Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Mata Jitu Sumbawa

Posted on
air terjun mata jitu sumbawa
Air Terjun Mata Jitu Sumbawa

Pernah mendengar Queen Waterfall yang keindahannya terkenal hingga manca Negara? Itulah Air Terjun Mata Jitu. Ketahui lokasi, rute dan harga tiket masuk Air Terjun Mata Jitu Sumbawa. Nusa Tenggara Barat terkenal dengan keelokan alam yang tak tertandingi. Salah satu kabupaten di provinsi ini yang menawarkan wisata alam menawan adalah Kabupaten Sumbawa. Kali ini akan diulas mengenai air terjun yang ada di Pulau Moyo. Air terjun yang keindahannya dikenal hingga ke mancanegara ini disebut dengan nama Air Terjun Mata Jitu.

Air Terjun Mata Jitu bahkan disebut sebagai Queen Waterfall karena keindahannya. Air terjun ini memang sangat berbeda dengan air terjun lainnya. Anda akan menemukan aliran yang berundak-undak serta beberapa kolam alami. Airnya berwarna hijau segar dan sangat bersih. Sebelum merencanakan kunjungan ke sana, ketahui lokasi, rute dan harga tiket masuk Air Terjun Mata Jitu Sumbawa.

Info Lengkap Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Mata Jitu Sumbawa

asyiknya menikmati suguhan alam berupa air terjun mata jitu
Asyiknya Menikmati Suguhan Alam Berupa Air Terjun Mata Jitu
asyiknya berendam di sungai wisata air terjun mata hitu
Asyiknya Berendam di Sungai Wisata Air Terjun Mata Jitu

Mata Jitu bermakna mata air yang jatuh pada kolam yang ada dibawah alirannya. Penyebutan itu dikarenakan adanya 7 kolam serta 4 undakan yang ada di bawah air terjun. Selain keindahan airnya, bebatuan yang ada di area air terjun juga menambah keindahan. Batuan tersebut merupakan paduan dari stalagtit dan stalagmite dengan ukuran dan bentuk yang berbeda.

asyiknya nongkrong rame-rame di wisata air terjun mata jitu
Asyiknya Nongkrong Rame-Rame di Wisata Air Terjun Mata Jitu

Lokasi Air Terjun Mata Jitu Sumbawa

Lokasi lengkap wisata ini adalah Dusun Oiromu, Labuhan Aji, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Air Terjun Mata Jitu terletak di Pulau Moyo, yakni di utara pusat kota Sumbawa. Letak air terjun satu ini memang di dalam hutan, namun tidak jauh dari Teluk Saleh. Lokasi ini sangat dikenal sehingga Anda bisa bertanya kepada siapapun di daerah Sumbawa.

Rute Menuju Air Terjun Mata Jitu Sumbawa

Jika Anda berangkat dari pusat kota Sumbawa Besar, jarak yang perlu Anda tempuh berkisar 21 km. Anda dapat menggunakan perahu yang banyak disewakan oleh nelayan di desa Ai Bari, Kabupaten Sumbawa. Perjalanan dengan perahu dapat ditempuh selama 2 jam perjalanan. Lama perjalanan tak akan terasa karena sepanjang perjalanan Anda disuguhi dengan pesona alam Pulau Moyo.

Setelah sampai di desa, dilanjutkan oleh perjalanan darat. Kendaraan yang tersedia biasanya adalah sepeda motor. Lama perjalanan berkisar 20 menit. Selain menggunakan sepeda motor, Anda juga dapat berjalan kaki selama 1,5 jam. Perjalanan darat takkan terasa melelahkan karena pemandangan di sekitar sangat eksotis. Anda akan merasakan ketenangan sembari berjalan kaki menyusuri hutan Pulau Moyo.

Harga Tiket Air Terjun Mata Jitu Sumbawa

Harga tiket masuk ke Air Terjun Mata Jitu terbilang murah. Anda hanya perlu merogoh kocek senilai. Untuk biaya sewa perahu dibanderol Rp 50.000 – 70.000 per orang. Perahu yang disediakan dapat menampung hingga 20 orang.

Jika Anda bermaksud untuk belibur di Pulau Moyo dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa menggunakan penginapan yang tersedia di sana. Ada berbagai varian penginapan dengan harga yang berbeda-beda. Anda juga bisa menginap di rumah warga yang menyediakan kamarnya untuk ditempati pengunjung Pula Moyo.

Air Terjun Mata Jitu termasuk dalam cagar alam Indonesia. Air terjun dan batuan alami yang ada di sana telah terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu. Sebagai cagar alam, tentunya pihak pengelola berharap pengunjung dapat diajak bekerja sama untuk menjaga kebersihan Air Terjun Mata Jitu.

Kerbersihan di Air Terjun Mata Jitu memang sangat terjaga. Tak heran jika keindahannya tak berubah sejak jaman dahulu. Pengelola wisata melarang pengunjung untuk mandi dan makan di area tersebut untuk menjaga kebersihan. Jika pengunjung ingin bermain air, ada tempat khusus yang disediakan oleh pengelola. Semoga ulasan lokasi, rute dan harga tiket masuk Air Terjun Mata Jitu Sumbawa ini bermanfaat bagi Anda.

Gravatar Image
Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.