memiliki cukup ketinggiaan yaitu 10 sampai 15 meter. Untuk anda yang sedang penat atau memiliki beban pikiran yang banyak, sangat disarankan untuk mengunjungi curug ini. Hal ini dikarenakan curug ini memiliki hawa yang sejuk dan cenderung dingin yaitu 19 sampai derajat celcius. Bagaimana tidak, curug indah ini letaknya 900 meter diatas permukaan air laut.

Tidak hanya bisa merasakan hawa sejuk di curug ini, anda juga akan disuguhi pemandangan yang indah. Anda akan disuguhkan pemandangan air terju yang menjulang tinggi, bebatuan yang ada di pinggir ari terjun, ribuan pohon pinus dan vegetasi yang lainnya. Curug eksotis ini letaknya masih dibilang berada ditengah tengah hutan yang masih asri. Saking derasnya air curug ini, ada sebuah kolam dibawah curug ini yang menampung semua air yang turun.

Nah di kolam ini, anda bisa berenang atau sekedar bermain air saja. Rasa air yang dingin pastinya mampu membuat para pengunjung betah berlama lama berendam di kolam tersebut. Curug eksotis ini juga kental akan hawa mistisnya. Konon jika orang yang belum memiliki pasangan atau jodoh didalam hidupnya, jika dia berenang di dalam kolam air terjun curug ini, dia akan segera mendapatkan jodoh.

Maka tak heran banyak orang yang berbondong bondong datang ke curug ini untuk berenang di kolamnya. Tidak hanya itu konon ada seekor siluman naga yang turun dari langit yang bertugas untuk menjaga curug ini agar tidak ada orang yang merusaknya. Jadi disarankan jika anda datang ke curug ini, anda harus menjaga ucapan dan segala perbuatan. Hal ini dikarenakan banyaknya penunggu disini yang tidak suka jika ada yang berbuat tidak benar.

Rute Menuju Curug Cipamingkis

Untuk anda yang ingin berkunjung ke curug cipamingkis, anda bisa melewati rute jalur perjalanan seperti dibawah ini.

Rute 1

Bagi anda yang berasal dari kota Depok dan sekitarnya, anda bisa melewati daerah Citereup atau Sentul. Jika anda melewati daerah Sentul, anda harus melewati depan Gate Sentul Cicuit lalu belok ke arah kiri hingga bertemu JL.Anyar. Anda juga harus melewati SGPP, SDN 1 Citeeup dan Pesantren AL-Falah. Lalu anda akan menemukan papan petunjuk arah untuk sampai di tempat tujuan

Rute 2

Bagi anda yang berasal dari kota Jakarta, anda bisa melewati Tol Jagorawi, lalu ke Tol JOOR kemudian berjalan lurus sampai di exit Gunung Putri. Anda harus melewati Mayor Oking dan Pasar Baru Citereup. Kemudian anda harus mengikuti petunjuk arah untuk sampai di daerah Jonggol dan JL.Kp Ciherang.

Harga Tiket Masuk Curug Cipamingkis

Untuk bisa menikmati pemandangan air terjun cipamingkis, anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah saja. Harga yang cukup murah tentunya untuk dijangkau semua kalangan masyarakat dari kelas atas hingga kelas menengah. Dengan mengeluarkan uang sebesar 10.000 rupiah saja anda sudah bisa menikmati indahnya pemandangan salah satu curug yang ada di Bogor ini. Tidak hanya itu, bagi yang membawa kendaraann pribadi anda diharuskan membayar parkir sebesar 5000 rupiah untuk sepeda motor dan 10.000 rupiah untuk mobil.

Fasilitas yang Ada di Curug Cipamingkis

Selain menyediakan pemandangan yang sangat indah dan memukau, curug indah ini juga memiliki fasilitas penunjang. Fasilitas yang tersedia di curug ini antara lain seperti area pasrkir yang luas, mushola, toilet umum dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu di area air terjun cipamingkis juga telah disediakan beberapa warung yag menyediakan berbagai kudapan makanan.

Jadi anda tidak perlu khawatir lagi jika merasa lapar atau haus. Bagi anda yang hobi berfoto, curug ini juga menyediakan beberapa spot foto yang sangat indah seperti taman barathayuda, stone garden, jembatan cinta dan perahu asmara. Beberapa tempat tersebut bisa anda jadikan sebagai spot berfoto yang pastinya instagramable. Selain itu di air terjun ini juga menyediakan area bermain seperti outbound.

spot foto instagramable di curug cipamingkis
Spot Foto Gardu Pandang I LOVE U
spot foto perahu di curug cipamingkis
Spot Foto Perahu
spot foto bintang di curug cipamingkis
Spot Foto Bintang
spot foto jembatan cinta di curug cipamingkis
Spot Foto Jembatan Cinta

Jam Operasional Curug Cipamingkis

Curug indah ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan 18.00. Untuk anda yang berminat datang ke curug indah ini, disarankan anda datang pada musim kemarau. Pasalnya jika pada musim penghujan, debit air curug ini sangatlah deras dan cenderung keruh.

Penginapan yang Ada di Curug Cipamingkis

Bagi anda yang ingin menikmati keindahan curug cipamingkis dengan puas, anda bisa menginap di beberapa penginapan yang ada. Ada banyak penginapan yang terdapat di dekat curug seperti homestay, hotel, villa, bungalow. Untuk anda yang berminat untuk menginap di penginapan dekat curug ini anda harus menyediakan budget sebanyak 200 sampai 1 juta rupiah saja. Dengan harga yang demikian, anda bisa menikmati banyak fasilitas yang disediakan seperti tempat tidur, toilet, sarapan pagi atau makan malam. Pilihlah penginapan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan anda. Hal ini dikarenakan agar anda tidak kecewa dan menyesal setelah menyewanya.

Obyek wisata alam curug cipamingkis sangat cocok dikunjungi pada musim liburan atau weekand. Anda bisa mengunjungi obyek wisata ini dengan keluarga atau pasangan anda. Usahakan anda mempersiapkan kesehatan tubuh anda sebelum melakukan liburan agar bisa menikmati liburan anda dengan maksimal.

Baca Juga: Curug Hordeng Sukamakmur Bogor

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.