Lokasi, Rute, Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Curug Gomblang Banyumas

Diposting pada
curug gomblang
Curug Gomblang Banyumas

Sudahkan anda merencanakan destinasi berlibur? Jika belum anda bisa datang saja ke Banyumas. Banyumas sendiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa tengah tepatnya terletak di bawah gunung Slamen. Kota ini pun bisa terbilang memiliki wisata yang cukup lengkap, terlebih lagi daya pikat wisata alam yang dimiliki oleh kabupaten tersebut.

Di Banyumas sendiri terdapat banyak wisata alam yang menawarkan keindahan yang tidak terelakkan lagi. Tak hanya gunung slamet sebagai ikonnya, Banyumas pun masih menawarkan keindahan lainnya jika anda menelusuri kabupaten tersebut lebih dalam. Salah satu wisata yang saat ini sedang mencari incaran banyak orang adalah sebuah curug atau air terjun bernama Gomblang.

Lokasi Curug Gomblang

Curug gomblang sendiri merupakan sebuah air terjun yang letaknya di lereng gunung Slamet dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi. Air terjun alami tersebut berlokasi di desa Baseh tepatnya di kecamatan Kedungbanteng berada di Kabupaten Banyumas sendiri. Dari pusat kota Purwokerto, curug Gomblang ini bisa ditempuh sekitar 42 menit.

Selama di perjalanan, anda juga akan melihat pemandangan yang tak kalah indahnya seperti hutan yang cukup lebat dengan udara yang sejuk. Tentunya suasana tersebut tidak akan anda temui di kota. Anda juga akan menemukan beberapa spot berfoto yang cukup terkenal bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke lokasi curug Gomblang.

Waktu yang tepat untuk datang ke tempat wisata ini adalah saat musim kemarau karena air curug tidak akan keruh dan untuk menjaga kebersihan lokasi wisata itu, anda diharuskan untuk tidak membuang sampah sembarang atau menyimpannya terlebih dahulu sampai anda menemukan tempat sampah.

Fasilitas di Curug Gomblang

Setelah sampai ke curug Gomblang, anda bisa beristirahat sejenak. Belum ada fasilitas yang cukup memadai di curug Gomblang dan hanya fasilitas seadanya. Untuk saat ini curug Gomblang pun masih dalam tahap pengembangan untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan.

spot foto cakep di curug gomblang
Spot Foto Cakep di Curug Gomblang

Rute Menuju ke Curug Gomblang

Bila anda datang dari pusat kota Purwokerto, anda dapat memilih jalan menuju jalan karang Lewas. Saat mendapati tugu perempatan Pasar Karang Lewas, anda bisa memilih jalan ke arah Kedungbanteng yang akan mengantarkanmu sampai ke desa Baseh. Jika anda belum cukup paham dengan lokasi curug Gomblang, anda bisa bertanya ke warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Curug Gomblang

Sebelum menikmati gemericik air terjunnya, anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5000 per orang. Anda pun dibebaskan akan menghabiskan berapa jam di Curug Gomblang. Sebaiknya jika anda tidak berenang tepat dibawah air terjun karena arusnya yang cukup deras, anda bisa berenang disekitar aliran sungai saja. Hal ini pun agar menjaga keamanan dan kenyamanan.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen bersama keluarga ataupun sahabat selama di curug Gomblang dan bagikan hasil foto anda ke sosial media pula.

Baca Juga: Curug Bayan Baturaden Purwokerto

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.