8 Cara Murah dan Paling Asyik Liburan ke Jogja ala Backpacker

Diposting pada
backpacker muslimah
Liburan Murah ke Jogja Ala Backpacker

Siapa yang tidak kenal dengan kota Jogja? Banyaknya musisi dan seniman yang lahir dari Jogja membuat kota ini lekat dengan budaya dan beragam pesona. Jogja selalu menjadi tempat berlabuh banyak kawula muda. Ditambah dengan terkenalnya Jogja sebagai kota Pelajar memang membuat masyarakat Jogja ramah kepada semua pendatang.

Jogja sering dijadikan tempat berlibur singkat baik untuk keluarga maupun anak muda. Terlebih Jogja juga terkenal dengan fasilitas yang lengkap dengan biaya yang murah. Apalagi, sekarang makin banyak tempat wisata di Jogja terbaru yang hits untuk dikunjungi. Nah untuk kamu yang ingin pergi ke Jogja dengan low budget simak saja cara murah dan paling asyik liburan ke Jogja ala backpacker, ini.

1. Pulang Pergi Naik Kereta Api Ekonomi

Nah untuk Anda yang masih tinggal di Pulau Jawa, maka Anda bisa bepergian ke Jogja dengan naik kereta api. Tiket kereta api kelas ekonomi bisa didapatkan dari stasiun terdekat dari kota Anda. Anda bisa memilih waktu keberangkatan sesuai jadwal.

Karena memilih kereta api kelas ekonomi maka Anda juga tidak perlu membayar biaya mahal. Jadi sisa anggaran liburan bisa Anda gunakan untuk keperluan yang lain. Dan jangan khawatir, karena sekarang kereta api kelas ekonomi juga sangat nyaman.

2. Jalan Kaki atau Naik Trans Jogja

Nah saat sudah sampai di Jogja Anda bisa bepergian dengan naik Trans Jogja atau jalan kaki saja. Di semua bagian kota Jogja sudah disediakan halte Trans Jogja yang siap mengantarkan Anda ke tujuan. Tentu saja setiap tujuan juga sudah dirancang dengan strategis sehingga Anda tidak perlu khawatir. Biaya untuk naik trans Jogja juga sangat murah dan terjangkau.
Lalu untuk jarak yang tidak terlalu jauh Anda bisa berjalan kaki saja. Nah ini adalah salah satu kenikmatan berjalan kaki di Jogja. Anda bisa berjalan kaki dengan santai kemana saja seperti turis mancanegara. Yah, jika dihitung-hitung juga bisa lebih sehat loh.

3. Mau Pergi Santai Sewa Motor Saja

Jika Anda ingin bepergian ke tempat wisata yang terlalu jauh,maka Anda juga bisa pergi dengan sepeda motor. Anda bisa datang ke tempat persewaan sepeda motor dan membayar biaya sewa. Biasanya tempat persewaan hanya membutuhkan KTP Anda sebagai jaminan.
Dengan sepeda motor, maka Anda bisa pergi kemana saja dan kapan saja. Anda tidak perlu takut kehabisan bis atau kemalaman. Dan untungnya lagi Anda juga bisa lebih santai.

4. Pilih Homestay atau Guesthouse

Jogja memang memiliki desain kota wisata yang sangat menarik. Untuk menginap Anda bisa memilih hotel bintang lima sampai bintang tiga. Tapi jika ingin mencoba liburan ala backpacker maka kami sarankan untuk memilih homestay atau guesthouse.

Anda bisa memilih penginapan dengan biaya kurang dari 200 ribu. Tentu saja setiap penginapan menawarkan fasilitas sesuai harga. Tapi jangan khawatir, karena banyak penginapan murah di sekitar kawasan Maliboro, Keraton atau alun-alun. Atau kalau mau yang lebih murah, cukup hubungi teman yang punya kos di Jogja.Jika tidak keberatan, Anda bisa menumpang sementara.

5. Pergi ke Pantai

Kalau Anda bingung mau pergi kemana setelah sampai Jogja, maka Anda bisa memilih pantai. Sekarang ini sudah banyak dibuka jalur-jalur untuk ke pantai di kawasan Gunung Kidul. Ada deretan pantai yang bisa dijangkau dengan sepeda motor atau menyewa bus. Pantai dikawasan ini masih sangat alami dan tidak terlalu ramai. Seperti pantai Drini, Sadranan, Krakal, Siung, dan masih banyak lagi.

Untuk masuk ke pantai Anda hanya cukup membayar biaya sebesar 10 ribu saja. Dan untuk menikmati fasilitas snorkeling maka Anda bisa menyewa perlengkapan dengan biaya Rp.25.000 untuk sepuasnya.

6. Jalan-jalan di Malioboro

Untuk wisata kota pastikan Anda berjalan-jalan di kawasan Malioboro. Kawasan ini sekarang memiliki area pedestrian yang sangat nyaman untuk berjalan-jalan. Di sepanjang kawasan juga ada warung-warung sederhana yang menjajakan makanan khas dengan harga murah. Daerah ini juga sangat aman karena banyak petugas keamanan yang siap membantu semua wisatawan.

Nah kalau Anda ingin melihat wisata sejarah, maka jangan lupa untuk masuk ke kawasan Keraton Jogjakarta dan Taman Sari. Anda bisa merasakan sendiri bagaimana kebudayaan Jogja terbentuk dari Keraton Jogja.

7. Makan Malam di Angkringan

Rasanya belum lengkap jika ke Jogja tidak menikmati khasnya makanan di angkringan. Angkringan biasanya buka dari sore sampai pagi. Anda bisa memilih beberapa tempat angkringan di sepanjang jalan atau di tempat di sekitar Malioboro. Ada banyak jenis makanan khas seperti nasi kucing, bakmi, berbagai jenis sate tusuk, dan aneka minuman mulai dari kopi joss, susu, susu jahe dan minuman lain.

Soal harga, Anda tidak perlu khawatir. Setiap makanan biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp.2000 saja. Anda bisa duduk di tikar yang sudah disediakan dan menikmati khas nya suara pengamen menyanyikan lagu sesuai permintaan Anda.

8. Jangan Lupa Makan Gudeg

Karena Anda juga sudah sampai Jogja, maka jangan lupa untuk makan gudeg. Ada banyak penjual gudeg yang bisa ditemukan di tempat tempat tertentu. Salah satunya gudeg yang paling legendaris di daerah Selokan Mataram,di jalan Sosrowijayan dan di tempat lain.

Satu porsi gudeg yang sudah lengkap dengan aneka lauk biasanya dijual dengan harga Rp15.000 saja. Nah penasaran kan? Jangan lupa makan gudeg ya…

Jadi itulah cara agar bisa liburan murah ke Jogja ala backpacker.

Baca Juga: Resort Kaliurang Jogja

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.