Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Curug Malela Bandung

Posted on
curug malela
Curug Malela Bandung

Provinsi Jawa Barat memang terkenal dengan berbagai obyek wisatanya. Obyek wisata di Jawa Barat terbagi menjadi dua yaitu obyek wisata alam dan buatan. Anda bisa menemukan banyak obyek wisata di Jawa Barat salah satunya di Bandung. Tidak diherankan lagi bahwa kota Bandung memang termasuk salah satu kota metropolitan dan sering juga disebut “Paris Van Java”. Obyek wisata yang ada di kota Bandung tersebar dalam beberapa wilayah kecamatan salah satunya ada di Cianjur. Ada banyak obyek wisata alam yang ada di Cianjur salah satunya adalah curug malela.

Curug Malela adalah salah satu destinasi alam yang berupa air terjun. Curug ini memilliki keindahan yang luar biasa. Jadi tak heran banyak para pengunjung yang datang untuk mengunjungi curug ini. Para pengunjung yang datang tidak hanya dari dalam kota saja, namun juga dari luar kota seperti DKI jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat dan masih banyak lagi.

Lokasi Curug Malela

Curug indah ini sebenarnya terletak di beberapa daerah perbatasan yaitu Kabupaten Cianjur, Kampung Mangdid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Untuk bisa sampai di curug malela anda harus menempuh jarak yang cukup jauh kira kira membutuhkan waktu 3 jam jika dari Kabupaten Cianjur, sedangkan jika dari pusat kota Bandung memerluka waktu 2 jam saja.

Jika anda mengunjunginya melalui Cianjur, anda akan disuguhkan banyak pemandangan alam yang sangat asri seperti persawahan yang hijau, desa desa kecil, dadn area perkebunan. Tidak hanya itu, jika anda datang dari kota Bandung juga akan melewati jalanan perbukitan yang naik turun dan berkelok kelok serta hamparan sawah yang menguning dan hijau. Jika anda datang diwaktu yang tepat, anda juga bisa melihat keindahan Gunung Kendeng yang merupakan icon dari kota Cianjur.

Cantiknya Pesona yang Dimiliki Curug Malela

Curug malela memiliki ketinggian yang cukup tinggi yaitu sekitar 60 sampai 70 meter. Namun curug ini memiliki lebar yang cukup sempit yaitu sekitar 50 meter saja. Curug yang menjulang tinggi ini memiliki air yang sangat deras dan dingin. Jadi jika anda berdiri di dekat air terjun ini siap siap pakaian anda akan basah terkena cipratan air. Air terjun malela tidak hanya terdiri dari satu pancuran air saja, namun terdiri dari beberapa pancuran air yang berdekatan. Karena curug ini memiliki pancuran air yang berjejeran seperti air terjun niagara yang ada di Amerika, banyak para pengunjung yang menyebutnya sebagai “niagara nya Cianjur”.

pesona keindahan curug malela
Pesona Keindahan Curug Malela

Air yang deras membuat curug ini memiliki kubangan air atau kolam dibawahnya. Anda juga bisa berenang di dalam kolam ini. Air kolam yang memiliki rasa sejuk cenderung dingin membuat para pengujung tertarik untuk berenang didalamnya. Namun bagi anda yang tidak bisa berenang, tidak disarankan untuk berenang di dalam kolam ini. Pasalnya kolam dibawah curug malela ini cukup dalam yaitu sekitar 1,5 sampai 2 meter.

panorama curug malela yang memanjakan mata
Panorama Curug Malela yang Memanjakan Mata

Dasar kolam yang berupa tanah dan bebatuan kecil juga dapat membuat kaki anda mudah masuk kedalamnya. Bagi anda yang tidak bisa berenang disarankan hanya bermain air dipinggir kolam saja. Di sekitar pinggir kolam curug juga terdapat banyak bebatuan yang menambah keindahannya. Jika anda beruntung, anda bisa melihat beberapa ekor monyet yang turun dari hutan untuk minum di curug ini. Curug atau air terjun malela dikelilingi oleh hutan yang lumayan rimbun jadi tidak heran banyak hewan hutan yang berlalu lalang. Curug ini sangat cocok dikunjungi bag anda yang suka berfoto foto dan update di sosial media.

pemandangan curug malela yang mengagumkan
Pemandangan Curug Malela yang Mengagumkan

Rute Menuju Curug Malela

Untuk bisa sampai di curug malela anda bisa melewati beberapa rute perjalanan seperti:
Dari kota Cimahi menggunakan kendaraan pribadi

Pertama tama anda harus menuju ke Batujajar lalu ke arah Cihampelas. Jika sudah sampai di daerah Cihampelas anda harus menuju ke Cililin lalu ke Sindang Kerta. Setelah sampai di Sindang Kerta anda harus mengikuti petunjuk arah untuk sampai di Gunung Halu. Jika sudah sampai di daerah Gunung Halu anda hanya berjalan lurus untuk sampai di salah satu destinasi terkenal ini.

Dari kota Bandung menggunakan kendaraan pribadi

Jika anda berangkat dari kota Bandung, anda harus menuju ke arah terminal Ciroyom. Setelah anda sampai di terminal Ciroyom, anda kemudian harus menuju daerah Buni Jaya dengan melewati daerah Ciroyom, Cililin, Sindang Kerta, dan Gunung Halu.

Harga Tiket Masuk Curug Malela

Untuk bisa menikmati keindahan pemandangan alam dari air terjun malela, anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar 5000 rupiah saja. Dengan 5000 rupiah, anda bisa menikmati banyak keindahan alam seperti hutan yang asri. Dengan harga yang murah meriah, anda juga menikmati beberapa fasilitas penunjang. Harga tiket 5000 rupiah tentunya dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat, mulai dari masyarakat kelas bawah sampai atas. Anda juga akan dikenakan biaya parkir sebesar 5000 rupiah untuk motor dan 8000 rupiah untuk mobil. Sangat terjangkau bukan?

Fasilitas yang Ada di Curug Malela

Selain memiliki harga tiket yang murah dan pemandangan alam yang indah, curug inijuga memiliki beberapa fasilitas penunang. Fasilitas yang ada di curug indah ini berupa toilet umum, area parkir yang luas, dan beberapa warung makan. Namun fasilitas yang ada di curug ini tidak terlalu terawat karena akses untuk mencapai lokasi curug ini cukup sulit. Warug makan yang tersedia di curug indah ini menyediakan banyak aneka makanan dan minuman seperti soto, mie instan, dan masih banyak lagi.

Akes dan Jam Operasional Curug Malela

Untuk mencapai lokasi salah satu curug yang ada di Cianjur ini, sesampainya anda di area parkir anda harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki dengan menempuh jarak kurang lebih dua kilometer. Anda akan melewati setapak kecil yang berbatu dan memiliki kontur naik turun. Selama anda di perjalanan menuju lokasi air terjun malela, anda akan disuguhkan hamparan hutan yang cukup lebat. Tak jarang anda juga melihat beberapa monyet yang bergelantungan diatas pohon. Curug ini juga buka setiap hari pada pukul 08.00 sampai pukul 17.00.

Penginapan yang Ada di Curug Malela

Bagi anda yang ingin menikmati curug malela dengan puas, anda bisa menginap di penginapan yang ada di dekat lokasi obyek wisata ini. Tidak banyak penginapan yang ada di dekat curug ini. Namun anda bisa menyewa suatu villa atau sebuah kamar yang disewakan oleh penduduk desa terdekat. Jika anda ingin menginap di hotel yang memiliki fasilitas lengkap, anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 5 kilometer. Anda cukup menyediakan uang sebesar 200 sampai 800 ribu saja untuk menginap di salah satu hotel atau penginapan yang ada.

Curug malela sangat cocok dikunjungi pada saat musim kemarau karena tidak memiliki debit air yang cukup deras. Untuk anda yang ingin berkunjung ke salah satu destinasi wisata ini anda harus mempersiapkan tenaga yang cukup besar.