Tiket Masuk, Lokasi dan Rute Menuju Hutan Pinus Kalilo Kaligesing Purworejo

Diposting pada
hutan pinus kalilo
Hutan Pinus Kalilo Purworejo

Wisata alam hutan pinus belakangan ini sedang menjadi trend di berbagai dareah. Sebut saja berbagai wisata seperti Hutan Pinus Pengger yang ada di Jogja, Hutan Pinus Kragilan ada di Magelang, dan juga yang kita bahas kali ini yaitu Hutan Pinus Kalilo ada di Purworejo. Yang menjadikan wisata hutan pinus bukanlah sekedar hutan pinus biasa, tetapi di sana memiliki panorama alam yang sangat luar biasa, selain itu juga dilengkapi dengan spot selfie yang keren banget sob. Oleh karena itulah wisata hutan pinus sangat digemari wisatawan masa kini yang gemar berburu foto selfie.

Hutan Pinus Kalilo ini masih terbilang wisata baru, dan hingga kini masih cukup banyak peminatnya. Ketika hari libur tiba, banyak warga Purworejo yang berbondong-bondong mendatangi kawasan wisata untuk untuk refreshing. Adapun aktifitas yang paling favorit di hutan pinus ini adalah berswafoto. Sebab, terdapat banyak spot foto yang cakep dan memikat hati. Belum lagi panorama alam sekitar yang terlihat begitu mempesona, tentu sangat enak dipandang. Menjadikan liburan semakin asyik, pas banget untuk bersantai dan merileksasikan diri di sana.

Hutan Pinus Kalilo ini mulai dibuka pada wal tahun 2017. Hutan tersebut sebenarnya milik Perhutani yang bisa dimanfaatkan getahnya. Namun, Karang Taruna di desa setempat beriniasiatif untuk mengembangkan kawasan hutan menjadi objek wisata yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Tidak hanya menguntungkan bagi warga setempat saja, tetapi juga menjadi destinasi liburan yang menyenangkan bagi warga Purworejo dan sekitarnya.

Bila kamu mengunjungi Hutan Pinus Kalilo ini, maka kamu bisa menyaksikan pesona keindahan alam yang sangat mengagumkan. Tersedia spot rumah pohon dan gardu pandang untuk berselfie. Selain itu, dari ketinggian kamu dapat menyaksikan panorama alam berupa hamparan perbukitan yang berwarna hijau, dikarenakan ditumbuhi banyak pohon yang rindang. Sehingga dari kejauhan terlihat hijau dan memanjakan mata.

pesona keindahan alam perbukitan yang hijau di hutan pinus kalilo
Pesona Keindaan Alam Perbukitan yang Hijau
panorama hutan pinus kalilo
Panorama Hutan yang Rindang
spot foto rumah pohon hutan pinus kalilo
Spot Foto Rumah Pohon Keren

Bila kamu termasuk orang yang hobi berburu spot foto, maka harus selalu berhati-hati sob. Sebab banyak juga area yang cukup berbahaya, seperti pinggiran jurang. Maka dari itu, dibangun spot khusus untuk berfoto di pinggiran jurang. Jadi, supaya tidak sembarangan mengambil angle foto yang diinginkan.

spot foto hutan pinus kalilo
Spot Foto Gardu Pandang
spot foto kece di hutan pinus kalilo
Spot Foto Gardu Pandang Kece

Hutan Pinus Kalilo sempat viral di sosial media, karena memang foto-foto yang beredar sangatlah memukau. Panorama alam terlihat menawan dan menjadi daya tarik bagi netizen untuk mendatanginya. Buat kamu yang ingin mengunjungi tempat yang elok ini, maka silahkan lihat lokasinya di bawah ini.

panorama alam hutan pinus kalilo yang snagat menawan
Panorama Alam Hutan Pinus yang Sangat Menawan

Lokasi Hutan Pinus Kalilo Purworejo

Lokasi wisata ini terletak di Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Jarak dari Kota Purworejo sekitar 14 km saja, bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi.

Rute Menuju Hutan Pinus Kalilo Purworejo

Untuk rute menuju Hutan Pinus Purworejo ini dimulai dari Kota Purworejo langsung menuju ke arah Kaligesing. Kemudian melewati Jalur Alternatif Jogja yaitu Jalur Godean. Lurus terus hingga menemukan papan petujuk Wisata Hutan Pinus Kalilo. Selanjutnya tinggal ikuti saja jalur tersebut hingga sampai lokasi.

Bila dari Jogja, bisa melewati Jalur Godean yang menuju ke arah Kulon Progo. Lurus terus, bila menemui Perempatan Kenteng, masih lurus terus hingga sampai di kawasan Goa Kiskendo. Masih lurus ke arah barat sekitar 1,7 km, dan mengikuti papan petunjuk wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Kalilo Purworejo

Masih belum ada biaya khusus untuk tiket masuknya sob. Biaya tiket masih secara sukarela buat yang ingin memberikan sumbangan dengan ikhlas. Kamu cukup membayar biaya parkir motor seharga Rp 2.000 saja.

Baca Juga: Bukit Patihan Bruno Purworejo

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.