Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Benteng Van Den Bosch Ngawi

benteng van den bosch ngawi
Benteng Van Den Bosch Ngawi

Jawa Timur tak hanya dikenal memiliki sederet obyek wisata alam yang populer akhir-akhir ini tapi juga beberapa destinasi wisata bersejarah, seperti salah satunya Benteng Van Den Bosch Ngawi Jawa Timur. Benteng bersejarah ini banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama dari luar Jawa Timur berkat keunikan dan sejarahnya yang menarik.

Benteng bersejarah ini awalnya merupakan benteng yang dipergunakan sebagai pertahanan tentara Belanda. Dibangun pada tahun 1845 dengan luas mencapai 1 hektar, Benteng Van Den Bosch awalnya disebut sebagai Benteng Pendem oleh masyarakat Ngawi karena benteng ini sebagian terlihat menjorok ke dalam tanah sehingga terkesan terpendam.

Tak hanya desain bentengnya yang unik, posisi benteng ini juga istimewa. Benteng Van Den Bosch ini diapit oleh dua sungai yakni Sungai Bengawan Solo dan Sungai Madiun. Di mana pada masanya, benteng ini juga berperan sebagai penahan banjir dan penahan serangan pasukan Diponegoro.

panorama benteng van den bosch ngawi yang sangat menawan
Panorama Benteng Van Den Bosch yang Menawan
pesona luar biasa benteng van den bosch ngawi
Pesona Luar Biasa Benteng Van Den Bosch

Arsitektur bangunan benteng yang menganut gaya Eropa dan Romawi membuat benteng ini terkesan eksotis dan sedikit angker. Walau begitu benteng ini tetap memancarkan kesan kokoh, berwibawa dan kuno sehingga sering dijadikan lokasi foto prewedding. Hamparan rumput berwarna hijau yang terpotong rapi turut menguatkan kesan unik dari benteng bersejarah ini.

spot foto benteng van den bosch ngawi seperti berada di eropa
Spot Foto Benteng Van Den Bosch Seperti di Eropa
spot foto benteng van den bosch ala bangunan eropa
Spot Foto Benteng Van Den Bosch Ala Bangunan Eropa

Lokasi Benteng Van Den Bosch Ngawi

Kalau Anda berkunjung ke Ngawi, jangan lupa untuk mengunjungi Benteng Van Den Bosch Ngawi Jawa Timur yang terletak di Desa Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Bila ingin cepat sampai, Anda bisa langsung menuju kawasan Komplek Angicipi Batalyon Armed 12 tempat di mana benteng ini berada.

Jarak Benteng Van Den Bosch dari pusat kota atau kantor Pemkab Ngawi pun tak terlalu jauh hanya sekitar 4,1 km saja. Letaknya yang strategis di pertemuan Sungai Bengawan Solo dan Sungai Madiun membuat benteng ini mudah dijangkau oleh kendaraan wisatawan.

Rute Menuju Benteng Van Den Bosch Ngawi

Jika mengendarai kendaraan sendiri ke Benteng Van Den Bosch Ngawi Jawa Timur, maka Anda bisa menemukan benteng ini dengan mengambil rute perjalanan tercepat. Rute tercepat menuju benteng ini dari Kecamatan Ngawi yakni ke arah timur laut dari Jl. Siliwangi menuju Jl. Maospati – Solo/Jl. Raya Solo/Jl. Raya Solo – Ngawi/Jl. Suryo.

Jangan khawatir akan tersesat karena ada rambu-rambu jalan yang akan mengantar Anda ke lokasi benteng. Jalan menuju benteng pun sudah cukup baik sehingga Anda bisa berkendara dengan nyaman.

Harga Tiket Masuk Benteng Van Den Bosch Ngawi

Anda bisa mengunjungi Benteng Van Den Bosch Ngawi Jawa Timur ini setiap hari mulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Demi merasakan kenyamanan maksimal dan bisa menikmati keindahan benteng sepuasnya dan tidak terganggu oleh banyaknya pengunjung, sebaiknya hindari mengunjungi benteng ini di hari libur atau di akhir pekan.

Liburan di benteng bersejarah ini juga tak bikin kantong bolong karena harga tiket masuk Benteng Van Den Bosch sangatlah murah hanya sekitar Rp 5.000 per orang dengan biaya parkir Rp 3.000. Dengan harga tiket yang murah tersebut, Anda sudah bisa foto-foto sepuasnya di dalam benteng bersejarah ini.

Benteng Van Den Bosch Ngawi Jawa Timur bisa menjadi pilihan jika Anda mencari spot foto yang instagramable sekaligus bernilai sejarah. Keindahan dan kemegahan benteng ini sayang dilewatkan terutama jika Anda termasuk orang yang selalu up to date soal tempat-tempat liburan yang lagi hits.

Baca Juga: Srambang Park Ngawi

Hobi traveling, jogging, blogging, dan fotografi.