Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Santolo Garut

Posted on
pantai santolo
Pantai Santolo Garut

Garut merupakan salah satu kota atau kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat. Kota Garut memiliki ikon tersendiri yaitu aneka kekayaan alam dan makanan khas. Kota yang sering disebut kota dodol ini memiliki banyak objek wisata alam maupun buatan. Salah satu objek wisata alamnya adalah pantai santolo. Pantai ini memiliki pemandangan pantai yang sangat indah yang dapat membuat siapa saja betah berlama lama berada disana.

Wisata alam yang dimiliki kota ini dapat menarik perhatian orang orang di Indonesia maupun manca negara untuk datang ke Garut. Kota Garut yang memiliki hawa sejuk dan masih asri membuat banyak wisatawan lokal maupun manca negara tertarik untuk datang ke kota ini.

Lokasi dan Akses Pantai Santolo

Pantai indah ini terletak di Desa Pameungpuek, Kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat. Untuk bisa sampai di pantai santolo, anda membutuhkan waktu 3,5 jam dari pusat kota Garut yang memakan jarak 90 kilometer. Pada saat perjalanan menuju pantai indah ini, mata anda akan dimanjakan pemandangan alam yang indah dan asri. Anda akan melihat banyak hamparan sawah yang luas dan hijau. Tidak hanya itu, anda juga akan melewati desa desa kecil yang terawat dan memiliki hawa yang sejuk. Tak jarang, bila anda datang pada waktu yang tepat, anda juga akan merasakan kabut dan embuh yang menyelimuti jalan.

Akses untuk bisa sampai di salah satu pantai kota Garut ini cukup mudah dilalui. Anda akan melewati jalanan yang halus namun sedikit bergelombang. Jalan tersebut tidak terlalu lebar malahan cenderung sempit, jadi bagi anda yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil harus sangat berhati hati. Selain sempit, jalanan untuk sampai ke pantai ini juga berliku liku membentuk huruf U. Jadi anda harus sangat berhati hati dalam melewati jalan tersebut.

Keindahan yang Dimiliki Pantai Santolo

Meskipun membutuhkan perjuangan untuk sampai di pantai eksotis ini, namun perjuangan anda akan terbayar jika sudah sampai di pantai ini. Pasalnya pantai santolo memiliki pemandangan alam berupa pantai yang sangat indah dan menakjubkan. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas, serta air laut yang jernih yang dapat membuat para pengunjung betah berlama lama berada disana.

pesona keindahan pantai santolo
Pesona Keindahan Pantai Santolo

Tidak hanya itu salah satu pantai di Garut ini juga memiliki ombak yang sedang jadi sangat aman bila para pengunjung ingin berenang. Namun perlu diingat, bagi anda yang ingin berenang diusahakan mengindahkan semua peraturan yang ada seperti tidak terlalu jauh pergi ke tengah lautan. Pantai sentolo juga memiliki deretan terumbu karang yang indah.

panorama pantai santolo yang mengagumkan
Panorama Pantai Santolo yang Mengagumkan

Bagi anda yang ingin menyelam atau snorkling anda bisa menyewa kacamata dan sepatu selam. Untuk anda yang hobi memancing juga jangan khawatir, karena pantai ini juga memiliki area pemancingan. Anda hanya perlu menuju TPI pantai sentolo yang jaraknya kurang lebih 800 meter dari area parkir. Anda bisa membawa alat pancing sendiri atau menyewa disana. Bagi anda yang ingi membeli ikan atau makanan laut yang lainya, anda juga bisa langsung datang ke TPI pantai santolo saja. Sangat menarik bukan liburan ke pantai sentolo?

menikmati asyiknya sensasi outbond di pantai santolo
Menikmati Asyiknya Sensasi Outbond di Pantai Santolo

Rute Menuju Pantai Santolo

Untuk bisa sampai di pantai santolo anda bisa melewati beberapa rute jalur, seperti:

Rute 1

Rute pertama yang bisa anda lewati adalah dari jalur Ciwidey. Jika anda sudah melewati jalur Ciwidey, anda harus menuju daerah Cisewu. Setelah sampai di daerah Cisewu, anda harus mengikuti petunjuk arah untuk sampai di Bungbulang dan akhirnya sampai de Pameungpeuk. Jalur ini terbilang cukup jauh dan memakan waktu yang lama.

Rute 2

Rute yang kedua adalah melewati kota Garut lalu menuju ke daerah Cikajang. Setelah sampai di daerah Cikajang, anda harus mengikuti petunjuk arah untuk ke daerah Cikelet lalu Paeungpeuk. Bagi anda yang ingin menaiki kendaraan umum, rute jalur ini bisa anda gunakan. Rute ini dinilai paling ramai dilalui pengunjung yang ingin ke pantai sentolo.

Rute 3

Rute yang ketiga sangat cocok untuk anda yang datang dari Bandung. Anda bisa melewati jalur Ranca Bali kemudian Nnaringgul, Cidaun, Rancabuaya, Santolo. Jalur ini cukup ramai dilewai dan memiliki jalan raya yang halus.

Harga Tiket Masuk Pantai Santolo

Untuk bisa menikmati keindahan dan pemandangan, anda harus membayar tiket masuk sebear 5000 rupiah saja per orangnya. Cukup murah bukan? Harga yang murah meriah ini tentunya bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat baik kelas atas maupun bawah. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi juga akan dikenakan biaya parkir. Untuk kendaraan sepeda motor dikenakan biaya parkir 2000 rupiah saja. Sedangkan untuk mobil dikenakan 5000 rupiah.

Fasilitas yang Ada di Pantai Santolo

Selain bisa menikmati pemandangan yang indah di pantai santolo anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas. Fasilitas penunjang yang ada di pantai ini sudah lumayan lengkap. Anda bisa menemukan dan menikmati beberapa fasilitas umum seperti area parkir yang luas, toilet umum, mushola, ruang bilas dan masih banyak yang lainnya. Di pantai ini juga sudah tersedia banyak warung makan, jadi anda tidak perlu khawatir lagi jika merasa lapar atau haus. Bagi anda yang ingin berenang dan snorkling, anda bisa menyewa pelampung, kacamata renang, dan sepatu renang. Cukup dengan mengeluarkan budget 10.000 saja anda sudah bisa menyewa peralatan renang tersebut dan berenang dengan aman. Di sekitar pantai ini juga terdapat toko cinderamata khas Garut.

Jam Operasional Pantai Sontolo

Pantai indah ini buka pada pukul 08.00 sampai dengan 18.00 waktu indonesia barat. Tidak hanya itu, pantai ini juga buka setiap hari bukan di hari libur saja, jadi anda bisa mengunjungi pantai ini setiap saat. Jika anda datang pada waktu yang tepat, anda juga dapat melihat pemandangan matahari terbenam atau sunset yang sangat indah.

Penginapan dan Restaurant yang Ada di Pantai Sontolo

Untuk anda yang ingin menikmati pemandangan pantai yang ada di Garut ini dengan puas, anda bisa menyewa penginapan yang ada di dekat pantai ini. Ada banyak penginapan yang terdapat di pantai ini, mulai dari hotel, villa, bungalow dan homestay. Jika anda berminat menginap di penginapan dekat pantai sontolo, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 150 sampai 450 ribu saja.

Sangat terjangkau bukan? Dengan harga yang sangat terjangkau ini anda bisa menikmati fasilitas penginapan yang cukup lengkap. Seperti kipas angin, AC, toilet, tempat tidur, dan masih banyak lagi. Tak jarang anda juga akan diberikan breakfast atau makan siang. Di area pantai sontolo juga terdapat banyak restaurant seefood. Restaurant ini menyediakan berbagai makanan olahan seefood yang pastinya sangat lezat dan menggugah selera.

Pantai sontolo sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu libur anda bersama keluarga. Selain memiliki pemandangan yang indah, pantai sontolo juga sangat mudah dijangkau.

Gravatar Image
Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.