Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Klayar Pacitan

Diposting pada
pantai klayar
Pantai Klayar Pacitan

Provinsi Jawa Timur memang terkenal memiliki aneka kebudayaan daerah yang kental dan beragam destinasi wisata alam. Destinasi wisata alam tersebar di beberapa kabupaten atau kota di provinsi Jawa Timur salah satunya adalah Pactian. Pacitan memiliki banyak destinasi alam yang sudah terkenal seperti Goa Gong dan pantai Teleng Ria. Tidak hanya itu, kota Pacitan juga memiliki obyek wisata baru yang berupa pantai yaitu pantai klayar.

Eksistensi pantai klayar memang belum terkenal seperti Goa Gong dan pantai Teleng Ria. Namun jangan salah, pantai ini juga memiliki keindahan yang sangat indah. Para pengunjung yang pernah berwisata ke pantai ini sering berkata bahwa keindahan pantai ini hampir sama seperti pantai pasir putih yang ada di Bali. Pantai ini masih dalam tahap pengembangan pemerintah dan penduduk sekitar.

Lokasi dan Akses Pantai Klayar

Pantai klayar terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, provinsi Jawa Timur. Jarak pantai klaya dengan pusat kota Jawa Timur yaitu Surabaya adalah 302,9 kilometer. Anda membutuhkan waktu sekitar 7 sampai 8 jam untuk sampai di pantai ini. Kemudian jika anda datang dari DIY, anda harus menempuh perjalanan selama 3 jam dengan jarak 102,4 kilometer. Lebih dekat bukan? Namun jika anda penduduk asli kota Pacitan, anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 1 jam dengan jarak temuh 34 kilometer saja.

Untuk bisa sampai di pantai indah ini sebenarnya cukup mudah. Namun pada beberapa titik akses jalan menuju ke pantai ini cukup rusak. Pantai ini memang masih pada tahap pengelolaan pemerintah dan penduduk sekitar. Jadi tidak heran ada beberapa kekurangan fasilitas saat anda mengunjungi pantai ini salah satunya adalah jalan yang rusak. Jika mellewati jalan yang rusak disarankan anda tidak menggunakan kecepatan yang tinggi karena dapat membahayakan diri anda sendiri dan warga sekitar.

Pesona yang Dimiliki Pantai Klayar

Pantai ini memang masih terbilang pantai yang baru mencuat di kalangan masyarakat. Karena belum terkenal seperti obyek wisata yang lainnya, tentunya ekosistem dan keadaan alam yang dimiliki pantai klayar sangatlah asri. Jika anda berkunjung kesana, anda akan menikmati hamparan pasir putih, gulungan ombak yang sedang, serta air laut yang sangat jernih.

pesona keindahan pantai klayar
Pesona Keindahan Pantai Klayar

Tidak hanya jernih, air laut pada pantai indah ini berwarna biru muda atau kadang berwarna hijau toska. Anda dan keluarga bisa bermain air bibir pantai, atau bermain di pasir putih yang luas. Namun bagi anda dan para pengunjung yang mengunjungi salah satu pantai di Pacitan ini disarankan tidak berenang di pantai ini. Hal ini dikarenakan ombak di pantai ini terbilang cukup besar, dan pantai ini juga termasuk pantai yang dasar lautnya tidak rata.

panorama pantai klayar yang mengagumkan
Panorama Pantai Klayar yang Mengagumkan

Namun anda tidak perlu kecewa, karena anda juga bisa menikmati cipratan ombak yang menggulung di beberapa karang yang membuat baju anda basah. Anda bisa berfoto foto di pantai ini. Pantai indah ini juga dikelilingi oleh tebing yang tinggi. Anda juga bisa mendaki tebing tersebut dan menikmati keindahan pantai klayar dari atas. Jika anda datang di waktu yang tepat, anda juga dapat melihat keindahan matahari terbenam di bibir pantai atau diatas tebing setinggi 50 meter.

pemandangan pantai klayar yang memanjakan mata
Pemandangan Pantai Klayar yang Memanjakan Mata

Rute untuk Menuju Pantai Klayar

Untuk bisa sampai di pantai klayar, anda dan para pengunjung bisa melewati beberapa rute perjalanan seperti:

Rute dari arah Yogyakarta

Untuk anda yang mengambil rute perjalanan dari arah Yogyakarta, anda bisa melewati kota Wonosari atau Gunungkidul. Setelah sampai di salah satu kota tersebut, anda berjalan mengarah ke timur menuju ke arah pathuk. Kemudian anda melanjutkan perjalanan ke arah kota Pracimantoro, lalu Giribelah. Kemudian anda harus melewati daerah Punung, setelah itu anda akan melihat papan petunjuk arah.

Rute dari arah pusat kota Pacitan

Bagi anda yang yang datang dari kota Pacitaan, anda harus mengikuti rute jalur bis kota Pacitan – Solo. Setelah anda menempuh kira kira 10 ilometer, anda akan menemukan pertigaan Dadapan dan belok kiri. Setelah berjalan lurus selama beberapa kilometer anda akan melewati Desa Candi lalu bertemu pertigaan setelah itu belok kanang. Ikuti arah jalan aspal yang ada sampai anda bertemu pertigaan. Dari pertigaan anda lurus terus sampai ada papan petunjuk arah.

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Untuk bisa menikmati keindahan pantai klayar, anda harus membayar tiket masuk sebesar 5000 rupiah pada hari Senin sampai Jumat, kemudian jika hari libur dan Sabtu Minggu anda harus membayar tiket masuk sebesar 10.000 rupiah saja. Dengan harga tiket yang sangat terjangkau, anda bisa menikmati keindahan pantai di pacitan ini yang luar biasa dengan sepuasnya. Jika anda membawa kendaraan pribadi anda juga akan dikenakan biaya parkir mobil sebesar 5000 rupiah saja. Sedangkan biaya parkir untuk sepeda motor hanya sebesar 2000 rupiah saja. Sangat murah bukan? Meskipun murah, keamanan kendaraan pribadi anda akan terjamin.

Fasilitas yang Ada di Pantai Klayar

Selain bisa menikmati pemandangan yang indah anda juga bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada di pantai eksotis ini. Fasilitas di pantai ini sudah cukup lengkap, seperti area parkir yang luas, toilet umum, ruang bilas, mushola dan masih banyak lainnya. Untuk anda yang lapar atau haus tidak perlu khawatir karena di pantai ini juga sudah menyediakan beberapa warung makan dengan harga yang murah. Warung makan tersebut menyediakan beragam jenis kudapan khas Jawa Timur seperti tahu petis, rawon dan masih banyak lagi. Meskipun fasilitasnya tidak selengkap obyek wisata lainnya karena memang pantai ini masih terbilang baru. Namun keterbatasan fasilitas di pantai ini tidak membuat para pengunjung kapok, malahan setiap bulannya pengunjung yang datang semakin meningkat.

Penginapan yang Ada di Pantai Klayar

Bagi anda yang ingin menikmati keindahan pantai di kota pacitan ini dengan puas, anda tidak perlu khawatir karena disekitar pantai indah ini sudah terdapat beberapa penginapan dan homestay. Anda bisa memilih beberapa penginapan yang ada seperti homestay pak Gimun, Homestay Vidia, Homestay pak Teguh, Homestay Rizki, Homestay Wijaya, Homestay Amanah, dan masih banyak yang lainnya. Anda cukup menyediakan budget sebesar 100 sampai 200 ribu saja untuk menyewa satu kamar permalamnya.

Jam Operasional Pantai Klayar

Pantai indah ini buka setiap hari pada pukul 06.00 sampai 18.00 WIB. Karena buka setiap hari, jadi anda bebas mengunjungi pantai indah ini pada hari apapun. Untuk anda yang datang ke pantai ini disarankan untuk datang pada musim kemarau. Jika anda datang pada musm penghujan maka anda tidak bisa menikmati keindahan pantai ini secara utuh karena terhalang leh hujan.

Pergi berwisata ke pantai klayar sangat cocok dilakukan untuk mengisi waktu luang anda. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah yang dapat merefresh semua beban pikiran pekerjaan yang anda tanggung. Jadi tunggu apalagi segeralah datang ke salah satu destinasi wisata ini.

Baca Juga: Pantai Buyutan Pacitan

Gambar Gravatar
Hobi traveling, jogging, blogging, dan fotografi.