Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Curug Maribaya Bandung

Diposting pada
curug maribaya
Curug Maribaya Bandung

Jawa Barat khususnya Lembang memiliki banyak obyek wisata alam yang pastinya bisa menjadi bahan refresing bagi anda yang penat akibat kegiatan sehari hari. Tidak hanya itu, hawa sejuk di Lembang ini dapat membuat anda betah berlama lama di daerah ini. Salah satu obyek wisata alam di Lembang yang anda bisa kunjungi adalah curug maribaya.

Lembang merupakan salah satu kecamatan yang terletak di daerah Bandung Barat. Meskipun luasnya tidak seberapa, Lembang merupakan salah satu destinasi terkenal dan ramai pengunjung. Seperti daerah wisata lainnya, Lembang juga memiliki banyak spot atau obyek wisata menarik yang menjadikannya daya tarik tersendiri. Tiap taunnya Lembang juga dapat meraup wisatawan sebanyak ratusan sampai ribuan orang.

Lokasi Curug Maribaya

Curug Maribaya letaknya ada di kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Untuk bisa sampai di destinasi wisata alam ini anda harus menempuh perjalanan selama 15 kilometer dari pusat kota Bandung. Kira kira anda membutuhkan waktu selama 45 sampai 60 menit untuk sampai di curug indah ini. Pada saat menuju ke lokasi obyek wisata maribaya ini anda akan dimanjakan pemandangan alam yang sangat indah yanng berupa persaawahan yang hijau. Tidak jarang selama perjalanan anda juga bisa menjumpai kabut tebal dan embun embun yang bertebaran.

Curug atau air terjun Maribaya memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter. Keinggian curug ini menambah daya tarik tersendiri untuk para pengunjung. Hempasan air terjun yang tinggi ddapat membuat tubuh anda basah jika berdiri di dekatnya. Di curug ini anda juga bisa melihat banyak bebatuan dengan berbagai ukuran. Bebatuan yang besar dan kecil menambah keindahan tempat ini. Namun anda juga perlu berhati hati saat berlajan atau duduk di atas batu. Pasalnya batu yang terkena cipratan air terjun cenderung licin dan berlumut.

Pesona dan kelebihan yang dimiliki Curug Maribaya

Pada era yang modern ini, telah banyak anak anak jaman sekarang atau serin disebut kids jaman now suka dan gemar sekali berfoto di pemandangan alam. Bagi anda yang ingin berfoto di pemandangan alam, anda bisa datang ke salah satu obyek wisata Curug Maribaya ini. Curug yang memiliki ketinggian 15 meter dapat membuat anda betah berlama lama berada disana.

pesona keindahan curug maribaya
Pesona Keindahan Curug Maribaya

Hawa sejuk yang cenderung dingin di curug ini juga dapat menenangkan pikiran anda yang sedang kacau. Curug ini sebenarnya adalah gabungan dari 3 curug berukuran sedang yaitu curug Cigulung, curug Cikawari, curug Cikolelang. Sumber air dari air terjun maribaya berasal dari dua aliran sungan besar di Kabupaten Banung Barat. Kedua sungai itu sering disebut oleh warga sekitar dengan nama sungai Cigulung dan sungai Cikawari.

pemandangan curug maribaya yang mengagumkan
Pemandangan Curug Maribaya yang Mengagumkan

Tidak hanya dapat melihat ketingggiannya saja, pengunjung juga dapat menikmati kesegaran dari air terjun maribaya. Anda bisa menikmati kesegaran airnya dengan cara berenang di kolam penampungan air curug. Kolam penampungan air dari curug indah ini cukup dalam, jadi jika ada tidak bisa berenang disarankan tidak berenang di kolam ini. Namun disarankan jika anda ingin berenang di area kolam curug, pada saat musim kemarau. Pasalnya jika anda berenang pada musim hujan, air kolam dari curug ini sangat keruh akibat banyaknya lumpur.

Rute menuju Curug Maribaya

Ada beberapa rute untuk menuju curug Maribaya, seperti:

Rute via Dago Atas

Rute pertama untuk sampai di salah satu curug indah ini adalah cia Dago Atas. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor atau kendaraan umum seperti bis atau angkot. Dari arah terminal Dago anda akan menemukan sebuah pertigaan jalan. Dari pertigaan jalan tersebut anda belok kiri mengarah pada daeraj Dago Giri. Anda hanya perlu berjalan lurus sampai tiba di daerah Lembang lalu Maribaya. Anda tidak perlu khawatir akan tersesat karena banyak sekali papan penanda jalan menuju curug atau air terjun maribaya.

Rute via Dago Ciumbeleuit

Rute yang selanjutnya adalah melewati Dago lalu menuju Ciumbeleuit. Setelah sampai di Ciumbeleuit anda menuju Punclut lalu mengikuti petunjuk arah jalan menuju Lembang. Jika sudah sampai di Lembang anda bisa lurus terus untuk sampai di Maribaya.

Rute via Jalan Setia Budi

Dari arah Dago anda menuju Jalan Setia Budi yang ada didekat Ledeng atau UPI, kemudian lurus kearah Lembang lalu dilanjutkan ke daerah Maribaya. Cukup mudah bukan?

Harga tiket masuk Curug Maribaya

Untuk bisa menikmati keindahan pemandangan, anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar 8000 rupiah saja per orangnya. Dengan harga tiket yang murah ini anda bisa menikmati keindahan pemandangan dan fasilitas umum yang disediakan. Dengan harga yang terjangkau tersebut tentunya keindahan curug ini bisa dinikmati oleh setiap golongan, mulai dari kelas bawah hingga kelas atas. Jika anda membawa kendaraan pribadi seperti mobil akan dikenakan biaya parkir sebesar 20.000 rupiah saja, sedangkan untuk motor hanya 5000 rupiah saja.

Fasilitas yang ada di Curug Maribaya

Selain memiliki pemandangan yang indah dan hawa yang sejuk, curug indah ini juga dilengkapi beberapa fasilitas penunjang seperti area parkir yang luas dan aman, toilet yang bersih, mushola dan masih banyak lainnya. Jika anda merasa lapar atau haus, anda tidak perlu bingung membeli makanan dan minuman dimana, karena di curug ini juga disediakan beberapa cafe dan resto. Cafe dan resto disini menyediakan berbagai kudapan yang lezat dengan harga yang terjangkau. Namun jika anda hanya ingin bersantai di curug eksotis ini, anda juga bisa duduk di gazebo atau kedai yang telah disediakan.

Jam operasional obyek wisata alam curug maribaya

Curug ini memiliki jam buka operasional mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 22.00 dan buka setiap hari. Jadi bagi anda yang ingin mengunjungi curug ini tidak perlu khawatir akan tutup karena selalu buka setiap hari pada jam tertentu. Bagi anda yang ingin mengunjunginya disarankan berkunjung pada musim kemarau. Pasalnya pada musim kemarau debit air dari curug ini tidak terlalu deras berbeda dengan musim penghujan.

Penginapan yang ada di dekat Curug Maribaya

Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu di Curug Maribaya atau di destinasi wisata lainnya anda bisa menyewa penginapan dengan harga yang cukup murah. Penginapan di area komplek air terjun Maribaya hanya dipatok seharga 300 ribu sampai 800 ribu saja permalamnya. Dengan harga yang terjangkau tersebut, anda bisa menikmati berbagai fasilitas hotel bintang 3 sampai bintang 4. Ada banyak hotel dan homestay yang ada di sekitar curug indah ini. Anda bisa memilih salah satu hotel atau homestay tersebut sesuai dengan keinginan anda.

Berkunjung ke curug maribaya sangat cocok untuk mengisi waktu luang pada saat liburan. Selain harganya murah curug ini memiliki banyak fasilitas penunjang yang tak kalah menariknya dengan destinasi wisata lain. Jadi tunggu apa lagi? Segeralah datang ke salah satu curug indah yang ada di Lembang ini.

Baca Juga: The Lodge Maribaya Lembang Bandung

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.