air terjun sanginan purwantoro wonogiri
Air Terjun Sanginan Wonogiri

Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Sanginan Purwantoro Wonogiri

Diposting pada

Sebagai kawasan pegunungan, Wonogiri memiliki sederet wisata alam yang tak kalah indah dibandingkan kawasan lainnya di Jawa Tengah, salah satunya adalah air terjun Sanginan Purwantoro Wonogiri. Terletak di perbatasan Wonogiri dan Ponorogo, air terjun Sanginan berada di bawah bukit Cumbri yang menjadi ikon wisata Wonogiri.

Air terjun Sanginan banyak dikunjungi wisatawan terutama berkat bentuknya yang unik. Bentuk aliran air terjun ini sekilas tampak berbentuk pipih karena mengikuti struktur batuan yang sedikit lempeng. Air terjun yang berasal dari sumber mata air ini memiliki ketinggian kurang lebih 10-20 meter dengan suasana sekeliling yang masih alami.

Kawasan di sekitar air terjun Sanginan yang masih berupa hutan sering dijadikan sebagai lokasi kegiatan pramuka maupun hiking. Airnya yang masih alami dan berasal langsung dari pegunungan membuat air terjun ini tak hanya dipakai sebagai tempat wisata, tapi juga sebagai sumber air masyarakat setempat.

asyiknya menikmati liburan di wisata air terjun sanginan purwantoro wonogiri
Asyiknya Menikmati Liburan di Wisata Air Terjun Sanginan Wonogiri

Air terjun Sanginan Purwantoro Wonogiri masih tergolong tempat wisata baru dan belum banyak diketahui orang. Jadi, tak mengherankan jika kawasan di sekitar air terjun masih sangat asli. Suara gemericik aliran air terjun berpadu dengan pemandangan tebing-tebing megah dan udara yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

suasana di wisata air terjun sanginan purwantoro wonogiri yang sejuk dan nyaman
Suasana di Wisata Air Terjun Sanginan Wonogiri yang Sejuk dan Nyaman

Meski berasal dari sumber mata air asli, air terjun Sanginan ini juga termasuk sebagai air terjun musiman. Artinya, debit air terjun Sanginan akan sangat berkurang bahkan mengering di musim kemarau. Sebaliknya, di musim hujan debit airnya cukup deras. Jadi, sebaiknya berkunjunglah di musim hujan jika ingin menikmati keindahan air terjun yang sesungguhnya.

spot foto keren di wisata air terjun sanginan purwantoro wonogiri
Spot Foto Keren di Wisata Air Terjun Sanginan Wonogiri

Karena letaknya yang berada di bawah bukit Cumbri, Anda bisa sekalian mendaki bukit ini bila berlibur ke air terjun Sanginan. Pemandangan dari atas bukit setinggi 638 MDPL ini sangat eksotis karena Anda bisa menyaksikan relief batuan yang unik beserta tebing yang terjal.

Lokasi Air Terjun Sanginan Purwantoro Wonogiri

Air terjun Sanginan Purwantoro Wonogiri terletak di Desa Kepyar, Plosorejo, Purwantoro, Wonogiri, Jawa Tengah. Lokasinya berada tepat di kaki bukit Cumbri dan dekat dengan Watu Lumbung membuat air terjun ini mudah ditemukan terutama di musim penghujan. Jalan menuju bukit Cumbri juga sudah cukup baik sehingga Anda bisa mencapainya tanpa hambatan.

Rute Menuju Air Terjun Sanginan Purwantoro Wonogiri

Anda bisa mengakses air terjun Sanginan ini dari Desa Karangtengah, kemudian ambil arah menuju Kepyar, lalu perempatan Ngandong ke arah timur. Selanjutnya ambil arah ke lereng perbukitan Desa Kali Telu. Sesampainya di area parkir, Anda masih harus berjalan kaki sekitar 300 meter melalui jalan setapak hingga sampai di air terjun Sanginan.

Sepanjang perjalanan melalui jalan setapak Anda akan disuguhi pemandangan persawahan dan ladang masyarakat sekitar yang kental akan suasana kehidupan masyarakat pedesaan. Mengunjungi tempa tini dijamin bikin ketagihan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sanginan Purwantoro Wonogiri

Karena masih berupa tempat wisata baru, untuk masuk ke kawasan air terjun Sanginan belum dikenai tarif masuk alias gratis. Anda hanya perlu merogoh kocek untuk membayar parkir sekitar Rp 2.000 untuk motor.

Ketika mengunjungi air terjun Sanginan, jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang Anda butuhkan seperti baju ganti, alas kaki yang nyaman maupun makanan dan minuman dari rumah. Pastikan kondisi kendaraan Anda sangat prima agar bisa melewati jalur menuju air terjun dengan mulus.

Air terjun Sanginan Purwantoro Wonogiri bisa jadi alternatif wisata di Wonogiri selain bukit Cumbri dan air terjun Girimanik. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan air terjun yang unik atau hanya sekedar menikmati keindahan alam Wonogiri yang bikin rindu.

Baca Juga: Soko Langit Wonogiri