Tiket Masuk, Lokasi dan Rute Menuju Gumuk Reco Sepakung Banyubiru Semarang

Diposting pada
gumuk reco sepakung
Gumuk Reco Sepakung Banyubiru Semarang

Semarang adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki daftar tempat wisata favorit. Ada banyak tempat-tempat wisata di Semarang yang sayang untuk dilewatkan, terutama wisata alamnya yang sebagian besar memiliki keindahan yang nyata dan juga memiliki aneka spot foto yang kekinian. Ini bisa dilihat di kawasan Banyubiru, tepatnya di Desa Sepakung, terdapat objek wisata yang hits banget di sosial media, salah satunya yaitu Gumuk Reco Sepakung. Wisata ini kini sedang menjadi buruan bagi para penghobi selfie, sebab banyak spot-spot cakep di sana untuk berswaselfie.

Gumuk Reco Sepakung Banyubiru ini masih termasuk dalam kategori wisata baru, sebab baru dibangun pada tanggal 15 Oktober 2017. Wisata ini cocok banget buat para pecinta alam maupun para penghobi petualangan, sebab akses jalan menuju ke lokasi cukup menantang. Wisata ini asyik banget sebagai tempat berlibur saat liburan. Dengan berlibur di sana, kamu dapat menikmati panorama alam yang masih alami dan sangat mengagumkan. Terlihat hamparan perbukitan yang hijau karena dipenuhi dengan pepohonan yang rindang. Ini menjadi pemandangan tersendiri yang begitu memanjakan mata.

Dari kawasan wisata Gumuk Reco Sepakung ini kamu bisa melihat dengan jelas keagungan Gunung Merbabu. Tidak hanya itu saja, suasana di sana sangat nyaman, udaranya sangat sejuk. Pokoknya sip banget deh sebagai tempat refreshing. Bila kamu setiap harinya melakukan aktivitas di perkotaan, maka mengunjungi wisata alam seperti ini akan menjadi momen yang sangat spesial. Sebab, susah sekali mencari tempat wisata seperti ini di perkotaan.

Desa Wisata Sepakung sendiri terbagi menjadi berbagai kawasan, mulai dari kawasan Kali Kulon, Cemoro Sewu, dan juga Gumuk Reco. Bila kamu tertarik untuk mengunjungi Gumuk Reco, maka kamu harus tahu lokasi dan rutenya sob. Perlu kamu tahu, Gumuk Reco Sepakung ini punya spot yang cukup ekstrim loh, yaitu berupa ayunan. Ayunan ini ketinggiannya mencapai 800 meter, tentu dapat memicu adrenalinmu sob. Spot ayunan ini agak mirip dengan yang ada di wisata Bali Swing. Dengan memang spot seperti ini sedang hits di berbagai daerah, terutama daerah berdataran tinggi. Buat kamu yang ingin mencoba permainan ekstrim tersebut, maka tidak perlu khawatir, sebab sudah dijamin keamanannya buat para pengunjung sesuai dengan standar yang berlaku.

Selain spot ayunan, di sana juga ada spot rumah pohon yang menjadi spot favorit bagi para pengunjung untuk berswaselfie. Rumah pohon tersebut ketinggiannya mencapai 17 meter, dengan jembatan kayu yang menghubungkannya sepanjang 15 meter. Dari atas spot tersebut, kamu dapat melihat kedalaman jurang yang cukup mengerikan. Ada juga spot sarang burung yang cakep banget sob, yang pasti asyik banget bisa bersenang-senang di wisata alam Sepakung ini. Buat kamu yang berada di Semarang, coba didatangi sob.

ayunan di gumuk reco sepakung
Spot Ayunan Ekstrim
rumah pohon dan jembatan kayu di gumuk reco sepakung
Spot Rumah Pohon dan Jembatan Kayu
sarang burung di gumuk reco sepakung
Spot Sarang Burung

Lokasi Gumuk Reco Sepakung Banyubiru

Lokasi wisata alam ini terletak di Dusun Kenongo, Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dari pusat Kota Semarang, jaraknya sekitar 35 km saja. Sedangkan jarak dari area parkir hanya 300 meter, dan kamu harus trekking dengan berjalan kaki untuk sampai di lokasi.

Rute Menuju Gumuk Reco Sepakung Banyubiru

Rute dari pusat Kota Semarang bisa melewati Ambarawa. Setelah sampai di Pertigaan Bawen, ambil arah ke kanan melalui Jalan Lingkar Ambarawa. Ikuti saja jalan itu hingga menemukan lampu merah, selanjutnya silahkan ambil arah ke kiri. Lurus terus, kemudian menemukan Pertigaan yang dekat dengan Pasar Legi, tinggal ambil arah ke kiri. Yang terakhir ikuti saja jalan itu hingga sampai lokasi.

Harga Tiket Masuk Gumuk Reco Sepakung Banyubiru

Untuk masuk wisata Gumuk Reco ini kamu harus membayar biaya tiket. Harga tiket masuk murah banget kok, cuma Rp 5.000 per orang. Selain itu, kamu juga harus membayar biaya parkir seharga Rp 2.000 saja.

Baca Juga: Desa Wisata Sepakung Banyubiru Semarang

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.